Kenali Bisnis Franchise Terlaris di Indonesia yang Bisa Dicoba

0

Sekarang ini memang sangat trend sekali dimana banyak orang yang mulai ingin untuk membuka sebuah usaha. Namun, yang menjadi masalah adalah dimana ketika ingin membuka bisnis ada yang namanya branding. Jika brand yang Anda buat itu masih baru, maka ada tantangan yang sangat susah yaitu dimana untuk bagaimana membesarkan nama dari usaha Anda tersebut. Tentunya susah bukan?

bisnis franchise
image source : whichfranchise

Maka dari itu, banyak yang lebih memilih bekerjasama atau membuat kemitraan yaitu bisnis franchise. Banyak yang beranggapan bahwa dengan memilih franchise adalah cara yang mudah karena brand usaha tersebut sudah dikenal banyak orang. Jadi, apa saja bisnis franchise terlaris di Indonesia?

Apa Itu Usaha Franchise

Waralaba atau biasa dikenal dengan franchise adalah jenis lisensi yang memberikan penerima waralaba akses ke pengetahuan bisnis, proses, dan merek dagang milik pemilik waralaba, sehingga memungkinkan penerima waralaba untuk menjual produk atau layanan di bawah nama bisnis pemilik waralaba. Sebagai imbalan untuk memperoleh franchise, penerima franchise biasanya membayar franchisor biaya awal dan biaya lisensi tahunan.

Bisa jadi, memang sebuah franchise sangat populer bagi pengusaha untuk memulai bisnis, terutama ketika memasuki industri yang sangat kompetitif seperti makanan cepat saji. Satu keuntungan besar untuk membeli franchise adalah Anda memiliki akses ke nama merek perusahaan mapan. Anda tidak perlu menghabiskan sumber daya untuk memperkenalkan nama dan produk Anda kepada pelanggan.

Peraturan Franchise

Sebagai usaha yang memang membeli nama brand, terdapat beberapa regulasi yang pastinya ada diberikan kepada pihak pemilik dari franchise itu sendiri. Ada yang memang kompleks, ada yang juga sederhana semua tergantung dari yang memiliki nama besar franchise itu sendiri. 

Biasanya, perjanjian franchise mencakup tiga kategori pembayaran kepada pemilik franchise. Pertama, penerima franchise harus membeli hak yang dikendalikan, atau merek dagang, dari pemilik franchise dalam bentuk biaya di muka. Kedua, pemilik franchise sering menerima pembayaran untuk menyediakan pelatihan, peralatan, atau layanan konsultasi bisnis. Akhirnya, pemilik franchise menerima royalti berkelanjutan atau persentase dari penjualan operasi.

Kontrak franchise memang bersifat sementara, mirip dengan sewa atau persewaan bisnis. Itu tidak menandakan kepemilikan bisnis oleh franchisee. Bergantung pada kontraknya, perjanjian franchise biasanya berlangsung antara lima bisa sampai 30 tahun, dengan hukuman serius jika penerima franchise melanggar atau mengakhiri kontrak sebelum waktunya.

Contoh Franchise di Indonesia

Di Indonesia sendiri, Anda tahu jika ada banyak sekali bisnis franchise yang bisa untuk Anda ajak kerjasama karena memang terbukti menerima banyak sekali keuntungan. Apa saja bisnis franchise terlaris di Indonesia tersebut? Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  • Indomaret

Indomaret adalah salah satu franchise yang memang sudah banyak dan memang menjamur di Indonesia. Bisnis ini memang terbilang menguntungkan dikarenakan bisnis ini bergerak dalam bidang minimarket yang sudah pasti banyak kebutuhan sehari-hari masyarakat yang dijual.

  • Kebab Baba Rafi

Kebab baba Rafi merupakan salah satu bisnis franchise yang sudah terkenal karena rasa kebabnya yang otentik dan juga dengan harga yang terjangkau. Ini merupakan salah satu franchise di Indonesia dalam bidang makanan yang laris.

  • Kopi Janji Jiwa

Dan yang terakhir adalah Kopi Janji Jiwa. Jika yang satu ini memang tidak diragukan lagi jika merupakan salah satu franchise coffee shop yang sangat terkenal karena minumannya termasuk coffee dan non coffee dengan harga terjangkau namun memiliki rasa kopi yang nikmat. Selain itu, toastnya memang terbilang laris karena memang banyak yang menyukainya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi franchise terlaris di Indonesia seperti Alfamart, Alfamidi, J&T Express, dan Geprek Bensu.

Peluang Usaha Franchise

Untung rugi dari sebuah usaha memang tidak akan ada yang namanya keuntungan mutlak 100%. Tapi jika memang Anda ingin membuka peluang usaha franchise, berikut ini ada ide-ide menarik untuk membuka peluang usaha franchise:

5 Bisnis Franchise Makanan

  • Bisnis Franchise Ayam Goreng
  • Bisnis Franchise Snack Taiwan
  • Bisnis Franchise Pecel Lele
  • Bisnis Franchise Crepes
  • Bisnis Franchise Kebab

5 Bisnis Franchise Minuman

  • Bisnis Franchise Minuman Teh
  • Bisnis Franchise Boba
  • Bisnis Franchise Minuman Alpukat
  • Bisnis Franchise Kopi
  • Bisnis Franchise Minuman Coklat

5 Bisnis Franchise Umum

  • Bisnis Franchise Apotek
  • Bisnis Franchise Logistik
  • Bisnis Franchise Bengkel
  • Bisnis Franchise Jasa Pengiriman
  • Bisnis Franchise Laundry Sepatu

Cara Usaha Franchise

Akan ada banyak sekali kegelisahan saat ingin berbisnis franchise. Ada banyak yang dipikirkan seperti membuat planning tentang bisnis, dan masih banyak lagi.

Cara usaha franchise adalah sebagai berikut:

  • Langkah 1: Teliti pilihan Anda

Di satu sisi, ini adalah bagian paling menyenangkan dari proses franchise karena Anda hanya mencari di internet, melamun tentang bisnis Anda dan mengetikkan frasa mesin pencari seperti “cara mewaralabakan bisnis” dan “pekerjaan wirausaha” dan melihat apa yang muncul. Telitilah semua itu!

  • Langkah 2: Pilih franchise yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda

Saat Anda sedang meneliti pilihan Anda dan Anda semakin serius untuk memiliki franchise, Anda mungkin ingin membawa seorang profesional untuk membantu Anda. Ada broker franchise, pelatih franchise, dan bahkan layanan pembinaan franchise, beberapa di antaranya adalah franchise itu sendiri. Sesuaikan dengan tujuan bisnis Anda.

  • Langkah 3: Bicaralah dengan franchisor dan franchisee

Saat Anda ingin memiliki franchise, Anda mungkin menemukan pemilik franchise dalam berbagai cara: dengan menjangkau langsung, melalui situs web mereka, di konvensi waralaba.

  • Langkah 4: Buat rencana bisnis

Bahkan jika model bisnis dan rencana bisnis franchisor berhasil, Anda juga memerlukan rencana bisnis Anda sendiri.

  • Langkah 5: Pekerjakan profesional

Apakah Anda menggunakan atau tidak menggunakan broker franchise atau konsultan franchise untuk membantu Anda menemukan franchise yang tepat untuk Anda, pada titik tertentu, Anda mungkin ingin mulai mencari bantuan profesional untuk mendapatkan saran selain mengandalkan pemilik franchise yang Anda ajak bicara.

Franchise Viral

Saat membicarakan franchise, tentu Anda mencari mana franchise yang memang sedang digandrungi saat itu juga oleh banyak orang, atau bisa dikatakan mencari franchise yang sedang viral. Ini memang menguntungkan karena sudah dijamin akan memancing banyak costumer.

Namun, yang menjadi masalah adalah bagaimana cara mempertahankan franchise viral tersebut. Karena memang pelajaran yang bisa dipetik adalah bagaimana menjalankan franchise tersebut dalam jangka yang panjang.

Yang sedang viral saat ini ada beberapa diantaranya adalah:

  1. Franchise Minuman dan Ice Cream Mixue
  2. Franchise Minuman Kopi Kenangan
  3. Franchise Minuman Coklat Nyoklat Krezz
  4. Hong Tang
  5. HAUS! Indonesia
  6. Es Teh Indonesia
  7. Franchise Minuman Kopi Kulo 
  8. Dum Dum Thai Tea
  9. Franchise Minuman Kopi Fore
  10. Teh Poci

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.