Rekomendasi Usaha Franchise Terlaris yang Menggiurkan

0

Bisnis franchise atau waralaba memang memiliki banyak keuntungan bagi pebisnis pemula. Mengapa demikian, karena bisnis waralaba memudahkan pembeli franchise hanya tinggal menyediakan modal saja dan yang lainnya akan ditangani oleh pemilik franchise.

bisnis franchise terlaris
image source : 101red

Di Indonesia sendiri usaha franchise terlaris malah berasal dari dalam negeri, hal ini dikarenakan oleh modal awal franchise lokal memang tidak semahal dari franchise luar. Nah apakah jenis bisnis ini cocok untuk Anda? Dan apa usaha franchise yang laris di Indonesia? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Franchise

Pengertian franchise berasal dari bahasa Perancis yang artinya kebebasan, yang bahasa Indonesia adalah waralaba yang mana merupakan gabungan kata dari wara yang artinya lebih, dan laba artinya keuntungan.

Berdasarkan dari peraturan di Indonesia, franchise adalah persetujuan atas kerja sama oleh pihak yang memiliki merek dagang yang menyerahkan izin hak pemanfaatan dan atau hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha ke pihal lain dengan imbalan bteradasarkan kesepakatan yang ditetapkan dari awal.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, franchise adalah sebuah sistem disribusi jasa atau barang kepada pelanggan akhir dengan pewaralaba yang memberikan hak ke individu atau perusahaan dalam melaksanakan bisnis atau usaha dengan menggunakan merek dagang, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang sudah ditetapkan dalam jangka waktu dan area tertentu.

Ketentuan Franchise

Adapun beberapa ketentuan yang perlu ditaati dalam menjalankan bisnis franchise seperti:

  • Bisnis memiliki ciri khas usaha
  • Usaha memiliki keuntungan yang terbukti dan berpengalaman setidaknya 5 tahun dan juga memiliki kiat bisnis untuk mengatasi persoalan usaha.
  • Memiliki standar secara tertulis atas penawaran usaha baik barang maupun pelayanan jasa.
  • Usaha mudah untuk diaplikasikan dan diajarkan kepada pembeli franchise.
  • Ada dukungan berkesinambungan dan pembeli franchise seperti bimbingan operasional, pelatihan, dan promosi kepada pengelola franchise secara berkelanjutan.
  • Hak kekayaan intelektual yang telah terdaftar. Seperti merek dagang, hak cipta, hak paten, lisensi, dan rahasia dagang yang memiliki sertifikat dari instansi berwenang.

Keuntungan Dan Kerugian Franchise

Adapun keuntungan dan kerugian berbisnis franchise sebagai berikut:

Keuntungan berbisnis franchise:

  • Bersahabat dengan pebisnis pemula yang kurang berpengalaman dalam hal berbisnis, dengan franchise akan memberikan pelatihan untuk menjalankan sebuah bisnis.
  • Dapat membuka peluang bisnis yang luas bagi pemilik usaha kecil.
  • Peluang sukses berbisnis lebih tinggi ketimbang berbisnis dari nol.
  • Relatif membutuhkan modal yang kecil ketimbang membuat bisnis dari nol.
  • Memiliki bisnis dengan reputasi dan citra yang lebih terkenal dan mapan, manajemen dan praktis kerja yang lebih terbukti, dukungan dari mitra franchise secara terus menerus.

Kerugian berbisnis franchise:

  • Pembeli franchise wajib menaati perjanjian secara hukum ataupun tata kelola finansial.
  • Terkesan mendikte dan mengatur semua langkah yang Anda lakukan dalam berbisnis sehingga kecil ruang dalam berkreativitas dalam berbisnis.
  • Pemilik merek dagang memberikan batasan-batasan tentang dimana dan tidak bolehnya produk untuk dijual, jenis produk apa yang boleh dijual, dan wajib menggunakan suplier yang dipilih pemilik franchise.
  • Reputasi usaha akan terpengaruh oleh reputasi franchise lain menurut performa dan kinerjanya.
  • Membeli franchise maka wajib membagi keuntungan dengan penjual franchise Anda.

Franchise Terkenal Di Indonesia

Franchise yang bagus apa ya? Pertanyaan ini sering terlontar bagi pebisnis pemula yang ingin memulai membeli bisnis franchise. Franchise terlaris ini bermacam-macam mulai dari barang, jasa, hingga campuran barang dan jasa bisa Anda pilih sesuai dengan passion  dan modal yang Anda miliki.

Macam Macam Franchise Makanan

Berbicara tentang usaha franchise terlaris tentu berkaitan dengan franchise makanan. Sudah tidak asing lagi bahwa ada makanan adalah produk yang paling laris di Indonesia. Nah berikut ini adalah beberapa macam franchise makanan yang bisa dijadikan acuan:

  • Franchise fried chicken atau ayam goreng

Franchise fried chicken merupakan waralaba yang paling laris dalam kategori franchise makanan terlaris di Indonesia. Ayam goreng berbalut tepung krispi ini memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak hingga orang tua. Maka tak heran jika fried chicken ini menjadi makanan terlaris di Indonesia.

  • Franchise Burger

Walaupun bukan makanan asli dari Indonesia, burger ini termasuk makanan yang cocok dilidah orang Indonesia. Franchise burger ini cukup tinggi peminatnya sehingga bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih franchise makanan. 

  • Franchise Kebab

Makanan khas timur tengah ini, kebab juga cukup menjadi franchise dengan prospek yang bagus di Indonesia. Masyarakat Indonesia juga sudah terbiasa dengan cita rasa rempah timur tengah yang menjadikan kebab ini cocok untuk dijadikan franchise.

  • Franchise Martabak

Martabak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak penggemarnya. Ada beberapa pemain bisnis baru maupun lama yang memulai bisnis franchise martabak dengan prospek bisnis yang baik. Maka dari itu martabak ini bisa dijadikan franchise pilihan terbaik untuk pebisnis pemula.

Gabung Franchise

Bagaimana cara bergabung dengan franchise yang sudah dipilih? Adapun beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum bergabung dengan franchise antara lain:

  • Pilihlah usaha franchise yang terpercaya

Hal yang pertama perlu Anda ketahui adalah teliti dalam memilih usaha franchise. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui misalnya reputasi merek yang terpercaya.

  • Siapkan modal sesuai kemampuan

Perhitungkan modal dan biaya operasional dalam menjalankan usaha. Yang mana Anda tidak hanya mempersiapkan modal awal tetapi juga biaya operasional juga.

Anda perlu menghitung berapa biaya listrik, air, sewa tempat, upah karyawan, dan biaya untuk promosi. 

  • Teliti dalam syarat dan ketentuan 

Sebelum memutuskan dalam menyetujui kontrak waralaba maka sebaiknya Anda memahami syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Adapun beberapa point yang perlu diperhatikan seperti pembagian hasil atau royalti serta jangka waktu kerja sama.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.