promo hari ini

Seperti Ini Cara Memasang Instalasi Listrik Satu Stop kontak, 2 Saklar, dan 2 Lampu

0
Cara Memasang Instalasi Listrik Satu Stop kontak, 2 Saklar, dan 2 Lampu
Image: doska-perm.ru

Fungsi dari rangkaian jenis ini ialah jika kita ingin mengontrol dua buah lampu pada ruangan yang berbeda namun pada setiap lampunya memakai saklar yang terpisah dan posisi stop kontak berdekatan dengan saklar tersebut.

Baca: Cara Mudah Memperbaiki Saklar Listrik Terpasang di Tembok

Stop kontak sendiri merupakan sebuah alat pemutus sewaktu terjadi kontak antara arus positif, arus negatif dan grounding pada instalasi listrik.

Komponen yang paling utama dalam rangkaian ini ialah saklar dan stop kontak. Kita bisa memilih penyambungan dengan model yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, misalnya model yang terintegrasi dalam satu kontak yang terdiri dari 2 buah saklar serta satu stop kontak atau model yang terpisah.

Apapun itu modelnya, pemasangan instalasinya tetaplah sama. Berikut ini cara memasang instalasi untuk satu stop kontak. Peralatan yang dibutuhkan dalam rangkaian ini ialah Obeng (Plus dan Minus), Tang kombinasi, Pisau Cutter.

Bahan-bahan yang dipasang.

  • Stop kontak yang sudah terpasang dengan 2 buah saklar.
  • Kabel Listrik NYM berukuran 2 X 1,5” dengan panjang sesuai kebutuhan.
  • Klem kabel.
  • Isolasi listrik.

Cara Memasang Instalasi Listrik Satu Stop kontak, 2 Saklar, dan 2 Lampu

Langkah pertama yang paling penting ialah mematikan terlebih dahulu saklar MCB, hal ini bertujuan untuk mencegah supaya tak tersengat aliran listrik.

Sambungkanlah kabel positif dan kabel negatif dari jalur utama instalasi listrik ke masing-masing konektor yang terdapat pada stop kontak.

Gabungkan atau jumper dua buah konektor dari setiap saklar dengan kabel pendek, selanjutnya sambungkan hasil dari jumper tersebut ke stop kontak yang tersambung dengan kabel positif ( biasanya kabel berwarna hitam ) dari jalur utama instalasi listrik.

Sambungkanlah salah satu konektor saklar yang belum tersambung ke salah satu konektor lampu dan sambungkan ke konektor fitting lampu yang lainnya.

Gabungkanlah atau jumper kedua konektor dari kedua fitting lampu yang belum terpasang, kemudian sambungkanlah hasil jumper tersebut ke kabel bagian negatif ( biasanya berwarna biru) dari jalur utama instalasi listrik.

Apabila seluruh kabel sudah terpasang, maka tutup semua sambungan kabel dengan isolasi kabel listrik. Supaya jalur kabel nampak rapi, pasanglah klem kabel di sepanjang kabel dengan jarak antar kelam sekitar 50 cm.

Untuk melihat berbagai saklar, stop kontak, harga kabel listrik, obeng, tang, pisau cutter, peralatan otomotif, environmental, navigasi, mekanikal, medikal, power tools, pengamanan, pengukuran dan peralatan industri lainnya, kunjungi Ralali.com

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.