Apa Saja Jenis dan Fungsi Gelas Kimia ? Berikut Ini Ulasannya.

0

Bagi Anda yang ingin mengetahui jenis dan fungsi gelas Kimia? – berikut ini akan diulas tentang jenis jenis gelas kimia beserta fungsinya masing masing. 

jenis fungsi gelas kimia jual gelas kimia
Image: ebayimg.com

Beaker Glass atau biasa disebut gelas kimia merupakan sebuah wadah yang berbentuk silinder dengan dasar rata serta pada bagian mulutnya terdapat moncong ataupun paruh kecil.

Fungsi dari moncong tersebut ialah sebagai corong untuk menuangkan cairan supaya tidak. Gelas kimia umumnya terbuat dari bahan kaca borosilikat, bahan tersebut tahan panas hingga mencapai suhu 200oC.

Ada pula beaker glass yang dibuat dari bahan plastik semisal polietilena, polipropilena serta PTFE. Dan ada pula yang terbuat dari bahan logam semisal stainless steel ataupun aluminium. Sama halnya seperti labu ukur, gelas beaker pun di lengkapi dengan garis-garis skala yang berfungsi sebagai penunjuk volume dengan ukuran yang beragam.

Fungsi dan Jenis Gelas Kimia

Fungsi gelas kimia atau beaker glass

Setidaknya terdapat 3 fungsi utama dari beaker gelas yang dapat di manfaatkan di laboratorium, antara lain:

  • Untuk mengukur volume larutan ataupun bahan yang tak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi.
  • Digunakan sebagai wadah untuk menyimpan serta membuat larutan.
  • Digunakan sebagai wadah untuk memanaskan bahan di atas hot plate, ini hanya untuk gelas kimia yang terbuat dari bahan kaca borosilat.

Jenis gelas kimia

  • Gelas Kimia Griffin /A.

Gelas beaker Griffin mrupakan model beaker gelas yang kerap di jumpai di laboratorium. Gelas griffin berbentuk standar yaitu agak rendah dengan tinggi 1,4 kali diameter, dan dilengkapi dengan paruh serta moncong yang berfungsi sebagai corong. Alasan mengapa gelas ini disebut gelas griffin sebab gelas ini di desain oleh John Joseph Griffin .

  • Gelas Kimia Berzelius / B.

Bentuk gelas kimia Berselius lebih ramping serta tinggi dengan ukuran tinggi sekitar 2 kali diameternya. Beaker gelas tipe berzelius ini dapat di pakai untuk titrasi. Alasan mengapa gelas ini disebut gelas berzelius sebab di desain oleh Jöns Jacob Berzelius.

  • Gelas Kimia datar (flat beaker glass) / C.

Gelas kimia datar disebut pula sebagai crystallizers, sebagian besar gelas ini dipakai untuk melakukan kristalisasi , namun bisa pula dipakai sebagai wadah untuk dipakai dalam hot- bath pemanasan . Gelas ini tak mempunyai skala datar.

Untuk melihat berbagai pipet dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cekdi website Ralali. Ralali jual pipet dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.