11 Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula! Masih Relevan sampai 2024

0

Anda seorang ibu rumah tangga? Atau seorang mahasiswa yang membutuhkan tambahan uang jajan tapi tidak memiliki waktu untuk bekerja part time di luar? Jangan khawatir, akan kami sajikan bisnis rumahan untuk pemula yang dapat menjadi solusinya! Lantas, peluang apa saja yang dikategorikan sebagai usaha rumahan yang cocok untuk pemula? Nah mungkin Anda telah menebak beberapanya, apakah bisnis seperti ruangan spa rumahan? Atau memang bisnis rumahan untuk pemula? Seperti jualan kue atau Baking mungkin? Mari simak artikel berikut!

10 Usaha Rumahan yang Cocok untuk Pemula

1. Membuat kerajinan tangan

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Membuat kerajinan tangan dapat menjadi salah satu alternatif terbaik, secara bisnis rumahan untuk pemula. Anda dapat membuat kerajinan tangan sesuai dengan kemampuan dan kreativitas Anda di kala Anda memiliki waktu senggang. Contoh kerajinan tangan yang laku di pasaran antara lain, bunga dari kain flanel, aksesoris seperti bros dan gelang, tempat pensil, dompet ataupun tas dari kain perca, dan masih banyak lagi. Apalagi di zaman yang sudah serba digital ini, Anda dapat dengan mudah mencari ide kreatif kerajinan tangan apa yang akan Anda buat serta dapat dengan mudah juga memasarkannya secara online.

2. Membuat makanan kering
usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Selain membuat kerajinan tangan, usaha rumahan yang cocok untuk pemula juga bisa buat yang satu ini. Itu adalah membuat makanan kering, yang dapat menjadi salah satu alternatif termudah lainnya. Jika Anda beralasan tidak dapat membuat makanan kering, saat ini Anda dapat dengan mudah mengakses resep dan cara membuat makanan kering di internet. Bahkan untuk memasarkannya, Anda dapat masuk ke ecommerce ternama dan menjual di sana. Sebagai awalan, Anda dapat melakukan trial hingga Anda merasa makanan kering yang Anda buat tersebut pantas untuk dipasarkan, mudah bukan?

3. Katering

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Selain membuat makanan kering, bagi Anda yang memiliki keahlian memasak, maka Anda dapat menyalurkan keahlian Anda tersebut dengan membuka katering. Untuk ini, meskipun tergolong dalam usaha rumahan yang cocok untuk pemula, tetapi Anda tetap membutuhkan tenaga orang lain jika menu catering Anda cukup kompleks. Anda dapat membuka katering kelas besar ataupun kelas kecil. 

Katering kelas besar misalnya katering dalam suatu acara, katering untuk siswa siswi di suatu sekolah, katering untuk seluruh karyawan di suatu kantor, atau masih banyak lagi. Sedangkan, katering kelas kecil adalah katering individu yang dapat dipesan untuk menu perseorangan, seperti menu katering diet, katering vegetarian, katering masakan tertentu untuk perseorangan, dan masih banyak lagi.

4. Membuka kursus memasak

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Jika Anda pandai memasak, tetapi malas membuka bisnis katering karena dirasa ribet, maka Anda dapat memilih alternatif yang lebih mudah, yaitu membuka kursus memasak. Lalu mengapa ini tergolong dalam bisnis rumahan untuk pemula? Yap, itu karena Anda memberikan jasa, atas skill yang sudah Anda punya. Target yang dapat Anda tuju dalam bisnis ini adalah kalangan ibu-ibu muda ataupun wanita-wanita lajang yang tidak bisa memasak namun ingin belajar memasak. Tawarkan jasa Anda melalui internet ataupun dengan membuat leaflet penawaran yang menarik. Untuk menambah peminat, kemas kursus memasak Anda dalam kelas-kelas kecil yang mengedepankan resep-resep inovatif.

5. Bisnis Ruangan spa rumahan

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Mungkin yang satu ini agak naik tingkat dari usaha yang cocok untuk pemula. Itu karena untuk membuka bisnis ini membutuhkan banyak biaya dan tenaga. Namun, jika Anda punya kesiapan lebih, bisnis ini dapat berhasil. Dapat dikatakan, bisnis spa rumahan dapat dilakukan bagi Anda yang memiliki ketertarikan dan ketrampilan dalam bidang kecantikan tentunya.  Nah, mungkin secara agak eksklusif, bisnis seperti ini cenderung masuk sebagai bisnis wanita pemula yang bisa dijalankan sehingga cenderung terdapat minat yang lebih kuat. 

Jika Anda tidak memiliki kemampuan tersebut, maka terlebih dahulu Anda dapat mengambil kelas kursus kecantikan sebelum akhirnya membuka bisnis ini. Nah, setelah Anda paham mengenai kursus spa, barulah Anda bisa mencoba ini dan dapat terkategori sebagai usaha yang cocok untuk pemula.

6. Membuka rental komputer rumahan

Rental komputer dalam arti adalah tempat fotocopy/print an. Jika Anda memiliki tempat tinggal yang dekat dengan daerah kampus, maka bisnis yang satu ini akan menjadi salah satu pilihan yang paling tepat sebagai usaha rumahan yang cocok untuk pemula. Dengan bermodalkan beberapa buah komputer dan printer, maka Anda sudah dapat memulai usaha ini. Selamat mencoba!

7. Membuka usaha jahit

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Bagi Anda yang memiliki keterampilan menjahit dan juga tentunya memiliki mesin jahit, salah satu bisnis yang paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuka jasa menjahit. Jika Anda belum bisa menjahit, jika memang mau Anda juga dapat mengikuti kursus terlebih dahulu. Bahkan, jika Anda ingin lebih praktis, Anda dapat membuka jasa menjahit kecil-kecilan dengan menawarkan jasa Anda secara gratis terlebih dahulu kepada tetangga Anda.

8. Membuka usaha laundry kiloan

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Saat ini, laundry kiloan merupakan salah satu usaha yang dapat dikatakan cukup menghasilkan. Itu karena kebutuhan akan pakaian yang tinggi, terlebih saat ini semuanya serba praktis dan orang ingin cepat saja. Jika rumah Anda terletak di dekat daerah kos-kosan atau perumahan yang rata-rata orangnya bekerja, usaha laundry kiloan merupakan salah satu usaha rumahan yang cocok untuk pemula sekali dan mungkin untuk dilakukan.

9. Membuka kos-kosan

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Bagi Anda yang kebetulan memiliki kamar berlebih dan tinggal di daerah kampus ataupun perkantoran, maka menyewakan kamar kosong tersebut dapat menjadi salah satu alternatif usaha yang paling mudah untuk Anda lakukan. Jika bisa, lengkapi kamar tersebut dengan fasilitas yang memadai seperti wifi dan kamar mandi dalam. Nah, tapi yang satu ini memang butuh modal besar karena tidak mudah untuk mendesain kamar, dan membuka kamar besar-besaran.

10. Membuka jasa penitipan anak

usaha rumahan yang cocok untuk pemula

Membuka jasa penitipan anak juga merupakan sebuah bisnis yang dapat dengan mudah Anda dilakukan dirumah. Anda cukup menyediakan sebuah ruangan yang memadai dilengkapi tempat beristirahat dan bermain untuk sang anak, kemudian Anda tinggal menjaga dan mengasuh anak tersebut dalam jangka waktu tertentu ketika orang tuanya bekerja ataupun bepergian. Sangat mudah bukan?

Kesimpulan!

Dalam artikel ini, kami telah sajikan usaha rumahan yang cocok untuk pemula. Namun, apabila Anda merasa ini kurang cocok, Anda dapat mencari inspirasi di website atau informasi lainnya. Akan tetapi, jika Anda berani, bisnis seperti ruangan spa rumahan dapat menjadi tantangan tersendiri, terlebih bagi Anda yang antusias atas industri kesehatan. Nah, mungkin sampai saat ini Anda cukup memahami, bisnis rumahan untuk pemula apa yang dapat Anda maksimalkan. Terakhir, semua kembali pada niat Anda, apakah Anda betul-betul ingin berbisnis? Atau memang hanya ingin mencoba saja. Semua kembali ke tangan Anda!

Konsultasikan gratis bersama Ralali.com, masukkan email Anda di bawah, kami akan memberikan solusi secara personal peluang usaha apa yang cocok dengan Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.