Berita Terbaru
Home » Peluang Usaha » 5 Usaha Sampingan untuk Anak Kuliahan yang Tidak Boleh diremehkan

5 Usaha Sampingan untuk Anak Kuliahan yang Tidak Boleh diremehkan

Meremehkan memang bukan hal yang baik. Apalagi meremehkan kemampuan seseorang yang belum tentu kita saja bisa melakukannya. Contohnya dalam hal berbisnis. Tidak jarang dalam hal ini, orang dewasa menganggap mahasiswa atau mahasiswa belum saatnya masuk ke dunia bisnis. Padahal, belajar berbisnis sejak dini merupakan kegiatan yang sangat disarankan agar jiwa wirausahanya bisa terbentuk sebelum anak tersebut masuk ke dunia kerja setelah lulus sekolah atau kuliah nanti. Mereka bisa menjadi pencipta lapangan kerja bukan mencari pekerjaan.

Usaha Sampingan yang Cocok untuk Anak Kuliahan

Jenis bisnis atau usaha yang cocok untuk mahasiswa adalah usaha sampingan yang dalam melakukan bisnisnya waktunya tidak akan bentrok dengan kegiatan belajar. Bisnis sampingan tidak hanya bisa dilakukan di rumah tapi juga di kampus. Berikut 5 contoh bisnisnya.

  1. Bisnis makanan dan minuman. Menjual makanan atau minuman bisa dengan beberapa cara, menitipkan di kantin sekolah, berjualan sendiri menjajakannya ke setiap penjuru sekolah saat jam istirahat, atau sepulang sekolah berkeliling komplek. Jika belum bisa membuat jenis makanan atau minumannya sendiri, kita bisa minta membuatnya pada orangtua atau mengambil produk buatan orang lain untuk dijual kembali. Contoh makanan dan minuman yang sesuai dengan kantong mahasiswa atau anak sekolah, SMP, atau SMA adalah donat,  pudding, sandwich, gorengan, air mineral, minuman dingin, dan masih banyak lagi. Bagi anak kuliahan atau sekolah gampang menentukan produk tersebut karena pasti dia akan tahu apa yang menjadi selera teman-temannya yang juga dirinya sukai. ( Baca : Usaha Rumahan yang sedang nGetrend 🙂
  2. Bisnis pulsa isi ulang. Menjual pulsa memang yang paling mudah. Kita bisa memulai promosi jualan pulsa kita ke teman-teman sekelas dulu, kemudian ke kelas-kelas yang lain, hingga guru. Sehingga, semua orang di sekolah bisa berlangganan beli pulsa pada kita.
  3. Bisnis penyewaan. Menyewakan barang yang kita koleksi juga bisa menjadi peluang bisnis di masa sekolah. Misalnya, menyewakan buku/ novel/ komik atau CD/ DVD game dan film.
  4. Bisnis juga bisa berdasarkan pada hobi, contohnya bagi yang gemar menulis kini banyak dicari jasa penulisan artikel. Kita bisa menjadikannya peluang. Selain itu, menulis untuk menghasilkan uang sambil terus mengasah bakat dan menekuni hobi juga bisa dilakukan dengan menulis novel atau menjadi blogger. Kegiatan ini selain bisa dikerjakan di waktu luang, juga menyenangkan saat mengerjakannya.
  5. Bisnis online. Bisnis di dunia digital memang mudah dilakukan oleh siapa saja termasuk mereka yang masih sekolah. Produk yang dijual pun tidak terbatas, bisa produk fashion, makanan, kerajinan tangan, dan produk lainnya yang produknya bisa dibuat sendiri atau menjual produk orang lain. Kegiatan promosi yang dilakukan dalam bisnis ini di internet bisa melalui berbagai cara, di blog atau social media. Apabila sudah berkembang, kita bahkan bisa membuat website yang lebih professional untuk mendukung bisnis tersebut.

Baca : Usaha Rumahan yang Lagi Ngetrend 

Untuk berbisnis online menggunakan produk orang lain sebagai produk jualannya, kita bisa menggunakan cara jual dengan cara dropshiper atau reseller. Kedua cara jual tersebut mempermudah bisnis karena kita tidak membutuhkan modal yang banyak. Kita, hanya perlu teliti memilih toko yang akan kita jual produknya, pastikan toko tersebut terpercaya dan barang yang dijualnya berkualitas. Sehingga, apa yang kita promokan tidak salah dan kita bisa menjawab setiap pertanyaan dari konsumen akan barang tersebut. Dalam berjualan, kita tetap menggunakan nama online shop sendiri begitu juga dalam penentuan harganya.

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis di luar topik di atas, kamu bisa eksplore ralali.com untuk memperoleh ide membuka toko atau usaha dengan modal tipis.

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published. Wajib diisi *

*