7 Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan

0

Cara Merawat Tabung Alat Pemadam Api Ringan - Memiliki alat pemadam api adalah suatu langkah yang baik dalam mencegah terjadinya kebakaran, dan mengetahui perawatan

7 Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan – Memiliki alat pemadam api adalah suatu langkah yang baik dalam mencegah terjadinya kebakaran, dan mengetahui perawatan serta merawatnya dengan benar merupakan langkah yang lebih baik lagi.

Anda mesti memastikan bahwa tabung alat tersebut bisa dipergunakan sebagaimana dengan fungsinya. Jangan sampai ketika dalam keadaan terjadi kebakaran, tabung alat pemadam api ringan (APAR) yang anda pakai ternyata tidak bisa berfungsi, handelnya macet, isinya tidak keluar, ataupun tabung telah kehabisan tekanan yang disebabkan gas pendorongnya bocor.

Baca: Kapankah Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan Yang Tepat?

Dalam upaya mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan seperti tadi, maka sebaiknya lakukanlah perawatan terhadap alat pemadam api secara rutin. Maka dari itu, bacalah artikel ini lebih lanjut yang akan membahas mengenai cara merawat alat pemadam api ringan dengan benar.

7 Cara Merawat Tabung Alat Pemadam Api Ringan

Langkah pertama yang mesti dilakukan yaitu dengan membersihkan bodi tabung terhadap debu ataupun karat, caranya yaitu dengan cara menggosok tabung tersebut menggunakan lap basah, kemudian apabila terdapat karat dapat memakai pembersih karat.

Untuk tabung alat pemadam api tipe type cartridge jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan terhadap leher tabung dengan cara membuka threaded tabung tersebut serta periksalah apakah segel masih dalam kondisi utuh atau sudah rusak. Kemudian pasang kembali threaded tabung ke posisi semula.

Lakukanlah pemeriksaan terhadap gas pendorong dalam tabung, pastikan masih dalam kondisi bertekanan dengan cara mengecek posisi jarum yang ada di pressure gauge ada di posisi 15 sampai 20 bar.

Usahakanlah supaya tabung alat pemadam api ringan (APAR) terhindar dari paparan sinar matahari langsung serta hindari dari hujan. Lebih baik beri pelindung ataupun penutup terhadap tabung yang bertujuan untuk menjaga kualitas tabung supaya tetap tahan lama.

Khusus untuk alat pemadam api jenis portabel apabila posisi tabung digantung memakai Bracket ataupun pengait, maka pastikanlah bracket dalam kondisi kuat serta melekat sempurna pada dinding.

Baca: 5 Teknik Dasar Memasang Alat Pemadam Api Ringan

Khusus alat pemadam api portable jika posisi tabung digantung menggunakan Bracket, atau pengait pastikan Bracket dalam keadaan kuat dan melekat sempurna dengan dinding.
Apabila alat pemadam yang anda miliki yaitu tabung jenis Wheeled Trolley ataupun tabung pemadam beroda maka lakukan pelumasan secara rutin terhadap roda tabung.

Pastikanlah jari-jari, veleg serta posisi roda dalam kondisi baik untuk menghindari terjadinya kemacetan pada roda, velg serta jari-jari patah.

Itulah beberapa cara merawat alat pemadam api ringan (APAR) dengan benar, sama halnya dengan benda yang lainnya, tabung alat pemadam api pun mesti diberi perawatan secara berkala dengan baik serta benar. Lakukanlah perawatan secara berkala setidaknya 1 bulan satu kali.

Untuk melihat berbagai Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual APAR dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.