Seperti Ini Cara Lepas Pasang Ban Forklift

1

Anda kenal forklift? Kendaraan pengangkat barang dengan moncong seperti garpu di depan ini kerap hilir mudik di sebuah pabrik. Tapi apakah Anda tahu bagaimana cara lepas pasang ban forklift?

Tentu tak banyak orang tahu bagaimana melakukan cara ini, sebab, tak banyak pula kendaraan ini digunakan secara umum. Hanya pabrik dan perusahaan yang memerlukan kendaraan angkut jenis ini, alhasil tak banyak orang tahu hal ini apalagi ban forklift.

Seperti Ini Cara Lepas Pasang Ban Forklift
Roda-Forklift

4 Tahapan Cara Lepas Pasang Ban Forklift

Sebenarnya, tak sukar untuk melakukan proses penggantian roda kendaraan forklift tersebut. Sama seperti ban lain. Namun begitu ada beberapa tahapan sebagai standar prosedur yang perlu diketahui dan sebaiknya dilakukan, tahgapan tersebut adalah;

Identifikasi Konstruksi Jenis Ban

Seperti Ini Cara Lepas Pasang Ban Forklift
Jenis-Konstruksi-Ban-LUG-Lurus-Rata

Tahapan pertama dalam melakukan identifikasi roda dengan baik adalah mengetahui jenis ban, pelek serta ukuran tekanan angin yang digunakan. Kita mulai dari pengenalan pelek ban yang sebenarnya memiliki dua tipe yakni Pelek Baja Press dan Pelek Bahan Campuran Besi Tuang.

Untuk Pelek Baja Press terdiri dari RIM yang di las, kemudian disk dibuat dari lembaran baja yang di press. Konstruksi seperti ini mudah untuk diproduksi dalam jumlah yang banyak, dan punya kualitas merata serta tahan lama.

Menurut standarisasi jepang pelek rim dibagi menjadi beberapa kategori yakni Divided Type RIM (DT), Drop Center RIM (DC), Wide Drop Center RIM (WDC), Semi Drop Center RIM (SDC), Flat Base RIM (IR). Nah, untuk ban forklift umumnya jenis pelek yang digunakan adalah DT atau Devided Type RIM.

Sementara untuk pelek dari bahan campuran besi tuang terbuiat dari bahan alumunium atau magnesium, dan umumnya mobil yang menggunakan tipe pelek ini akselerasi menikung lebih ringan dan memiliki tampilan modis.

Nah, untuk jenis Ban, juga terdapat beberapa kategori yang perlu Anda ketahui, secara umum terdapat 3 jenis yakni Ban Biasa, Tubles dan Radial. Nah, jenis yang kerap digunakan oleh kendaraan forklift adalah radial dengan LUG lurus atau tapak ban yang rata.

Memahami Cara Melepas Ban

Seperti Ini Cara Lepas Pasang Ban Forklift
Melepas-Ban-Forklift

Cara lepas pasang ban forklift tentu sama dengan teknik melepas ban di kendaraan roda empat lain, namun begitu, perhatikan benar-benar posisi forklift.

Gunakan dongrak lengkapo dengan tongkat penahan, dan perhatikan keseimbangan forklift serta penopang benar-benar terpasang kuat dan pas. Setelah itu, buka baut mur yang mengikat, kendurkan hingga ban forklift mudah dilepas.

Memeriksa Ban Forklift

Seperti Ini Cara Lepas Pasang Ban Forklift
Memeriksa-Roda-Forklift

Setelah terlepas maka periksa apakah bocor, memang harus diganti atau kerusakan lain yang mengakibatkan kerusakan. Jika tedapat kerusakan yang tidak bisa diperbaiki sebaiknya lakukan penggantian ban.

namun sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa tahapan memeriksa ban yang telah dilepas adalah cek ban dalam dan luar, beberapa hal yang bisa memperngaruhi kerusakan ban dalam dan luar kerap terjadi untuk itu pastikan beberapa hal berikut ini.

Jika menggunakan ban luar radial maka ban dalam jika menggunakan ban dalam harus radial juga yang setipe. Kemudian gunakan spesifikasi teknis yang seragam, gunakan ukuran pelek standar atau sesuai dengan ukuran ban. Gunakan pelek Hump Rim untuk ban tubless, dan terakhir adalah mengemudi dengan wajar tanpa melakukan manuver akselerasi kencang menikuk, drifting dll.

Oya, pemeriksaan ban luar juga perlu diperhatikan, jika terdapat serat yang telah menonjol maka segera lakukan penggantian, jika masih baik dan hanya bocor maka lakukan perbaikan. Dan jika tidak memungkinkan keduanya maka seperti rujukan news.ralali.com sebelumnya yakni lakukan penggntian baru pada ban tersebut kemudian lakukan cek presisi atau balancing-spooring masing-masing ban.

Cara memasang roda dengan baik

Seperti Ini Cara Lepas Pasang Ban Forklift
Memasang-dan-Mengencangkan-Ban-Forkllift

Untuk pemasangan roda forklift tentu mengulang kembali seperti teknik memasang, hanya saja urutan yang dilakukan terbalik, jika pada awal pelepasan dilakukan dengan menempatkan dongkark dan tongkat pnopang maka untuk memasangnya diawali dengan memasukan ban pada poros, kemdian mengencangkan mur serta dilanjutkan dengan apa yang telah dilakukan saat membuka atau melepas ban tersebut.

Itulah 4 tahapan yang perlu dilakukan, dan ini akan berlaku untuk seluruh proses penggantian ban, bukan hanya kendaraan alat berat berupa forklift. Ban mobil, motor, hingga bus dengan jumlah ban lebih dari 4 juga bisa Anda lakukan. Untuk harga roda kendaraan alat berat tersebut tak jauh berbeda dengan mobil, agak sedikit lebih mahal tergantu tipe dan merk yang akan digunakan. Untuk merk Tiron Forklift Tire Pattern 313 Size 5.00-8 solid dijual sekitar 900 ribuan.

Meski begitu, cermati jenis kendaraan apa yang bisa Anda lakukan lepas pasang terutama pada komponen ban. Termasuk alat-alat yang digunakan, apakah memadai atau tidak, jika tidak maka Anda patut mendelegasikan pada yang lebih ahli atau yang memiliki perlengkapan lebih lengkap ketimbang Anda. Demikian cara lepas pasang ban forklift yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. Tamara berkata

    Ini nih info yang bermanfaat, segera kushare caranya ke teknisku.
    Makasih banyak..

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.