Seberapa Penting Fungsi Moisture Meter?

0
fungsi Moisture Meter jual Moisture Meter
Image:

Seberapa Penting Fungsi Moisture Meter? – Moisture meter ialah alat yang dipergunakan untuk mengukur jumlah kandungan air yang terdapat pada zat. Alat ini juga bisa dipakai untuk mengukur tingkat kelembaban zat. Dari hasil pengukuran yang dilakukan, diharapkan akan bisa diketahui apakah bahan sudah siap untuk dipakai atau belum.

Kadar air sangat berpengaruh pada sifat fisik benda. Sifat fisik yang berubah pada beberapa material untuk kepentingan tertentu, tentunya akan berpengaruh pada kemaksimalan efektivitas fungsi sebuah benda yang ingin digunakan. Beberapa material seperti kayu dan kertas sangat sensitif terhadap kandungan kadar air. Sifat fisik dari kertas maupun kayu bisa berubah apabila kandungan air yang terdapat pada material tersebut berlebihan. Penggunaan instrumen ini untuk memaksimalkan fungsi dari zat-zat terkait sebagai alat ukur untuk menentukan kandungan kadar air.

Alat ini pun banyak digunakan di bidang pertanian untuk mengukur kandungan air dari biji-bijian seperti gandum, gabah, sorgum, jagung, tembakau, jerami dan yang lainnya. Pengukuran kadar air dalam produk pertanian tentu saja akan sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas produk di pasaran.

Untuk mengetes kelembaban kadar air untuk beras, jagung, ataupun biji-bijian lainnya Perusahaan besar atau perseorangan terkadang masih menggunakan teknik feeling yang mengandalkan seseorang karena faktor kebiasaan yang sudah berpengalaman puluhan tahun untuk komoditi dari bidang tertentu misalnya dari kebiasaan mereka dalam bidang beras, cengkeh, dan yang lainnya. Efek samping dari felling tester kadar air tersebut terkadang tidak tepat dari perkiraan persentase kadar air yang terkandung di dalamnya sehingga menimbulkan kerugian. Kerugian juga bisa terjadi apabila di dalam perusahaan ataupun perorangan mengandalkan seseorang karena faktor dari kebiasaan tersebut. Berjalannya waktu tentunya indra perasa pun berkurang mengakibatkan ketimpangan dari pengukuran kadar air semakin tidak jelas. Semakin jaman alat dan teknologi pun semakin bersaing dan canggih,

Bagaimana prinsip kerja dari moisture meter tersebut ? Secara umum terdapat beberapa cara serta prinsip kerja yang dapat dilakukan untuk menentukan kandungan air dari suatu zat, beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

Termogravimetri.

Cara seperti ini dilakukan dengan cara dua teknik utama yaitu pemanasan serta penimbangan. Selisih berat sebelum pemanasan serta setelah pemanasan adalah nilai kandungan air yang ditentukan tersebut.

Konduktometri.

Konduktometri ialah salah satu teknik pengukuran kadar air dengan cara teknik elektrik, di mana pengukuran didasarkan kepada konduktivitas maupun hantaran listrik. Kadar air akan berbanding linear terhadap kapasitas listrik yang diukur. Hantaran listrik tersebut akan ditangkap oleh alat yang dinamakan detektor.

Terdapat cukup banyak jenis moisture meter di pasaran dengan berbagai merek yang memiliki kualitas beragam. Untuk melihat berbagai moisture meter dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual moisture meter dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.