Mau Aman Berbelanja Di Tengah Corona? Ikuti Tipsnya

Mau Aman Berbelanja Di Tengah Corona? Ikuti Tipsnya

Penularan Covid 19 memang membuat orang panik, sehingga beberapa waktu lalu sempat beredar dimana 2 orang yang tengah berbelanja di sebuah supermarket kawasan Jakarta Selatan mengenakan alat pelindung diri (APD) layaknya tim medis.

Video tersebut viral dan menuai banyak kritikan, mengingat stok APD saat ini sedang diutamakan untuk garda depan. Daripada melindungi diri dengan cara yang berlebihan, ada baiknya kamu membaca tips aman saat berbelanja di supermarket

= Buat Perencanaan Dalam Jangka Pendek

Source: Blog mint

Untuk menekan pengeluaran yang berlebihan dan panic buying cobalah untuk membuat perencanaan selama seminggu ke depan. Karena dengan membuat perencanaan dalam kurun waktu tertentu bisa memudahkan kamu untuk mengetahui apa yang harus dibeli. Berikut adalah beberapa daftar belanjaan yang harus kamu beli selama masa self quarantine

Daftar Belanjaan yang Harus Dibeli Selama Self Quarantine

= Membuat Daftar Belanjaan

Source: educationaltoys.expert

Salah satu hal kesalahan yang sering dilakukan saat berbelanja adalah membeli barang-barang secara berlebihan, bahkan yang tidak perlu. Awalnya hanya ingin membeli bahan-bahan dapur, eh malah jadi beli macam-macam, siapa yang seperti itu?

Untuk menghindari hal seperti ini cobalah untuk membuat daftar belanjaan pada kertas atau membuat notes pada smartphone. Jika perlu bawalah uang tunai secukupnya, untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu.

Sesampainya di rumah cobalah untuk membuat post pengeluaran setiap bulannya untuk mengetahui pengeluaran yang perlu dikurangi, atau dihilangkan.

=Menghindari Kerumunan

Source: safetyandhealthmagazine

Waduh gimana caranya menghindari keramaian di tempat umum, mungkin kamu akan bertanya-tanya soal ini. Jawabannya sangat mudah cukup hindari jam-jam sibuk kebanyakan orang berbelanja dimana biasa terjadi pada siang dan sore hari.

Disarankan untuk pergi berbelanja pada situasi yang lebih longgar, seperti pagi hari saat supermarket baru buka, atau malam hari. Jangan lupa juga untuk melakukan physical distancing, dengan minimal 1 meter.

Tak hanya itu saat keluar rumah kamu diwajibkan untuk menggunakan masker sesuai himbauan World Health Organization (WHO) bagi mereka yang sakit maupun sehat.

=Jangan Belanja di Saat Kalap

Source: cdns.klimg

Saat sedang lapar tentunya secara alam bawah sadar manusia akan bisa membeli sesuatu di luar dugaan karena saat itu kamu hanya memikirkan makanan dan terus mencari yang diinginkan.

Selain waktu berbelanja semakin lama dan berbahaya, kamu juga mempunyai potensi lebih besar untuk membeli yang sebenarnya tidak diinginkan. Ingat hindari panic buying atau belanja kerena emosi sesaat.

=Tidak Menyentuh Area Wajah

Source: NBC news

Harus selalu diingat kalau virus dapat menempel pada permukaan benda-benda yang ada di sekeliling kita misalnya gagang pintu, peralatan makan, meja, dan trolli belanja. Hindari untuk memegang benda-benda yang tidak perlu, dan tidka menyentuh area wajah selama berbelanja.

Karena perlu diingat virus Corona bisa masuk ke dalam tubuh melalui lendir tubuh yang aa pada mulut, mata serta hidung. Jika perlu bawa selalu hand sanitizer di dalam tas, dan semprotkan benda-benda yang tersentuh seperti tas dengan disinfektan.

Fokus saat berbelanja dan sesegera mungkin pulang ke rumahSebab, seperti banyak diberitakan, virus corona dapat masuk ke tubuh melalui mukosa atau lendir tubuh, seperti pada mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu, selama kamu masih berbelanja dan tidak memungkinkan untuk cuci tangan, jangan menyentuh area wajah kamu sama sekali. Fokuslah untuk berbelanja dengan cepat dan segera cuci tangan ketika selesai dan sampai di rumah.

= Berbelanja Dari Rumah Sebagai Alternatif

Nah, selain belanja ke supermarket ada juga loh cara-cara berbelanja aman lainnya yang perlu kamu ketahui, yaitu dimana kamu kamu bisa membeli semua kebutuhan tanpa harus keluar rumah bersama Ralali.com.

Melalui Ralali.com kamu bisa mendapatkan harga terjangkau dan tetap aman meskipun #DIRUMAHAJA. Banyak promo menari dan diskon ongkos kirim. Semakin banyak belanjanya, makin mura harganya

Ayo Saling Membantu

corona virusralaliTips BelanjaVirus Corona
Comments (0)
Add Comment