Ini Dia 6 Peluang Usaha yang Potensial di Medan

0

Sebagai Ibu Kota provinsi Sumatera Utara, Medan menjadi salah satu kota besar di Indonesia. Ramainya kota ini menjadikan Medan memiliki peluang usaha yang bervariasi. Selain prospeknya cerah, usaha di Medan juga sangat menjanjikan dan beberapanya cocok untuk dijalankan oleh pemula.

Intip peluang usaha yang laris manis di Medan. (*dok: Ralali.com)

Kota Medan dikenal sebagai kota pertama yang telah mengintegrasikan jalur perdagangan, bisnis, dan industri lewat Selat Malaka pada era terdahulu. Aspek bisnis telah menjadi andalan kota medan sehingga membuat masyarakat di sana beradu nasib mengenai usaha yang cocok dengan kekhasan masyarakatnya. Itu mengartikan bahwa Medan yang multietnis dan siapa pun bisa bertarung dalam arena bisnis di Medan. 

Jika kita lihat secara bersama, peluang usaha paling dominan di Medan adalah kulinernya. Kuliner di Medan sudah terkenal lezat dan menjadi incaran wisatawan dari berbagai daerah. Contohnya saja, Medan terkenal dengan bakmie mereka yang dijual oleh etnis Tionghoa sehingga kota ini dikenal sebagai Chinese Food terbaik di Indonesia. Ada pula etnis India yang terkenal dengan Mie Rebus dan martabak telor dengan kuah kari. Berdatangan pula orang Aceh yang bersaing dengan membuka martabak mesir yang autentik, hingga keturunan Arab yang terkenal dengan bandrek mereka, seperti Bandrek Sorbat contohnya. Ada pula makanan khas lain, seperti lontong medan, bihun bebek, mie balap dan lainnya dapat menjadi potensi usaha yang menguntungkan.

Oleh karenanya, Medan memang terkenal secara kulinernya dan dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Namun, tetap terdapat ranah bisnis lain yang menarik untuk dicoba! Lalu, benarkah Medan menjadi peluang anda untuk memulai usaha?

Untuk anda yang di luar Medan ataupun berada di sekitar kota Medan, kesempatan ini bagus karena secara bisnis, usaha di Medan luas dan banyak jenisnya. Berikut adalah 6 peluang usaha dari Medan yang telah dirangkum dan bisa dicoba!

6 Peluang Usaha di Medan yang Mempunyai Potensi Keuntungan Besar

1. Bisnis Reseller Kue Khas Medan

Kue khas Medan dapat menjadi peluang usaha menarik apabila anda berada di Medan ataupun di luar Medan. Anda dapat membuka persaingan baru dengan membuka usaha kuliner kue yang menjadi ciri khas di Medan, seperti Bika Ambon dan Bolu Gulung. Dua kue ini adalah autentik khas Medan yang persaingan usahanya masih sangat terbuka dan peluang secara keuntungan juga besar. 

Di lain sisi, anda juga dapat membeli dari Medan langsung, dan membawa ke tempat asal anda. Setelah dibawa, anda dapat menjadi reseller dengan melakukan strategi marketing sosial media, dengan memberitahu kue khas Medan yang anda bawa. Ini dapat menjadi peluang usaha bagus, bila anda dapat memanfaatkan momen dan mengetahui market dari kue Medan ini.

2. Bisnis Kos-Kos an

Usaha yang satu ini mungkin akan membutuhkan modal besar. Namun, banyaknya universitas yang sedang naik-naiknya di Medan, seperti Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi kesempatan anda untuk membuka lahan dan menyewakan lahan tersebut sebagai kos-kos an ataupun kontrakkan. Semakin majunya kota Medan, terutama di pusat kota sebagai kota urban bagi para pekerja menambah market yang dituju selain dari mahasiswa yang merantau. Ini menjadi peluang anda bila ingin berbisnis, secara prospek berjangka panjang.

3. Ekspor Hasil Perkebunan

Medan dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memulai usaha di bidang ekspor hasil perkebunan. Selain kelapa sawit dan kakao, hasil perkebunan lainnya yang dapat diperoleh dengan mudah di Medan adalah tembakau, cengkeh, the hijau, hingga tanaman hidroponik lainnya yang bernilai jutaan bahkan ratusan juta rupiah. Ini dapat menjadi kesempatan anda yang ingin mencoba melakukan bisnis transaksi ekspor, baik di dalam negeri, ataupun di luar negeri. Dari beberapa komoditas tersebut, anda juga dapat terlebih dahulu meriset pasar, seperti contohnya di Australia, apa yang mereka butuhkan, apa yang mahal di sana, sehingga anda dapat mengetahui kebutuhan pasar dari komoditas yang anda targetkan untuk diekspor.

4. Bisnis Ikan Teri Medan

Ikan teri Medan menjadi komoditas yang dapat dimanfaatkan oleh anda untuk menjadi distributor. Ini dapat menjadi peluang usaha yang mendatangkan omset besar bila disasar ke luar daerah. Ikan teri Medan mempunyai tekstur lebih putih, bersih, dan tebal sehingga menjadi nilai autentik tersendiri. Anda dapat membeli ikan teri Medan secara grosiran dan jumlah besar, dan memasok ulang sambil menentukan market. Oleh karenanya, bisnis ikan teri cocok untuk dijalankan oleh anda yang senang dengan bisnis grosiran dengan memasok komoditas autentik seperti ikan teri Medan.

5. Fotokopi dan ATK

Sekali lagi, Medan punya banyak perkantoran dan kampus sehingga dapat menjadi peluang yang bagus. Kampus menjadi paling potensial dan cocok untuk membangun usaha karena sudah pasti setiap mahasiswa butuh tempat fotokopi di keseharian mereka. Terlebih, pemilihan posisi yang strategis dapat anda manfaatkan dengan menjual produk tambahan, seperti ATK. 

6. Rental Mobil dan Motor

Terakhir, ini adalah usaha yang membutuhkan modal besar, tetapi tetap profitable. Semenjak Medan adalah kota metropolitan dengan destinasi wisata yang semakin bertambah, membuka usaha rental mobil dan motor merupakan opsi tepat, dengan menargetkan market kepada wisatawan. Anda dapat membuka rental di beberapa area strategis, seperti pusat kota, yaitu wisata-wisata di sekitarnya. Anda juga bisa membuka rental di dekat area wisatawan akan datang, seperti bandara ataupun stasiun.

Kesimpulan

Nah, itulah 3 peluang usaha yang laris manis di Medan. Sebagai pionir B2B marketplace di Indonesia Ralali.com memberikan solusi bagi para pebisnis dengan ragam fitur unggulan. Dimulai dengan fitur unggulan RFQ atau Request For Quotation untuk pemilik bisnis yang memiliki request atau permintaan khusus terkait TV atau barang tertentu lainnya. Request for Quotation (RFQ) merupakan salah satu layanan yang memudahkan para penjual untuk bertemu dengan pembeli yang tepat. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk mengajukan kebutuhan usaha sesuai budget tertentu. Penjual produk dapat memberikan penawaran harga yang sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Melalui fitur RFQ dari Ralali.com, kami siap membantu Anda memenuhi kebutuhan bisnis dengan seller-seller terpercaya kami. Berbagai barang dan kebutuhan usaha Anda kini siap tersedia kapan saja. Ajukan penawaran Anda sekarang di sini.

Berbagai pertanyaan terkait dapat menghubungi lewat hotline Hello Ralali 1500 465 atau kirim email ke [email protected] untuk info lebih lanjut.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.