5 Cara Menggunakan Alat Ukur Ring Gauge

0

Apakah Anda pernah mendengar soal ring gauge? Mungkin dalam pikiran terlintas kita, ini adalah alat berbahan besi yang intinya dipakai dalam industri material atau alat yang biasa ada dalam area kalibrasi. Trus apa sih fungsi ring gauge ini dan sepenting apa alat ini sampai kita harus tau cara menggunakannya juga? Langsung aja kita bedah satu-satu! Simak sampai habis yaa!

Sebelum kita masuk, kalian harus tauu nihh! Kalo sekarang ada cara kalibrasiin alat dengan mudah dan terpercaya sertifikatnya. Alat kayak Ring Gauge ini bisa banget dong dikalibrasikan di tempat kita, apalagi udah trusted¬†deh ga mengecewakanūüĎĆ. Langsung aja yaa kunjungin laman Kalibrasi.com buat info selengkapnya dan langsung aja kalibrasiin alat kaliannn!!

Apa Itu Ring Gauge?

Yapp, bisa jadi benar sih kayak asumsi di pikiran kita itu, tapi sebetulnya ring gauge atau disebut pengukur cincin adalah alat yang digunakan untuk mengukur diameter luar suatu objek yang berbentuk silindris, seperti cincin, baut, atau pipa. Alat ini memiliki bentuk seperti cincin yang dapat ditempatkan di sekitar objek yang akan diukur. Pengukur cincin tersebut memiliki skala pengukuran yang tertera pada permukaannya, memungkinkan pengguna untuk membaca dengan tepat seberapa besar diameter luar objek tersebut. 

Dalam dunia industri, ring gauge sangat penting karena memastikan bahwa objek yang dihasilkan memiliki ukuran yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Hal ini berperan dalam menjaga kualitas produk dan mencegah kesalahan dalam produksi. Penggunaan ring gauge juga luas, dan secara garis besar, ring gauge akan ditemukan di berbagai sektor industri, termasuk manufaktur perhiasan, otomotif, konstruksi, dan lainnya. Trus seperti apa sih spesifiknya tentang cara menggunakan ring gauge itu sendiri? Yokk langsung kita simak tulisan ini sampai selesai!

Eitss sebelum kita masuk ke cara menggunakannya, ada nih istilah yang perlu kita tau! Jadi sebetulnya ring gauge, ring kan cincin, trus gauge apa? Langsung aja kita ulas!

Istilah Gauge dari Alat Ring Gauge

Apa arti dari kata Gauge? Gauge atau juga disebut alat ukur adalah alat yang berguna untuk umum, yang secara detail mengacu pada alat yang digunakan untuk mengukur, memantau, atau menilai sesuatu dengan presisi. Kata “gauge” sering digunakan dalam industri dan berbagai disiplin ilmu, termasuk manufaktur, teknik, dan metrologi. Secara harfiah, gauge berarti alat yang membantu kita memahami atau mengukur sesuatu dengan tingkat akurasi tertentu. Misalnya, ring gauge (pengukur cincin) adalah alat yang digunakan untuk mengukur diameter luar objek dengan presisi tinggi.

Sementaranya, alat lain dari istilah ‚Äúgauge‚ÄĚ juga, yaitu snap gauge atau disebut limit gauge adalah alat kalibrasi yang digunakan untuk mengukur dengan cepat dan akurat diameter luar suatu objek, seperti batang logam atau komponen yang berbentuk silindris. Alat ini terdiri dari dua cakram yang ditempatkan pada kedua ujung objek yang akan diukur. Ketika cakram-cakram ini berkontak dengan objek, mereka “snap” ke dalam posisi yang sesuai dengan diameter luar objek tersebut. Pengguna dapat membaca ukuran diameter ini pada skala yang terdapat di alat. Nahh, setelah kita tau istilah gauge, dan salah satu saudaranya si ring gauge, baru nih kita balik lagi ke topik awalnya, sebetulnya fungsi ring gauge ini apa sih? Lanjut deh simak sampai selesai biar ga rugii ketinggalan informasinyaūüėĀ.

Fungsi Ring Gauge

Dalam penggunaan alat seperti ini, tentu saja kita mesti tau mengenai fungsinya sehingga kita dapat menggunakannya secara tepat. Inilah fungsi dari ring gauge yang sudah kami ringkas dan membuat Anda menjadi paham betapa pentingnya alat kalibrasi ini! haha

1. Pengukuran Diameter Luar

Ring gauge digunakan untuk mengukur dengan sangat akurat diameter luar dari objek berbentuk silindris seperti cincin, baut, atau pipa.

2. Kalibrasi Presisi

Alat ini memungkinkan tukang kalibrasi untuk memastikan bahwa objek yang diukur sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, menjaga akurasi ukuran.

3. Mencegah Kesalahan Produksi

Dalam industri, ring gauge membantu dalam mencegah kesalahan produksi dengan memastikan objek memenuhi spesifikasi yang ditentukan.

4. Efisiensi Produksi 

Fungsi ring gauge yang cepat dan akurat mendukung efisiensi dalam proses produksi, memastikan produk berkualitas tinggi.

5. Dalam Berbagai Industri

Ring gauge digunakan dalam berbagai sektor industri, seperti manufaktur perhiasan, otomotif, konstruksi, dan lainnya untuk menjaga kualitas produk.

5 Cara Menggunakan Alat Ukur Ring Gauge
Ragam-Ukuran-Ring-Gauge

Ring Gauge Punya Aplikasi Beragam

Sesuai dengan nama yang diberikan, yaitu ‘gauge’ yang sudah dijelaskan tadi, maka aplikasi penggunaan sebuah ring ini beragam. Beragam dalam artian dapat digunakan dalam banyak kondisi dan oleh siapa pun. Contohnya, teknisi sebuah kendaraan atau bengkel bisa memanfaatkan ring gauge ini, kemudian ada pula arsitek yang juga bisa mengukur skala pada gambar untuk diaplikasikan dalam bangunan atau sebaliknya. Masih banyak manfaat lain yang bisa diaplikasikan saat Anda menggunakan ring gauge ini. Contoh lain yang makin membuat Anda kagum, yaitu alat ini bisa digunakan oleh pemilik mesin bubut. Ring ini kerap diperlukan karena diameter presisi pada tongkat besi akan menjadi pas jika memiliki alat ini untuk menjadi ukuran diameter benda tersebut.

Lalu, bagaimana cara menggunakan ring gauge ini, nahh, inilah yang menjadi poin penting. Percuma kalo kita tau definisi, istilah, fungsi, atau apapun, kalo kita tidak paham cara menggunakannya. Oleh karenanya, ini lah beberapa tahapan untuk menggunakan ring gauge ini akan kami berikan untuk Anda! Berikut cara menggunakannya.

Cara Menggunakan Ring Gauge

1. Persiapkan Objek yang Akan Diukur

Pertama, pastikan objek yang akan diukur bersih dan bebas dari debu atau kotoran. Hal ini penting untuk mendapatkan hasil yang akurat. Jika Anda akan mengukur media lubang atau skala, maka Anda memerlukan sebuah tuas yang disebut dengan Luer Ring Gauge. Nah, keduanya sepadan dan memang difungsikan untuk melakukan pengukuran media skala atau lubang agar ukuran yang didapatkan lebih presisi.

2. Pilih Sesuai dengan Diameter Ring Gauge

Ini penting karena jika Anda ingin mengukur bidang kecil maka sesuaikan dengan ukuran ring gauge yang akan digunakan. Begitu pula jika akan mengukur diameter tongkat besi yang akan digunakan, jika sesuai maka Anda bisa menggunakan sesuai dengan diameter lubang ring yang ada.

5 Cara Menggunakan Alat Ukur Ring Gauge
Macam-macam-Luer-Gauge

3. Buka Ring Gauge dan Perhatikan Masing-Masing Permukaan Ring Gauge 

Buka ring gauge dan pastikan cincin-cincinnya dalam posisi terbuka. Ini memungkinkan Anda untuk memasukkan objek dengan mudah. Perhatikan permukaannya, di salah satu sisi akan terlihat perbedaan ukuran, nah, perbedaan ukuran tersebut adalah tanda dimana jarak putaran akan dimulai atau berhenti.

4. Letakkan Objek di Dalam Cincin

Tempatkan objek yang akan diukur di antara cincin-cincin ring gauge dengan hati-hati. Pastikan objek berada dalam posisi yang benar, dan cincin-cincin menyentuhnya secara merata.

5. Pastikan Tuas dan Ring Terpasang dengan Baik

Hal ini sangat penting untuk kelancaran Anda dalam menuju tahap akhirnya, yaitu putaran terhadap media dapat diukur dan supaya tingkat presisi ukuran yang dihasilkan pas. Perlu diingat bahwa cara menggunakan alat ukur ring gauge ini hanya ditempel antara tuas dan ring, jadi lakukanlah dengan hati-hati.

6. Tutup Cincin-Cincin 

Setelah objek terletak dengan baik, tutup perlahan cincin-cincin ring gauge. Pastikan objek tidak terjepit atau ada tekanan yang tidak perlu.

7. Lakukan Pencatatan Diameter serta skalanya 

Lakukan pencatatan tersebut yang nantinya harus Anda terapkan di tempat lain guna pengaplikasian berikutnya, yaitu memberikan penjelasan hasil ukur skala. Jika lubang mesin maka jika akan dibubut ukuran milimeter yang telah Anda ukur bisa diberikan kepada operator bubut.

8. Kalibrasi dan Verifikasikanlah!

Ini adalah tahap terakhir yang mana jika Anda menggunakan ring gauge untuk kalibrasi atau verifikasi alat lain, pastikan bahwa alat yang diukur sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Itulah cara menggunakan alat ukur yang punya keunikan tersendiri. Untuk beberapa teknisi tentu alat ini bukanlah hal aneh, tetapi untuk masyarakat umum tentu perlu pemahaman khusus. Termasuk Kami yang terlebih dulu melakukan riset dan menanyakan jenis alat ini dan fungsi yang digunakan.

5 Cara Menggunakan Alat Ukur Ring Gauge
Luer-Gage

Kesimpulan

Nahh, demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Anda dari sini akan memahami segala tentang ring gauge, mulai dari apa itu ring gauge, fungsinya, dan cara menggunakan ring gauge tersebut. Oiya, terakhir nihh, untuk harganya, alat ukur seperti ring gauge ini punya harga cukup mahal. Ukuran kecil saja bisa mencapai kisaran 400 ribuan, misalnya saja merk Ring Gauge Insize 0,5mm, harganya adalah 468 ribu. Beberapa jenis ring gauge lain bisa Anda ketahui harganya di website Ralali. Yuk langsung kepoinn dan beli Ring Gauge iniii!!!ūüėĀ

Baca Juga Artikel Kami Lainnya!

Gimana sih cara pelaksanaan kalibrasi Thread Ring Gauge? Cek dulu yok sebelum kalian mulai kalibrasikan Ring Gauge

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.