Melihat Bisnis Franchise Terbaru di Indonesia

0

Peluang dalam bisnis franchise memang sangat menguntungkan. Banyak yang ingin membuka sebuah usaha terkadang terpikirkan untuk menguikuti kemitraan saja karena terbilang branding yang sudah ada bagus tinggal meneruskan saja dan berinovasi. Hal ini membuat franchise adalah salah satu solusi bisnis yang cocok untuk pemula.

bisnis franchise terbaru
image source : lifepal

Menilik peluang sebuah franchise memang memiliki potentis untuk bisa mendapatkan kesusksesan, namun bagaimana cara memilih atau bermitra dengan franchise yang bagus agar mendapatkan keuntungan? Tidak ada salahnya untuk melihat bisnis franchise terbaru di Indonesia seperti yang akan dibahas di artikel ini.

Franchise Itu Apa

Franchise atau lebih dikenal dengan franchise adalah bisnis di mana pemilik bisnis mapan yang dikenal sebagai “pemberi franchise” menjual hak untuk menggunakan nama perusahaan, merek dagang, dan model bisnis mereka kepada operator independen, yang disebut “penerima franchise”.

Ini biasanya sebagai imbalan atas biaya franchise sekali saja, ditambah persentase pendapatan penjualan dan biaya lainnya yang berkelanjutan.

Lisensi bisnis lain untuk menjual produk dan layanan memungkinkan perusahaan untuk berkembang dengan cepat tanpa risiko pengeluaran modal yang besar.

Untuk individu, franchise menawarkan cara yang bagus untuk mulai menjalankan bisnis Anda sendiri tanpa harus memulai dari awal.

Strategi Franchise

Memulai sebuah franchise adalah hal yang rumit, terkadang ada yang harus dipikirkan dengan matang. Karena pada dasarnya franchise bisa mahal.

Anda tidak hanya harus membayar biaya pembelian di muka, ada biaya dan royalti yang sedang berlangsung, yang dapat membatasi jumlah keuntungan yang dapat Anda hasilkan dalam jangka panjang.

Juga perjanjian franchise bisa sangat membatasi dan mendikte bagaimana bisnis harus dijalankan termasuk di mana dan bagaimana Anda beroperasi, produk yang Anda jual dan pemasok yang Anda gunakan. Dengan demikian, hanya ada sedikit ruang untuk kontrol kreatif, sehingga jenis bisnis ini mungkin tidak sesuai dengan jenis wirausaha.

Dalam kebanyakan kasus, Anda akan menjadi bagian dari jaringan franchise, jadi ambil risiko bahwa apa pun yang dilakukan franchise lain untuk merusak merek dapat berdampak buruk pada bisnis Anda juga.

Perjanjian franchise berjalan untuk jangka waktu tertentu dan pemilik franchise tidak perlu memperbarui perjanjian di akhir jangka waktu dan mungkin ada batasan dalam hal menjual bisnis Anda. 

Macam-macam Franchise

Sebuah franchise tidak hanya yang Anda dengar atau Anda kira, misalkan banyak franchise yang bergerak dalam bidang makanan seperti KFC, CFC, Geprek Bensu, Kopi Janji Jiwa, ternyata terdapat beberapa macam franchise.

Franchise Produk

Franchise produk yaitu sebuah franchise yang memberi lisensi pada mitranya untuk menyalurkan produk yang ia produksi berupa produk lahiriah.

Franchise Jasa

Franchise Jasa yaitu sebuah franchise yang memberi lisensi pada mitranya untuk menyalurkan produk yang ia produksi berupa produk jasa.

Franchise Campuran

Franchise Jasa yaitu sebuah franchise yang memberi lisensi pada mitranya untuk menyalurkan produk yang ia produksi berupa produk jasa dan produk fisik.

Franchise Menguntungkan

Bisa dibilang jika banyak yang bertanya tentang apakah bisnis franchise menguntungkan, jawabannya adalah tergantung bagaimana Anda memilih mana franchise yang Anda pilih. Namun, persoalannya bukan tentang besar tidaknya namanya, tapi juga terkadang adalah bagaimana Anda berinovasi dan memilih strategi marketing yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan.

Memilih bisnis franchise terbaru, bisa dikata ini adalah salah satu cara yang bagus agar Anda mendapatkan keuntungan. Selain itu, masih ada banyak lagi dalam memulai bisnis franchise.

Memulai Bisnis Franchise

Peluang bisnis dari franchise memang menunjukkan profit yang bagus, namun ada beberapa step atau tahapan sebelum Anda memulai bisnis franchise.

Memulainya bisa mempertimbangkan 8 hal, antara lain adalah:

  1. Riset franchise
  2. Evaluasi peluang
  3. Evaluasi biaya
  4. Draf rencana bisnis
  5. Dapatkan perjanjian lisensi franchise
  6. Bentuk badan usaha
  7. Pilih tempat atau ruang bisnis pertama Anda
  8. Pekerjakan karyawan yang terlatih dan tekun

Franchise yang Lagi Hits

Mem,ilih franchise adalah salah satu yang diperhatikan agar Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan nyaman dan memperoleh kesuksesan seperti yang Anda ekspektasikan. Lakukan riset lebih dalam tentang setiap franchise yang menjadi pilihan Anda, evaluasi semua dan pilih yang terbaik dan paling cocok untuk Anda.

Jika Anda masih bingung, berikut ini ada beberapa franchise yang lagi hits yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Kkuldak
  2. KFC
  3. Apotek K24
  4. Teh Thailand Khun
  5. Indomaret
  6. Kedai Kopi KULO
  7. Kebab Baba 
  8. J&T Express
  9. Kopi Janji Jiwa
  10. Kedai Super Sambal (SS)

Itu bisa menjadi pilihan yang bagus sebagai peluang bisnis franchise. Yang penting, Anda tekun dan berinovasi untuk bisnis franchise Anda dalam segi marketing.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.