Memahami Cara Kerja Franchise dalam Bisnis

0

Franchise adalah salah satu bisnis yang memang menjanjikan. Bagaimana tidak, banyak sekali yang memulai bisnis franchise yang memang terbukti bisa berjalan dengan lancar dan juga mengambil banyak sekali keuntungan. Memang, jika dilihat, bisnis franchise memang sangat cocok untuk para pemula. Namun, yang perlu diperhatikan memang sangat banyak. Jangan sampai hanya tergiur soal keuntungan dan kemudahannya saja.

cara kerja franchise
source: startupdonut

Dalam dunia franchise, Anda akan dihadapi dengan pertanyaan dalam diri Anda sendiri, yaitu bagaimana cara kerja dalam melakukan kerjasama mendirikan usaha franchise. Bagaimana cara kerja franchise? Mari kita cari tahu!

Apa Keuntungan dan Kelemahan Menjalankan Bisnis Franchise

sebelum kita mempelajari cara kerja franchise, mari bahas terlebih dahulu apa saja yang menjadi keuntungan dan kelemahan dalam menjalankan bisnis franchise ini. Ini perlu Anda ketahui karena tidak semua bisnis memiliki keuntungan yang lebih, tentu saja ada kelemahannya termasuk dalam dunia bisnis franchise ini.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kelemahan yang akan Anda hadapi dalam menjalankan bisnis franchise.

Keuntungan Bisnis Franchise

  • Tidak diperlukan pengalaman industri sebelumnya, jadi ini bagus untuk eksplorasi karir jika Anda tidak yakin.
  • Kesadaran merek sudah ada untuk bisnis, membuatnya lebih mudah untuk menarik calon konsumen dan menghasilkan keuntungan.
  • Anda membeli merk mapan dengan operasi, sistem, dan proses untuk membantu Anda sukses.
  • Banyak kesempatan untuk membeli beberapa lokasi franchise dan memperluas operasi Anda.
  • Pemberi franchise atau pemilik dari franchise akan memberikan dukungan dan bimbingan langsung.
  • Risiko lebih rendah daripada memulai bisnis dari awal.

Kelemahan Bisnis Franchise

  • Anda pemilik franchise yang Anda beli dan bos adalah Anda, tetapi kreativitas dan kemandirian terbatas karena Anda harus mematuhi aturan dan peraturan franchise.
  • Investasi awal bisa tinggi, dan beberapa perusahaan memerlukan pembayaran dengan uang yang tidak dipinjamkan.
  • Biaya bisa bertambah jika Anda diharuskan membayar sewa, royalti, biaya layanan, dll. Jika Anda tidak memiliki akses permodalan, ini bisa menjadi beban.
  • Semua informasi keuangan dibagikan dengan dan tersedia untuk pemilik franchise.
  • Tidak semua pemilik franchise memberikan tingkat dukungan langsung yang sama. Jika Anda tidak memiliki pengalaman bisnis apa pun, itu bisa menjadi tantangan.

Dasar Hukum Franchise

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya dalam kelemahan dari bisnis franchise, cara kerja franchise memang harus ada dan ditulis dalam persetujuan. Apakah Anda tahu jika bisnis franchise ini ada hukum perundang-undangannya?

Secara legalitas, dasar hokum dari franchise diatur dalam dua peraturan pemerintah, yaitu :

  1. Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007 tentang Waralaba;
  3. Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba.

Contoh Bisnis Franchise

Bisnis franchise dengan segala cara kerjan franchise memang terbilang harus ipahami secara menyeluruh agar tiak terjadi yang namanya gagal dalam bisnis Anda. Memahami cara kerja franchise memang tidak mudah, tapi jika melirik beberapa contoh bisnis franchise yang terkenal memang cukup menggiurkan keuntungannya.

Contoh franchise tersebut diantaranya adalah:

  1. Pizza Hut
  2. McDonald
  3. Indomaret
  4. Alfamart
  5. KFC
  6. JNE Express
  7. Sabana Fried Chicken
  8. Superindo
  9. Warunk Upnormal
  10. OTI Fried Chicken

Bisnis Franchise yang Menjanjikan

Bisnis franchise memang sangat menjanjikan. Tentunya ini adalah hal yang bukan rahasia lagi jika memilih franchise untuk bisnis memang cara yang paling tepat dan bisa dibilang instant untuk bisa balik modal dan juga mendapatkan keuntungan. Namun, ini juga tak terlepas dari bagaimana Anda memilih franchisenya.

Tidak semua franchise cocok untuk Anda, baik itu passion atau hal lain yang bersifat pribadi. Ada juga franchise yang tidak cocok misalnya market yang tidak sesuai dengan daerah Anda, dan yang lainnya.

Franchise yang Lagi Viral

Jika memikirkan franchise yang lagi viral, mungkin yang paling berpengaruh adalah yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman. Tentunya bagaimana lagi, ini adalah bisnis yang memang menjadi kebutuhan banyak orang karena bersifat kebutuhan primer. Dengan inovasi dan sentuhan beberapa marketing yang sesuai dengan anak muda, franchise ini jadi bisa viral.

Apa saja franchise itu?

OTI Fried Chicken

OTI Fried Chicken bisa dikatakan adalah franchise yang sedang viral dan banyak yang membelinya. Jadi, sekarang bukan hanya kota-kota besar saja yang terdapat OTI Fried Chicken, bahkan di beberapa kabupaten terdapat OTI Fried Chicken dan terbukti laris. Ini tak heran karena rasa dari ayam krispi OTI rasanya hampir seperti McDonald, an harga tentu saja lebih murah.

Ngikan Yuk

Walaupun tergolong baru, franchise makanan terlaris besutan Rachel Vennya ini langsung viral dan banyak dicari orang. Sebelumnya selebgram ini memang sudah berhasil dengan bisnis sate taichan goreng yang membuat pembeli rela antre berjam-jam. Tidak heran jikalau franchise Ngikan Yuk juga banyak diminati oleh para pengusaha.

Kebab Baba Rafi

Franchise makanan terlaris yang satu ini sudah familiar banget. Anda pun pasti pernah memandang gerobak yang bertuliskan Kebab Baba Rafi ketika sedang di jalan. Kebab Baba Rafi bisa dibilang termasuk salah satu franchise makanan terlaris yang berhasil besar dan paling lama bertahan.

Shizuka Takoyaki

Bisa dibilang ini adalah franchise yang sedang viral namun dengan biaya yang murah yang cocok untuk pemula. Franchise murah untuk pemula ini akan memberikan Anda beragam alat pendukung seperti x-banner, booth portable, kompor gas, regulator dan selang gas, alat untuk memasak takoyaki serta bahan bakunya.

Franchise Rekomendasi

Franchise rekomendasi? Sepertinya ini adalah pertanyaan yang masih sulit untuk dijawab. Karena membuka bisnis atau usaha memang sesuaikandengan passion agar bisa berjalan dengan lancar dan dapat berinovasi, namun jika melihat dari segi keuntungan, mungkin beberapa franchise ini adalah rekomendasinya yang paling tepat.

JNE Express

Ini adalah salah satu franchise yang bergerak dalam bidang logistic. Bisnis ini memang menjadi rekomendasi mengingat belanja online memang sangat gencar sekarang ini dan ekpspedisi pengiriman seperti JNE masih menjadi favorit banyak orang.

Galaxy Pertamini

Anda berminat membuat bisnis SPBU namun dengan modal yang kecil? Galaxy Pertamini bisa menjadi pilihan yang sangat bagus. 

Pada dasarnya, bisnis ini hampir sama dengan kios bensin eceran, namun yang membedakan adalah ketersediaan booth serta peralatan pengisian selayaknya SPBU.

Tahu Gila

Keunikan franchise makanan tahu ini yaitu kecakapannya membuat tahu menjadi makanan yang istimewa di kalangan anak muda. Dengan harga yang terjangkau untuk memulai bisnisnya, kenapa tidak?

Holdak Indo

Holdak adalah salah satu franchise besar di Indonesia. Holdak adalah waralaba dari PT Holdak Anugerah Citarasa yang menyampaikan berbagai kuliner Korea, terlebih makanan yang berasal dari asalnya yaitu Busan, Korea.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.