Bisnis Franchise yang Lagi Booming Ini Bisa Dicoba

0

Bisnis franchise, adalah salah satu peluang bisnis yang bisa dikatakan memang memiliki modal yang bervariasi dari yang murah sampai dengan yang mahal sekalipun. Namun, walaupun murah juga bukan berarti bisnis tersebut murahan. Jika Anda memilih yang tepat maka akan mendapatkan keuntungan dari bisnis franchise Anda. Salah satu caranya adalah memilih bisnis franchise yang lagi booming.

bisnis franchise lagi booming
image source : hdsplaw

Anda bisa mencoba untuk memilih bisnis franchise yang sedang booming karena bisa mendapatkan profit yang terbilang banyak dan dengan balik modal yang cepat juga.

Franchise Artinya

Bisnis franchise adalah bisnis di mana pemiliknya memberikan lisensi kepada pemegang lisensi untuk menjalankan bisnis (menjual produknya, menyediakan layanan, dan lainnya) di lokasi bisnis. Pikirkan KFC, Kopi Janji Jiwa, atau bisnis lain yang pernah Anda lihat di banyak kota. Setiap lokasi adalah penerima franchise dengan manajemennya sendiri yang membayar biaya kepada pemilik franchise (pemilik) untuk “menyewa” nama merek.

Memulai bisnis franchise mirip dengan memulai bisnis Anda sendiri dari bawah. Sebagai pembeli franchise, Anda memiliki kesadaran merek dan cara standar dalam melakukan sesuatu. Sebagai lokasi individu dari bisnis yang lebih besar, Anda juga mendapat manfaat dari basis pelanggan yang sudah ada sebelumnya.

Hukum Franchise

Memilih franchise memang harus dilakukan dengan hati-hati, karena ini merupakan hal yang perlu dilakukan pertama kali. Namun, jangan ada kekhawatiran lagi karena bisnis franchise ini diatur dalam sebuah hokum yang tertulis di dunia bisnis baik di dunia maupun di Indonesia.

Di dunia sendiri, hukum yang menaunginya adalah Federal Trade Commission (FTC). Ini mengeluarkan aturan yang mengharuskan tiap-tiap pebisnis franchise yang akan memberikan penawaran terhadap publik untuk mempunyai Uniform Franchise Offering Circular (UFOC).

UFOC adalah dokumen yang berisi berita komplit terkait kesempatan bisnis franchise seperti sejarah bisnis, pengelola, hal terkait aturan, prakiraan investasi, deskripsi konsep bisnis, dan salinan dari perjanjian franchise.

Tentu pula berita seharusnya seperti nama perusahaan, nama pemilik usaha, domisili, dan nomor telepon.

Sedangkan di Indonesia, hukum franchise terdapat pada Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Permendag RI) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba.

Hak dan Kewajiban Para Pihak Dalam Perjanjian Franchise

Kewajiban dari pihak Franchisor adalah menyerahkan lisensi kepada franchise. Sedangkan yang menjadi haknya adalah sebagai berikut: 

  1. Logo merek dagang trade mark, nama dagang trade name dan nama baikreputasi goodwill yang terkait dengan merek atau nama tersebut. 
  2. Formatpola usaha, yaitu suatu sistem usaha yang terekam dalam bentuk buku pegangan manual, yang sebagian isinya dalam rahasia usaha. 
  3. Dalam kasus tertentu berupa rumus, resep, desain dan program khusus. 
  4. Hak cipta atas sebagian dari hal diatas bisa dalam bentuk tertulis dan terlindungi dalam Undang-Undang Hak Cipta. 

Hak franchise adalah menerima lisensi, sedangkan kewajibannya adalah membayar royalty kepada franchisor dan menjaga kualitas barang dan jasa yang di franchisee. 

Secara umum dalam perjanjian franchise kewajiban dari pihak franchisor kepada pihak franchisee hanyalah berupa penyediaan atau pemberian hak kepada franchisee untuk menggunakan merek dagang, identitas perusahaan, atau memasarkan dan menjual produk atau jasa untuk jangka waktu dan tempat tertentu sebagaimana tercantum dalam perjanjian franchise. 

Namun secara khusus pihak franchisor memiliki kewajiban lain yaitu: 

  1. Melakukan pembinaan terhadap usaha franchise yang dijalankan meliputi operasional, manajemen dan keuangan. 
  2. Memberikan pedoman operasi usaha franchise yang dijalankan dan disepakati oleh para pihak. 

Peluang Bisnis Franchise

Dalam memilih sebuah franchise yang tepat, Anda perlu menemukan mana peluang bisnis franchise yang sekiranya akan booming dan membuat bisnis Anda berjalan dengan baik. Peluang bisnis franchise memang ada banyak, dari berbagai segi memang ini adalah contohnya:

  • Bisnis franchise ayam goreng atau ayam kentucky
  • Bisnis franchise Snack Taiwan
  • Bisnis franchise kebab
  • Bisnis franchise minuman teh
  • Bisnis franchise boba
  • Bisnis franchise kopi
  • Bisnis franchise minuman coklat
  • Bisnis franchise logistik
  • Bisnis franchise jasa pengiriman
  • Bisnis Franchise Laundrybaju atau laundry sepatu

Franchise Terkenal

Sebagai referensi, terdapat banyak sekali franchise terkenal yang bisa dikatakan adalah franchise multinasional. Ada yang memang sudah masuk ke Indonesia dan terbukti sukses. Franchise terkenal tersebut diantaranya adalah:

Mcdonald’s

Bisnis makanan cepat saji ini sudah sering kali kita temui di sekitar kita. Bahkan untuk setiap kawasan sudah punya cabangnya sendiri di Indonesia. Setiap mall yang ada di kota-kota besar juga pasti ada Mcdonald’s.

KFC

Masih dengan konsep bisnis yang sama dengan McD, adalah franchise makanan cepat saji. Bisnis dimulai pada tahun 1939, dan berpusat di Louisville, Kentucky. Berbeda dengan McD yang dari permulaan sudah menargetkan bisnis franchise, KFC baru memulai bisnis franchise nya pada tahun 1952, atau hampir 12 tahun sesudah bisnis hal yang demikian didirikan.

Domino’s

Masih dari Amerika, Domino’s hadir dengan konsep fast food yang lebih spesifik pada menu pizza. Domino’s didirikan pada tahun pada tahun 1963 untuk kemudian membikin konsep franchise-nya di tahun 1967. Sentra Domino’s berada di Ann Arbor, Michigan. Cabang atau unit yang dimiliki sudah mencapai 15,900 unit sampai dikala ini termasuk ada di Indonesia.

Carrefour

Carrefour adalah franchise yang bergerak dibidang retail untuk supermarket besar. Cabang- cabangnya betul-betul banyak kita lihat di mall-mall di kota besar. Didirikan pada tahun 1958, Carrefour adalah usaha asal Perancis. Pada konsepnya, Carrefour bergerak untuk menjadi satu-satunya pemimpin usaha distribusi di dunia.

Ace Hardware

Kembali lagi ke Amerika, salah satu franchise-nya yang tenar di Indonesia dengan kualitasnya adalah Ace Hardware. Kecuali memiliki gudang dan toko sendiri, Ace Hardware juga sudah hadir di banyak mall-mall dan sentra perbelanjaan.

Contoh Franchise Dalam Negeri

Jika diatas adalah beberapa contoh franchise yang sudah dibilang terkenal dan ada banyak di berbagai belahan dunia, ada juga franchise dari dalam negeri yang terkenal dan bisa dibilang merupakan franchise besar yang sukses melebarkan sayapnya di berbagai daerah di Indonesia.

California Fried Chicken (CFC)

Walaupun banyak yang mengira bahwa CFC seperti KFC yang adalah waralaba asal Amerika yang memproduksi ayam crispy,  padahal CFC orisinil dari Indonesia. Cuma saja, namanya menggunakan nama salah satu negara di Amerika, California.

Jco Donuts

Banyak yang salah menebak bahwa Jco Donuts adalah waralaba asing, walaupun ini adalah UKM lokal Indonesia yang sekarang telah menjadi perusahaan yang besar. Perusahaan ini didirikan oleh Johni Andrean seorang pengusaha yang sukses di bidang salon.

Alfamart

Anda pasti tidak asing dengan nama Alfamart. Minimarket orisinil Indonesia ini beberapa tahun ini memang menghiasi setiap sudut jalan di banyak kota dan desa di Indonesia. Bisa dikatakan minimarket ini bersanding bersama Indomaret.

Es Teller 77

Nama Es Teler 77 seperti itu fenomenal walaupun telah banyak es teler yang menyerupainya. Siapa sangka jika pada awalnya bisnis yang telah laris manis ini dulunya cuma sebuah kios tenda sederhana milik Murniati Widjaja.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.