Apakah Franchise Menguntungkan untuk Pemula di Bidang Bisnis

0

Keraguan membuka bisnis baru adalah hal yang sangat wajar bagi siapapun itu. Apakah Anda juga termasuk masih bingung apakah bisnis yang Anda akan buat menguntungkan atau membuat Anda malah rugi? Terkadang, juga terbesit pikiran untuk ikut kemitraan saja atau franchise agar lebih mudah dalam brandingnya karena memang franchise terbukti memiliki nama yang sudah terkenal.

Apakah bisnis franchise ini sangat cocok untuk pemula? Karena pada dasarnya bisnis yang s atu ini memiliki berbagai syarat dan juga perjanjian yang terbilang rumit. Daripada penasaran, mari bedah lebih dalam, apakah franchise menguntungkan untuk pemula dalam bidang bisnis atau tidak.

Karakteristik Franchise

Kita sudah tahu apa itu bisnis franchise. Yang menjadi hal utama adalah apakah bisnis franchise ini akan sangat menguntungkan bagi pemula atau tidak. Dan pastinya, apakah bisnis franchise ini bisa lebih menguntungkan daripada bisnis yang Anda buat sendiri mulai dari 0.

Jika dilihat lagi, franchise memiliki sebuah persetujuan atau franchising agreement. Ini merupakan perjanjian khusus antara kedua belah pihak, di mana hak diberikan, serta syarat dan ketentuan yang berkaitan dengan franchise dinyatakan dengan jelas.

Dengan itu, terdapat beberapa karakteristik dari franchise yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  • Lisensi: Penerima franchise mendapatkan hak untuk menggunakan, merek dagang penerima franchise di bawah lisensi.
  • Kebijakan: Penerima franchise harus mengikuti kebijakan tentang cara menjalankan bisnis, sebagaimana tercantum dalam perjanjian.
  • Dukungan pemasaran dan teknologi: Penerima franchise diberikan dukungan pasar dan teknologi berkelanjutan, oleh pemilik franchise, untuk menjalankan bisnis, dengan cara yang dinyatakan dalam perjanjian franchise.
  • Pelatihan: Pelatihan dan bantuan lengkap diberikan kepada personel yang bekerja di perusahaan penerima franchise.
  • Royalti: Untuk menggunakan model bisnis yang terkenal, penerima franchise membayar royalti kepada pemilik franchise.
  • Jangka waktu terbatas: Penerima Franchise diperbolehkan menggunakan pengetahuan bisnis dan nama merek untuk jangka waktu tertentu, sebagaimana disebutkan dalam perjanjian franchise. Meskipun, perjanjian dapat diperpanjang lebih lanjut.

Kekurangan Franchise

Walaupun terbilang memang ribet karena ada beberapa persyaratan yang harus dilalui sebelum bekerjasama, ternyata ada beberapa kekurangannya lagi dimana ini menjadi titik Anda memikirkan lagi apakah lebih menguntungkan franchise atau membuat bisnis Anda sendiri dari nol.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan franchise yang perlu Anda ketahui:

  • Membatasi peraturan

Sementara franchise memungkinkan penerima franchise untuk menjadi bos mereka sendiri, mereka tidak sepenuhnya mengendalikan bisnis mereka, mereka juga tidak dapat membuat keputusan tanpa mempertimbangkan pendapat pemilik franchise.

  • Harga awal

Sementara investasi awal biaya franchise membeli banyak manfaat bagi penerima franchise, itu juga bisa mahal terutama jika Anda bergabung dengan franchise yang sangat terkenal dan menguntungkan.

  • Investasi berkelanjutan

Selain investasi awal yang harus Anda sediakan untuk memulai franchise Anda, ada biaya tambahan berkelanjutan yang unik untuk franchise.

  • Potensi konflik

Meskipun salah satu keuntungan memiliki franchise adalah jaringan dukungan yang Anda terima, hal itu juga berpotensi menimbulkan konflik. Konflik yang sering terjadi adalah karena pelanggaran kontrak atau hal lainnya yang akan berkaitan dengan pemilik franchise.

  • Kurangnya privasi finansial

Kerugian lain dari franchise adalah kurangnya privasi. Perjanjian franchise kemungkinan akan menetapkan bahwa pemilik franchise dapat mengawasi seluruh ekosistem keuangan franchise.

Kelebihan Franchise

Apakah franchise banyak memiliki kekurangan? Apakah tidak ada keuntungannya? Tentu saja karena ini akan membahas tentang apakah franchise memiliki keuntungan atau tidak, berikut ini adalah beberapa kelebihan franchise:

  • Bantuan bisnis

Salah satu manfaat franchise bagi penerima franchise adalah bantuan bisnis yang mereka terima dari pemilik franchise.

  • Pengakuan merek

Manfaat besar yang diterima penerima franchise saat membuka franchise adalah pengenalan merek. Jika Anda memulai bisnis dari awal, Anda harus membangun merek dan basis pelanggan Anda dari awal, yang akan memakan waktu.

  • Tingkat kegagalan yang lebih rendah

Secara umum, franchise memiliki tingkat kegagalan yang lebih rendah daripada bisnis tunggal. Ketika pembeli franchise membeli franchise, mereka bergabung dengan merek yang sukses, serta jaringan yang akan menawarkan dukungan dan saran kepada mereka, sehingga kecil kemungkinan mereka akan gulung tikar.

  • Membeli kekuatan

Manfaat lain dari franchise adalah ukuran jaringan yang tipis. Jika Anda menjalankan bisnis mandiri dan perlu memesan produk atau persediaan untuk membuat produk Anda, Anda membayar lebih banyak uang per item karena pesanan Anda relatif kecil.

  • Keuntungan

Secara umum, franchise melihat keuntungan yang lebih tinggi daripada bisnis yang didirikan secara independen. Sebagian besar franchise memiliki merek terkenal yang membawa pelanggan berbondong-bondong. Popularitas ini menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

  • Risiko lebih rendah

Memulai bisnis memang berisiko. Ini benar apakah pemilik bisnis membuka bisnis mandiri atau membeli franchise. Karena itu, risikonya lebih rendah saat membuka franchise.

  • Basis pelanggan bawaan

Salah satu perjuangan terbesar dari setiap bisnis baru adalah menemukan pelanggan. Franchise, di sisi lain, datang dengan pengenalan merek instan dan basis pelanggan yang setia.

  • Jadilah bos Anda sendiri

Salah satu manfaat terbesar dari memiliki bisnis adalah menjadi bos bagi diri sendiri. Saat memulai bisnis franchise, Anda bisa menjadi bos bagi diri sendiri dengan manfaat tambahan menerima dukungan dari basis pengetahuan franchise.

Belajar Franchise

Setelah tahu bagaimana keuntungan dan kekurangan dari franchise, mari kita lebih mengenal franchise ini mulai dari bagaimana cara yang harus dilakukan dalam melakukan bisnis franchise dan juga bagaimana cara membeli bisnis franchise.

Ini adalah hal yang penting mengingat Anda sendiri sudah memutuskan betapa menguntungkannya bisnis franchise untuk pemula.

Cara Bisnis Franchise 

Untuk memulai bisnis franchise, Anda harus memikirkan matang-matang cara bisnis franchise agar Anda tidak kesusahan dalam menjalani bisnis franchise, diantaranya adalah:

  1. Pilih bisnis yang sesuai
  2. Memilih lokasi strategis untuk bisnis Anda 
  3. Sesuaikan bisnis dengan passion, jangan terpacu dengan uang terlebih dahulu. Jalani sesuai passion agar enjoy
  4. Kenali franchise yang ingin dibeli, apakah menguntungkan atau tidak, apakah persyaratannya ribet atau tidak
  5. Kenali potensi pasarnya adalah hal yang sudah jelas
  6. Siapkan modal yang cukup karena membuka bisnis franchise memang membutuhkan modal yang lumayan banyak
  7. Mengikuti sistem dari pemilik franchise adalah hal yang wajib
  8. Menetapkan goals dan mempunyai perencanaan bisnis yang sudah matang dan kejar sesuai dengan targetnya
  9. Tingkatkan pemasaran melalui social media bisa menjadi pilihan yang sangat baik
  10. Meningkatkan layanan konsumen agar bisnis berjalan dengan lancar dan konsumen akan kembali lagi dan lagi

Cara Beli Franchise

Mungkin cara membeli franchise memang terbilang cukup mudah, tentunya Anda piker ini secara matang terlebih dahulu agar Anda tidak menyesal kedepannya karena biasanya bisnis franchise ini menjalin kontrak bisa minimal 5 tahun sampai dengan 30 tahun. Jangan sampai di pertengahan jalan Anda sudah malas dengan menjalankan franchise Anda.

Berikut ada hal yang perlu Anda ketahui untuk membeli franchise:

  • Tentukan berapa dana yang Anda miliki untuk diinvestasikan di bisnis franchise.
  • Tentukan bidang apa yang akan Anda pilih terkait bisnis franchisenya. Apakah makanan, minuman, jasa atau yang lainnya tentu sangat banyak.
  • Pilih franchise berdasarkan anggaran dan bidang yang Anda pilih tersebut. Sesuaikan dananya, dan Anda bisa mulai menghubungi pemilik franchise yang Anda sudah pilih untuk melakukan persetujuan pembelian franchise.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.