Buddha Gautama

0
Buddha Gautama
Ilustrasi-Siddharth-buddha-Gautama

– The mind is everything. What you think you become –

Buddha Gautama dilahirkan dengan nama Siddhārtha Gautama. Dalam bahasa sanskerta, Siddhattha Gotama yang artinya adalah keturunan Gotama yang tujuannya tercapai. Dia kemudian menjadi Buddha secara harfiah setelah mencapai penerangan Sempurna. Dia juga dikenal sebagai Shakyamuni atau orang bijak dari kaum Sakya dan sebagai Tathagata.

Siddhartha Gautama adalah guru spiritual dari wilayah timur laut India yang juga merupakan pendiri Agama Buddha. Ia secara mendasar dianggap oleh pemeluk Agama Buddha sebagai Buddha Agung (Sammāsambuddha) pada masa sekarang.

Waktu kelahiran dan kematian Buddha Gautama tidaklah pasti: sebagian besar sejarawan dari awal abad ke 20 memperkirakan kehidupannya antara tahun 563 SM sampai 483 SM; baru-baru ini, pada suatu simposium para ahli akan masalah ini, sebagian besar dari ilmuwan yang menjelaskan pendapat memperkirakan tanggal berkisar antara 20 tahun antara tahun 400 SM untuk waktu meninggal dunianya.

Ayah dari Pangeran Siddhartha Gautama adalah Sri Baginda Raja Suddhodana dari Suku Sakya dan ibunya adalah Ratu Mahamaya Dewi. Ibunda Pangeran Siddharta Gautama meninggal dunia tujuh hari setelah melahirkan Pangeran. Setelah meninggal, beliau terlahir di alam/ surga Tusita, yaitu alam surga luhur.

Sejak meninggalnya Ratu Mahamaya Dewi, Pangeran Siddharta Buddha Gautama dirawat oleh Ratu Maha Pajapati, bibinya yang juga menjadi isteri Raja Suddhodana.

Pangeran Siddharta dilahirkan pada tahun 563 SM di Taman Lumbini, saat Ratu Maha Maya berdiri memegang dahan pohon sala. Pada saat ia lahir, dua arus kecil jatuh dari langit, yang satu dingin sedangkan yang lainnya hangat.

Arus tersebut membasuh tubuh Siddhartha. Siddhartha lahir dalam keadaan bersih tanpa noda, berdiri tegak dan langsung dapat melangkah ke arah utara, dan tempat yang dipijakinya ditumbuhi bunga teratai.

Oleh para pertapa di bawah pimpinan Asita Kaladewala, diramalkan bahwa Pangeran Buddha Gautama

kelak akan menjadi seorang Chakrawartin (Maharaja Dunia) atau akan menjadi seorang Buddha. Hanya pertapa Kondanna yang dengan tegas meramalkan bahwa Pangeran kelak akan menjadi Buddha.

Buddha Gautama
Ilustrasi-Epic-Buddha-Gautama

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.