5 Cara Menggunakan Alat Ukur Ring Gauge

0

Anda kenal ring gauge? Ini merupakan sebuah alat ukur yang sengaja diciptakan untuk melakukan pemetaan atau pengukuran sebuah area atau bidang kecil seperti lubang piston, serta jumlah jarak meter persegi sebuah lahan. Seperti apa cara menggunakan alat ukur ring gauge ini, simak selengkapnya.

5 Cara Menggunakan Alat Ukur Ring Gauge
Ragam-Ukuran-Ring-Gauge

Sebenarnya pemaparan news.ralali.com tentang produk ini masih minim informasi, namun begitu, mengingat ini merupakan konsumsi publik yang perlu menjadi pengetahuan khalayak umum maka Kami memaparkan dengan sederhana.

Meski begitu, Kami tetap memberikan nilai informasi yang cukup sebagai mana cara menggunakan alat ukur ring gauge ini bisa digunakan oleh setiap orang dan bukan hanya diperuntukkan oleh seseorang yang ahli.

Ring Gauge Punya Aplikasi Beragam

Sesuai dengan nama yang diberikan yakni ‘gauge’ yang berarti dalam bahasa Indonesia adalah mengukur, maka aplikasi penggunaan sebuah ring ini beragam. Teknisi sebuah kendaraan atau bengkel bisa memanfaatkan ring gauge ini, kemudian arsitek yang juga bisa mengukur skala pada gambar untuk diaplikasikan dalam bangunan atau sebaliknya.

Masih banyak manfaat lain yang bisa dimanfaatkan oleh Anda teradap ketersediaan sebuah ring gauge. Mislanya untuk pemilik mesin bubut, sebuah ring ini kerap diperlukan, karena diameter presisi pada tongkat besi akan menjadi pas jika memiliki alat ini untuk menjadi ukuran diamter benda tersebut.

Lalu, bagaimana cara menggunakan alat ukur ring gauge ini, nah, inilah yang menjadi pertanyaan, namun begitu beberapa tahapan untuk menggunakan ring gauge ini akan Kami paparkan. Berikut cara menggunakannya;

Sumber : Youtube

Cara Menggunakan Ring Gauge

1. Pilih sesuai dengan diameter ring gauge. Ini penting karena jika Anda ingin mengukur bidang kecil maka sesuaikan dengan ukuran ring gauge yang akan digunakan. Begitupula jika akan mengukur diameter tongkat besi yang akan digunakan, jika sesuai maka Anda bisa menggunakan sesuai dengan diameter lubang ring yang ada.

2. Jika Anda akan mengukur media lubang atau skala, maka Anda memerlukan sebuah tuas yang disebut dengan Luer Ring Gauge. Nah, keduanya sepadan dan memang difungsikan untuk melakukan pengukuran media skala atau lubang agar ukuran yang didapatkan lebih presisi.

5 Cara Menggunakan Alat Ukur Ring Gauge
Macam-macam-Luer-Gauge

3. Perhatikan masing-masing permukaan ring gauge. Di salah satu sisi akan terlihat perbedaan ukuran, nah, perbedaan ukuran tersebut adalah tanda dimana jarak putaran akan dimuali atau berhenti.

4. Ketika akan menggunakan antara tuas dan ring haruslah terpasang dengan baik sehingga putaran terhadap media bisa diukur dan tingkat presisi ukuran yang dihasilkan pas. Perlu diingat bahwa cara menggunakan alat ukur ring gauge ini hanya ditempel antar tuas dan ring, jadi lakukan dengan hati-hati.

5. Setelah Anda selesai maka Anda bisa melakukan pencatatan diameter serta skala atau ukuran yang harus Anda terapkan ditempat lain guna pengaplikasian berikutnya yakni memberikan penjelasan hasil ukur skala. Jika lubang mesin maka jika akan dibubut ukuran milimeter yang telah Anda ukur bisa di berikan kepada operator bubut.

Itulah cara menggunakan alat ukur yang punya keunikan tersendiri. Untuk beberapa teknisi tentu alat ini bunalah hal aneh, namun untuk msayarakat umum tentu perlu pemahaman khusus. Termasuk Kami yang terlebih dulu melakukan riset dan menanyakan jenis alat ini dan fungsi yang digunakan.

5 Cara Menggunakan Alat Ukur Ring Gauge
Luer-Gage

Oya, harga alat ukur berupa ring gauge ini cukup mahal, ukuran kecil saja bisa mencapai kisaran 400 ribuan, misalnya saja merk Ring Gauge Insize 0,5mm, harganya adalah 468 ribu. Beberapa jenis ring gauge lain bisa Anda ketahui harganya di alamat web industrial online store ini http://www.ralali.com/automotive-equipment/ring-gauge.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.