#BusinessStory : Jasa Membuat ‘Kenangan’, Royal Bleu Creation Raup Omzet 100 Juta! Tertarik?

Ralali Business Story: Royal Bleu Creation

0

Royal Bleu Creation

Ralali Business Story

 

Halo! Kami ingin tahu, siapa Anda dan bisnis yang Anda jalankan?

Halo, saya Ellen Irawan, pemilik Royal Bleu Creation.

Royal Bleu Creation adalah bisnis dekorasi acara dan pesta. Kami juga merangkai dekorasi booth dan rangkaian bunga. Saya memulai bisnis ini dengan tujuan menciptakan suasana yang indah dan bisa dikenang. Bisa dibilang saya ingin membuat kenangan menyenangkan untuk para klien. Kesuksesan hasil kerja saya ukur lewat senyum klien.

Nama Royal Bleu terinspirasi dari warna favorit saya, royal blue. Bleu berarti biru dalam bahasa Prancis. Warna biru merepresentasikan kepercayaan. Sama seperti harapan bahwa saya ingin dilihat klien sebagai mitra yang dapat dipercaya.

Saya menggunakan kata creation (kreasi) untuk memberi makna bahwa hasil kerja saya adalah art (karya), bukan sekedar decoration (dekorasi). Semua karya saya rancang dengan sedemikian rupa dan dibuat dengan penuh semangat.

Dari tahun 2016 bisnis ini didirikan, omset bulanan telah mencapai 100 juta rupiah.

 

Apa yang menginspirasi Anda dalam menciptakan Royal Bleu Creation?

Terima kasih berkat media sosial yang memiliki efek yang begitu besar pada bisnis dekorasi. Saya pribadi sangat suka bunga dan hal cantik lainnya. Dan ternyata bisnis ini bagus dan berpotensi untuk dikembangkan. Dekorasi sekarang dianggap penting di berbagai acara, karena dekorasi bisa menambah suasana spesial dan unik, dan tentunya membedakan momen spesial tersebut dibanding lainnya.

Ralali Business Story Royal Bleu Creation
Sumber Foto Ralali Business Story | Royal Bleu Creation
Bagaimana proses memulai dan peluncuran Royal Bleu Creation?

Banyak acara yang dirayakan orang sekarang ini, Bridal Shower, Baby Shower, Birthday, Anniversaries, Wedding, dan lain-lain. Maraknya acara-acara seperti ini membuat banyak properti dan dekorasi yang berbeda. Kalau membeli semuanya, tentunya akan makan banyak modal. Oleh karena itu, saya selalu memilih atau membuat properti yang sesuai dengan banyak acara, setelah itu baru properti acara yang paling banyak dipesan.

Tantangan menariknya adalah ketika saya tidak bisa menemukan properti yang saya butuhkan, saya harus kreatif untuk mencari subsitusinya, bahkan terkadang harus membuatnya sendiri. Semua standar dan kualitas dekorasi acara selalu diawasi oleh saya sendiri. Dan properti yang digunakan pun adalah hasil karya saya.

 

Apa saja tantangan dalam menjalani atau mengembangkan Royal Bleu Creation?

Tentunya akan selalu ada rintangan di semua bisnis. Di bidang dekorasi sendiri, saya merasa bahwa mencari pekerja yang cocok adalah tantangan terbesar. Sangat sulit untuk menemukan karyawan berkelakuan baik yang memiliki skill. Saya pribadi berpendapat bahwa, hal yang paling sulit ditangani adalah manusia. Entah itu karyawan, klien, atau vendor.

Tantangan kedua adalah waktu. Nyatanya di Surabaya masih banyak orang yang tidak memahami bahwa mendekor membutuhkan proses. Semakin besar acara yang ingin Anda selenggarakan, maka semakin besar pula waktu yang diperlukan untuk menyiapkan segalanya. Kecuali dengan garis bawah bahwa klien tidak akan memberikan ekspektasi tinggi, yang mana hal ini sangat jarang terjadi.

Tentunya menjadi tantangan sendiri bagi saya ketika harus bekerja cepat dan menghasilkan produk yang bagus dalam waktu bersamaan..

Siapa target pasar Anda? Dan bagaimana cara Anda menarik perhatian customer Anda?

Tidak ada tipe pelanggan tertentu yang kami cari. Klien kami bervariasi baik menurut jenis kelamin, usia maupun status sosial. Tentunya dalam menghadapi ragam jenis klien membuat kamu harus memiliki cara yang universal namun simpel. Maka dari itu untuk menarik perhatian target, kami bersedia untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan dan tetap update di platform media sosial kami seperti Instagram dan facebook. Kadang-kadang, kami juga memberikan promosi diskon dan melakukan kolaborasi dengan vendor lain.

Bagaimana harapan dan rencana bisnis Anda?

Saat ini kami dipercaya untuk acara berskala kecil (dekorasi meja dan latar belakang), jadi kami berencana untuk meningkatkannya ke acara dengan skala yang lebih tinggi dan lebih besar seperti dekorasi pernikahan.

Ralali Business Story Royal Bleu Creation
Sumber Foto Ralali Business Story | Royal Bleu Creation
Saran atau nasihat yang ingin Anda sampaikan untuk rekan yang baru ingin atau baru saja memulai bisnis?

Bersikaplah gigih, teruslah berjalan dan jangan mudah menyerah. Gunakan kreativitas Anda dalam memecahkan masalah.

Ralali Business Story Royal Bleu Creation

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.