Cara Baru Berbisnis Melalui Platform BIG Agent

0
Aplikasi BIG Agent
Aplikasi BIG Agent

Jakarta, 18 September 2019 –  Revolusi industri ditandai dengan perubahan dan inovasi di berbagai sektor. Industri 4.0, ditengarai dengan istilah digital ekonomi yang mana era otomatisasi seperti pertukaran data mencakup, internet of things, cognitive computing, dan cloud computing telah terjadi. Sederhananya, revolusi industri 4.0 menanamkan inovasi teknologi mutakhir yang mampu menghubungkan berbagai bidang kehidupan manusia. Kondisi ini telah memberikan dampak perubahan manusia termasuk pada sektor ekonomi, dunia kerja, hingga gaya hidup. 

Konsumen baik bisnis maupun individu mampu dengan cerdas memilih produk yang mereka butuhkan dengan melakukan penilaian dari sisi harga, kualitas hingga biaya-biaya tambahan yang dibebankan. Sebanyak 62% konsumen melakukan  pencarian kebutuhan produk secara online sebelum melakukan keputusan pembelian². Namun demikian baru sekitar 8% pelaku usaha (UMKM) menggunakan platform digital untuk membantu pemenuhan kebutuhan usaha mereka. Meskipun dengan persentase yang kecil dan belum sepenuhnya melek digital, UMKM mampu memberikan sumbangsih signifikan pada peningkatan PDB negara.

Data mencatat Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan e-commerce tertinggi di dunia sebesar 78% pada 2018¹. Hal ini jelas menjadi tantangan bagi pelaku bisnis dan prinsipal dalam memaksimalkan berbagai lini bisnis yang dimiliki melalui pemanfaatan inovasi teknologi pada era ekonomi digital. Fenomena yang terjadi di pasar adalah adanya disrupsi dari e-commerce model bisnis B2C dalam proses supply chain, dengan melakukan penjualan langsung ke end-customer. 

Teknologi dan digital eloknya bukan mendisrupsi melainkan memperluas pasar bisnis. Untuk itu Ralali.com sebagai B2B marketplace terbesar di Indonesia, hadir membantu para pelaku bisnis mengadopsi cara baru berbisnis dengan lebih efektif. Menghadirkan BIG Agent sebagai on-demand business platform dalam ekosistemnya, kini prinsipal dan pelaku bisnis dapat menyasar target konsumen dengan lebih cepat dan tepat. 

Dengan tiga jenis pekerjaan utama dari layanan BIG Agent yakni survei pasar, promosi dan akuisisi, BIG Agent memberikan definisi cara baru dalam melakukan bisnis dengan lebih efektif dan efisien, sehingga berdampak pada kemudahan usaha UMKM salah salah satu obyek sasaran konsumennya.

Pekerjaan sampingan
Pekerjaan sampingan jaman now

“Pada prinsipnya BIG Agent mengolaborasikan teknologi digital dan tenaga kerja dengan melakukan proses O2O (offline-to-online). Dari sisi pelaku bisnis atau prinsipal, BIG Agent mampu menjangkau pasar yang belum tersentuh dengan layanan pekerjaan survei, promosi dan akuisi secara offline yang tetap terintegrasi dengan platform BIG Agent. Sedangkan untuk pekerjaan akuisisi, barang usaha  dijual ke konsumen melalui platform Ralali.com. Ujungnya baik prinsipal maupun UMKM pun diuntungkan.” jelas Raditya Danu Wardhana, VP  Business Transformation Ralali.com

BIG Agent merupakan platform digital yang memberdayakan SDM unggul berkualitas dengan membantu pelaku UMKM menemukan produk kebutuhan bisnisnya sesuai preferensi kebutuhan usaha dan membantu prinsipal menyasar target konsumen hingga ke pelosok daerah yang sebelumnya sulit dijangkau oleh digital. BIG Agent memobilisasi masyarakat berbagai latar belakang dan umur untuk bekerja serta membantu UMKM melek digital. Pekerjaan yang ada di platform dapat dipilih sesuai preferensi sehingga sangat fleksibel dan memberikan kemandirian bagi agennya (disebut Sobat Agent).

“Data yang diterima itu realtime. Misalnya saat Sobat Agent melakukan survei langsung untuk segmen suatu produk, ini lebih efektif daripada harus menggunakan jasa riset lembaga pemasaran dengan biaya yang pastinya tidak sedikit. Dari sisi promosi, BIG Agent mempermudah produk prinsipal untuk dikenal  langsung ke konsumennya. Akuisisi pasar secara otomatis memberikan added value untuk prinsipal dalam menjangkau UMKM atau konsumen secara tepat sasaran. Juga mempermudah mereka dalam proses sourcing.” pungkas Danu. 

Sobat Agent (aplicant BIG Agent) melakukan kegiatan akuisi market seperti menjualkan produk kebutuhan usaha bengkel.
Sobat Agent (aplicant BIG Agent) melakukan kegiatan akuisi market seperti menjualkan produk kebutuhan usaha bengkel.

Dengan layanan yang ditawarkan BIG Agent, prinsipal dapat memangkas biaya, jarak dan waktu, serta menyebarluaskan bisnis dan produknya secara tepat sasaran juga bahkan bisa menjangkau pasar yang sebelumnya belum tergarap. Dengan itu tercipta pemerataan akses dan konektivitas bagi UMKM dan tentunya berdampak pada performa bisnis prinsipal. Fakta yang menarik, prinsipal hanya mengeluarkan biaya sesuai dengan performa pekerjaan dari layanan BIG Agent. Inilah gebrakan tentang cara baru melakukan bisnis, dengan cara baru melakukan sebuah pekerjaan yang dituangkan melalui inovasi teknologi berwujud platform.

¹ merchantmachine.co.uk

²Year in Search: 2018 Insights for Brands by Google 2018

³ McKinsey.com

TENTANG RALALI.COM

Ralali b2b marketplace
Ralali b2b marketplace

Didirikan pada tahun 2013 oleh Joseph Aditya, Ralali.com adalah online marketplace B2B (Business-to-Business) pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori produk bisnis. Tahun 2018 Ralali.com memperkenalkan Business Innovation Group (BIG), pasar segmentasi vertikal yang menggunakan BIG data untuk menyediakan solusi spesifik dalam pemenuhan kebutuhan usaha UMKM sesuai segmentasi usaha, mencakup usaha kuliner dan jasa makanan (BIG Resto), usaha perkantoran (BIG Office), usaha otomotif (BIG Auto), usaha bahan bangunan (BIG Home), usaha kebutuhan FMCG (BIG Mart), usaha retail (BIG Market) dan usaha jasa on-demand berbasis pekerjaan (BIG Agent).

Selama 6 tahun, Ralali.com melayani lebih dari 13.000 pemasok (sellers), memberdayakan hampir 1 juta UMKM dan menangani hampir 300.000 produk (SKU) di dalam platformnya, dengan setengah juta pengguna teregistrasi dan lebih dari 5 juta pengunjung bulanan. 

BIG Agent adalah on-demand platform dari Ralali.com yang memiliki misi untuk memberikan definisi cara baru berbisnis. BIG Agent membantu bisnis berkembang dengan memberdayakan dan menghubungkan jutaan pekerja berkualitas, sekaligus membantu masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan melalui berbagai jenis pekerjaan sesuai preferensi. Dengan 44 Mitra Agent (mitra bisnis lokal), saat ini terdapat 300.000 Sobat Agent (anggota) yang tersebar di 25 provinsi se-Indonesia.

BIG Agent membantu pengembangan usaha brand korporat maupun pelaku bisnis
BIG Agent membantu pengembangan usaha brand korporat maupun pelaku bisnis

KONTAK MEDIA:

Alsevera Popi Yolanda

Public Relations Executive Ralali.com

P: 085790568826

E: alsevera.popi@ralali.com

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar