Hanya Dengan 1 Mesin Cuci Bisa Buka Usaha Laundry, Seperti Ini Caranya

0
Usaha Laundry
Image: home.bt.com

Usaha LaundryMencuci pakaian kotor sudah menjadi aktivitas rutin yang dilakukan setiap pekan, namun tidak semua orang melakukannya karena tidak memiliki banyak waktu. Sebagai solusinya, mereka yang malas ataupun tidak mempunyai waktu untuk mencuci menggunakan jasa laundry untuk membersihkan pakaiannya.

Dengan adanya jasa laundry kita tidak perlu repot-repot mencuci, dengan jasa laundry pakaian kotor bisa diatasi, hemat waktu dan tenaga. Biayanya pun relatif murah sehingga jasa ini banyak digunakan.

Dari kondisi di atas, ada kemungkinan usaha laudry ini akan berkembang dengan pesat. Bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis, usaha laundry ini bisa menjadi solusi.  Modal awal untuk membuka usaha laundry tidak terlalu besar. Hanya dengan satu mesin cuci maka usaha laundri sudah bisa berjalan. Agar usaha ini semakin berkembang, lokasinya harus strategis seperti perumahan penduduk, kampus atau kost-kostan.

Agar usaha laundry dapat berjalan dengan baik. Berikut ini sejumlah hal yang mesti diperhatikan sebelum membuka usaha laundry.

Tempat atau Lokasi

Dalam hal tempat, usaha ini bisa dijalankan di rumah Anda sendiri. Namun ada baiknya pilihlah tempat yang strategis dan ramai dengan penduduk yang mempunyai kesibukan dan aktivitas yang padat, seperti di kompleks mahasiswa, apartemen, ataupun kompleks pekerja. Kemungkinan besar banyak yang malas mencuci pakaiannya sendiri.

Mesin Laundry dan Pengering

Dalam memulai usaha laundry, pastinya Anda perlu membeli mesin cuci guna mendukung usaha laundry. Jangan terburu-buru untuk membeli mesin dalam jumlah banyak. Lebih baik beli satu mesin dahulu, dan satu mesin pengering supaya tidak boros dan uangnya bisa untuk membeli kebutuhan lain seperti setrika dan rak.

Seiring berjalannya waktu jumlah pelanggan tentu akan bertambah. Barulah Anda membeli mesin sebagai tambahan untuk melancarkan usaha. Untuk pembelian mesin, belilah mesin cuci dengan harga terjangkau namun berkualitas tinggi.

Karyawan

Dalam bisnis laundry, tentu memerlukan karyawan untuk memudahkan usaha. Dalam hal karyawan ini, sebaiknya pilihlah saudara atau istri Anda. Berdiskusilah dengannya bahwa anda akan membuka usaha laundry. Apabila usaha sudah berkembang dan ramai, barulah merekrut karyawan.

Bingung memulai usaha sampingan ?

Konsultasikan gratis bersama Ralali.com, masukkan email anda di bawah, kami akan memberikan solusi secara personal peluang usaha apa yang cocok dengan Anda.

Selamat mencoba!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.