#BusinessStory : Bisnis Modal Nol Persen? Chalondra Project Siap Memberikan Rahasia Suksesnya

0

chalondra project ralali business story

Chalondra Project

Ralali Business Story

 

Halo! Kami ingin tahu, siapa Anda dan bisnis yang Anda jalankan?

Hai, saya Annisa Harfadini Ariesta, CEO Chalondra Project.

Chalondra Project adalah sebuah bisnis Party Planner, berpusat di Cilandak, Jakarta Selatan. Jenis dekorasi yang ditawarkan beragam mulai dari untuk acara ulang tahun, bridal shower, baby shower, graduation party, gathering, aqiqah, dekorasi acara, photo back drop, engagement, dan wedding.

Berbeda dari kompetitor, kami menggunakan fresh flower untuk display bunga di meja atau photobooth. Kami juga menggunakan sistem open budget; jadi apabila customer merasa keberatan dengan nominal harga, kami menawarkan jasa dekorasi sesuai dengan budget yang mereka punya.

Karena kami ingin memberikan yang terbaik dan memberikan kebahagiaan terhadap semua orang tanpa mengeluarkan uang banyak tetapi memberikan kualitas yang baik dan desain yang cantik.

Ngomong-ngomong, saya mengawali bisnis ini tanpa mengeluarkan modal sepeser pun.

Apa yang menginspirasi Anda dalam menciptakan Chalondra Project?

Chalondra Project dibentuk saya bersama teman saya, Elyna, sejak Agustus 2016. Nama “Chalondra” diambil dari bahasa negeri Afrika yang berarti perempuan cerdas dan pintar. Saya harap tim Chalondra bisa menjadi kriteria yang cocok dengan arti nama tersebut, terutama dalam berkarya untuk menghasilkan sebuah hasil yang berkesan di mata customer.

Cerita awalnya, saya diajak dengan teman saya, Elyna, untuk membantu dekorasi acara bridal shower untuk temannya. Awalnya hanya berniat untuk membantu, setelah saya melihat hasil dekorasi saya, kok saya merasa hasil yang saya buat lumayan bagus, padahal sebelumnya saya tidak pernah terjun di dunia dekorasi. Hasil dekorasi saya juga mendapat pujian dari beberapa teman, hal ini membuat saya jadi percaya diri dan tertarik.

Setelah itu, saya mulai menunjukkan minat di dunia dekorasi. Saya mulai mencari-cari tahu soal apa sih party planner itu? Apa saja yang harus disiapkan?

Saya juga mencari tahu kondisi pasar party planner itu seperti apa, mengecek peminat dan situasi pasarnya saat itu. Dan ternyata, di akhir tahun 2016, bisnis party planner memang sedang booming yang menawarkan jasa dekorasi penataan meja untuk acara.

Finally, saya tertarik untuk terjun dan mengajak teman saya untuk membentuk Chalondra Project!

 

Bagaimana proses memulai dan peluncuran Chalondra Project?

Kalau tadi saya sudah membahas apa yang menginspirasi saya memulai, dan akhirnya saya memulai, maka kali ini saya ingin menceritakan sedikit prosesnya.

Waktu itu, saya sempat ragu untuk menjalankan bisnis ini. Saya hanya lulusan dari jurusan bidang kesehatan dan saya tidak memiliki pengalaman sama sekali di bidang dekorasi. Tapi hal itu tidak membuat saya menyerah. Saya banyak belajar dari berbagai referensi agar saya bisa terjun di dunia dekorasi.

Alhasil saya mengajak teman saya, Elyna, dia adalah seorang Design Grafis. Saya pikir dia adalah partner yang cocok untuk memulai bisnis ini karena saya butuh seseorang yang bisa mendesain.

Saya juga membuat anggaran dana untuk menghitung secara rinci pengeluaran dan pendapatan yang akan didapat. Setelah itu baru kami membuat logo untuk dipublikasikan di media sosial, instagram.

Menjalankan sebuah bisnis yang pertama memang harus memiliki modal untuk menjalankannya, tetapi saya mengawali bisnis ini dengan tidak mengeluarkan modal sepeser pun. Saya hanya bermodalkan dengan peralatan-peralatan yang ada di rumah seperti kain, vas bunga, frame foto. Dan awalnya hanya dengan mengandalkan uang DP atau down payment dari customer untuk mencetak printables yang dibutuhkan pada acara tersebut.

Setelah itu kami membuat promosi dengan berbagai macam cara, dari mulut ke mulut, dari media sosial pribadi. Kami juga menawarkan jasa dekorasi dengan harga yang sangat murah tujuannya agar teman-teman di sekitar tahu kalau kami memiliki bisnis jasa dekorasi.

 

Apa saja tantangan dalam menjalani atau mengembangkan Chalondra Project?

Tantangan kami dalam membangun bisnis adalah portofolio untuk customer.

Kami tak bisa menjual atau memasarkan jasa dekorasi kami tanpa adanya portfolio, karena portfolio ini penting sebagai bahan pertimbangan yang akan membuat calon klien yakin untuk memilih menggunakan jasa kami. Dan pada akhirnya kami memutuskan portofolio pertama adalah hasil dekorasi yang kami buat pertama kali untuk acara bridal shower teman saya.

Berjalannya waktu 2-3 bulan kami sudah memulai kewalahan karena meningkatnya permintaan orang-orang yang tertarik dengan jasa dekorasi kami. Karena kami berdua (saya dan Elyna) juga bekerja, sehingga memiliki waktu luang yang tidak banyak, pada akhirnya saya mengajak adik perempuan saya dan teman-teman saya untuk bergabung.

 

Siapa target pasar Anda? Dan bagaimana cara Anda menarik perhatian customer Anda?

Sasaran target kami adalah semua usia, semua gender dan semua kalangan. Karena hampir semua orang menyukai pesta dan membutuhkan jasa dekorasi.

Cara kami menarik minat customer adalah memberikan harga murah tetapi kami mampu memberikan sesuatu yang meriah, bagus, dan worth it untuk customer. Kami juga membuat harga promosi untuk event-event seperti Valentine’s Day, Ramadhan, Natal, New Year, dan lain-lain.

 

Bagaimana harapan dan rencana bisnis Anda?

Ke depannya, rencana kami ingin selalu terus meningkatkan skill kami di dekorasi table setting, photobooth, dan lainnya yang sejenis. Kami juga sudah mulai menawarkan jasa fotografer, videografer, dan akan merambah ke dunia florist dan wedding organizer. Motivasi Chalondra adalah :

  • Happiness & Love : kami bangga hasil karya kami digunakan oleh banyak orang dan ingin memberikan kebahagiaan kepada semua orang
  • Kreatifitas, Inovasi & Edukasi : kami tidak hanya menginginkan dari segi financial tetapi kami juga ingin mengambil dari pembelajarannyasehingga kami tidak pernah berhenti untuk selalu belajar belajar dan belajar
  • Membership : kekeluargaan, kebersamaan, dan mimpi-mimpi setiap team yang selalu ingin memberikan lebih dan lebih lagi.

Dan kami memiliki tujuan agar kami selalu bisa memberikan yang terbaik dan kepuasan terhadap customer kami. Dan sampai saat ini, masih banyak repeat order dari customer.

Saran atau nasihat yang ingin Anda sampaikan untuk rekan yang baru ingin atau baru saja memulai bisnis?

Saran untuk teman-teman yang ingin atau baru saja memulai usaha; Jangan pernah ragu untuk memulai sesuatu, apabila kita memiliki keinginan, kemauan untuk belajar dan berkembang segala sesuatu pasti bisa kita jalani dengan baik, jangan pernah puas dengan hasil yang sudah didapatkan, teruslah belajar agar bisa lebih berkembang ke depannya.

“You dream it, we create it, they remember it” — Chalondra Project

chalondra project ralali business story

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.