5 Teknik Dasar Memasang Alat Pemadam Api Ringan

0

5 Teknik Dasar Memasang Alat Pemadam Api Ringan

5 Teknik Dasar Memasang Alat Pemadam Api Ringan – Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah pertolongan pertama dalam kebakaran, pemasangan atau peletakan alat pemadam api adalah hal utama dalam sistem pemadam kebakaran dalam gedung.

Pemasangan ataupun peletakan alat pemadam api ringan dalam sebuah bangunan mesti di perhatikan, bagi yang belum mengetahui bagaimana teknik dasar memasang alat pemadaman api ringan, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips mengenai dasar teknik dalam pemasangan alat pemadam api ringan, berikut ini adalah tipsnya.

Mudah Di Lihat
Setiap APAR mesti diletakkan pada posisi yang sangat mudah dilihat dan mudah untuk dicapai setiap orang ketika terjadinya kebakaran.
Banyak sekali cara untuk membuat alat pemadam api ini mudah untuk dilihat, antara lain memasang stiker pemberitahuan terhadap alat pemadam api ringan ataupun memberi signage lokasi alat pemadam api ringan.

Baca: Kapankah Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan Yang Tepat ?

Sesuai Potensi Kebakaran
Seluruh pemasangan alat pemadam api ringan mesti disesuaikan dengan tipe serta penggolongan alat pemadam kebakaran. Jika gedung anda merupakan laboratorium kimia tentunya anda memerlukan alat pemadam api khusus yang bisa memadamkan kebakaran yang disebabkan bahan kimia. Begitu pula dengan area tempat yang lainnya, anda mesti memahami alat pemadam api yang sesuai dengan potensi yang bisa terjadi di bangunan anda.

Cara Penempatan Alat Pemadam Api Ringan atau APAR
Setiap APAR mesti diletakkan secara menggantung di dinding dan dilengkapi dengan konstruksi penguat yang lainnya ataupun bisa diletakkan dalam sebuah lemari peti atau Box yang tidak dikunci.

Ketinggian Pemasangan Alat Pemadam Api Ringan atau APAR
Dalam memasang alat pemadam api ringan, jarak dalam penggantungan alat pemadam api pada dinding yaitu 1,2 meter di atas permukaan lantai serta paling rendah yaitu 15 cm di atas permukaan lantai. Hal ini bertujuan supaya semua orang bisa menjangkau lebih mudah apabila suatu saat terjadi kebakaran.

Suhu Pemasangan Alat Pemadam Api Ringan / APAR
Tabung alat pemadam api ringan direkomendasikan untuk tidak dipasang dalam ruangan yang mempunyai suhu lebih dari 49°C atau dalam kondisi turun hingga minus 44°C kecuali jika tabung alat pemadam api tersebut dibuat khusus untuk suhu di luar batas tersebut.

Itulah 5 hal dasar dalam memasang alat pemadam api ringan (APAR) secara benar. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam merencanakan pemasangan alat pemadam api di bangunan anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.