Cara Kerja Alat Bantu Dengar

0
Alat bantu dengar
ilustrasi alat bantu dengar

Alat bantu dengar merupakan sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi untuk dapat membantu pendengaran bagi manusia, khususnya bagi yang mengalami penyakit gangguan pendengaran agar dapat membuat pendengarannya lebih baik serta bisa berkomunikasi lebih baik.

Cara kerja alat bantu dengar sendiri ialah dengan mengeraskan suara yang ada di area sekitar, sehingga dengan hasil suara yang keras tersebut bisa membantu telinga yang kurang pendengaran, fungsi dari alat pengerasan suara tersebut lebih difokuskan pada suara percakapan, oleh karenanya orang yang memiliki gangguan pendengaran bisa terbantu agar dapat meng-artikan suara dari percakapan pada lawan bicara.

Tehnologi terbaru dari sebuah alat bantu dengar sudah bisa mengenali suara percakapan. Sehingga suara yang telah dikeraskan hanya difokuskan pada suara percakapannya saja, sementara suara – suara lainnya selain dari percakapan akan diredam, untuk tidak menjadi sebuah Noise yang bisa mengganggu suara dari percakapan. Alat bantu dengar terbaru juga ada yang memiliki fungsi yang bisa digabungkan atau dihubungkan dengan perangkat lain, misal menghubungkan dengan perangkat telepon genggam, komputer, pesawat televisi, radio dan lain – lain dengan penambahan perangkat yang disediakan khusus.

Komponen – komponen utama dari Alat Bantu dengar yaitu seperti yang dijelaskan pada gambar dibawah ini :

komponen-pada-alat-bantu-dengar
komponen alat bantu dengar

 

Keterangan Gambar :

  • MIC atau Micropon Merupakan suatu komponen alat jenis transduser yang dapat mengubah energy – energi akustik atau gelombang suara menjadi sebuah sinyal listrik.
  • Amplifier memiliki fungsi agar memproses sinyal listrik atau gelombang suara yang dihasilkan oleh mic agar selanjutnya sinyal listrik atau gelombang suara dapat diperbesar kemudian selanjutnya sinyal yang selesai diperbesar akan diproses oleh Receiver.
  • Receiver sendiri memiliki fungis untuk dapat mengubah sinyal listrik atau gelombang suara menjadi sebuah suara yang sudah dikeraskan. Receiver tersebut bisa di analogikan seperti halnya speaker.
  • Baterai memiliki fungsi untuk bisa mengalirkan energi listrik agar dapat menjalankan komponen komponen diatas, yaitu Mic, Amplifier serta Receiver. Baca : Cara Menggunakan Alat Bantu Dengar Agar Hasilnya Maksimal

Sistem kerja alat bantu dengar yaitu dengan mengandalkan energy dari Baterai yang berkerja sebagai sebuah power supply. Apabila dipakai selama 8 jam perhari, satu baterai bisa bertahan kurang lebih sampai dengan 2 minggu. Sistem kerja dari alat bantu dengar yaitu berawal ketika ada sebuah suara, misalkan ada suara lonceng berbunyi maka oleh komponen MIC akan menangkap suara itu kemudian akan di proses dengan mengubah energi akustik atau gelombang suara menjadi sebuah sinyal listrik, yang kemudian akan dilanjutkan prosesnya oleh Amplifier kemudian diamplifier tersebut akan memproses sinyal listrik atau gelombang suara yang telah dihasilkan dari Mic untuk selanjutnya kemudian sinyal listrik atau gelombang suara akan diperbesar kemudian selanjutnya sinyal yang telah di perbesar tersebut akan diproses oleh receiver. Kemudian di dalam receiver sinyal listrik gelombang suara itu oleh receiver dirubah menjadi suara akustik yang telah diperbesar oleh receiver ini bisa di analogikan seperti Speaker, jadi suara yang telah di dengar akan sama persis dengan sumber bunyi, serta suara tersebut tentunya telah di perbesar karena proses Amplifikasi Alat bantu dengar.

Sekarang ini banyak sekali merk alat bantu dengar yang beredar, seperti halnya alat bantu dengar siemens, hermed, axva dan lain – lain. oleh karenanya banyak sekali jenis – jenis dari alat bantu dengar dan tentunya harga alat bantu dengar yang beredar dipasaran juga sangat lah beragam tergantung dari jenis, merk dan toko tempat jual alat bantu dengar tersebut.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.