Memulai Bisnis Bersama Ralali.com

Seperti ini Cara Menggunakan PH Meter yang Benar

0

Seperti ini Cara Menggunakan PH Meter yang Benar

Seperti ini Cara Menggunakan PH Meter yang Benar – Kadar keasaman cairan bisa diukur menggunakan PH Meter. PH  Meter pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan pada tahun 1906. Penemuan tersebut dimulai dari percobaan yang ternyata membuahkan hasil, seiring berkembangnya jaman dan ilmu pengetahuan serta teknologi, PH Meter berkembang menjadi alat yang lebih praktis serta mudah dipakai. Saat ini bayak PH Meter yang dijual dengan harga mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Tidak hanya digunakan untuk mengukur keasaman air saja, PH Meter juga ada yang digunakan untuk mengukur PH Tanah serta PH batu. Umumnya alat jenis ini dipakai pada sebuah penelitian pada suatu laboratorium.

Baca: Apa Fungsi PH Meter Air dan PH Meter Tanah ?

Untuk mengetahui keasaman maupun basa, ditunjukkan dengan nilai kadar yang ada pada layar, apabila nilai yang ditunjukkan di bawah tujuh, maka sifat cairan tersebut asam. Apabila nilai yang ditunjukkan di atas tujuh, maka cairan bersifat basa. Sebelum memakai alat PH Meter, terlebih dahulu mesti melakukan kalibrasi. Kalibrasi merupakan cara untuk menentukan kebenaran dari alat ukur dengan bahan yang hendak diukur dengan cara membandingkan standar ukuran nasional dengan ukuran internasional. Cara ini bertujuan untuk memperoleh hasil ukur yang tepat serta sesuai dengan standar nasional maupun standar internasional.

Di setiap tempat penjual alat PH Meter, biasanya kita akan di  beri tahu mengenai cara penggunaannya. Adapun cara menggunakan PH Meter dengan benar, yaitu:

  • Langkah pertama sediakan cairan yang hendak diukur keasamannya. Sediakan secukupnya, jangan terlalu sedikit dan jangan pula terlalu banyak.
  • Sebelum dilakukan pengukuran, perhatikan terlebih dahulu kadar suhu larutan yang hendak diukur dengan suhu yang telah di kalibrasi sebelumnya. Yakinkan keduanya mesti sama, contohnya apabila suhu larutan yang telah di kalibrasi sebesar 20 derajat celsius, maka suhu cairan yang hendak diukur pun mesti sama.
  • Selanjutnya buku penutup elektrode alat PH Meter menggunakan air khusus, selanjutnya bersihkanlah ampai kering menggunakan tisu.
  • Nyalakan PH Meter, kemudian celupkan elektrode ke dalam cairan yang hendak diukur, selanjutnya putar elektrode larut menjadi homogen.
  • Setelah itu tekan tombol bertuliskan MEAS dan akan muncul kata HOLD di layar. Kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul angka PH yang menunjukkan dadar PH dari cairan tersebut.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.