Cara Mudah Memperbaiki Saklar Listrik Terpasang di Tembok

0
Cara Memperbaiki Saklar
Cara Mudah Memperbaiki Saklar Listrik Terpasang di Tembok

Saklar listrik merupakan salah satu alat instalasi listrik. Saklar merupakan sebuah alat yang fungsinya untuk memutuskan ataupun menghubungkan jaringan listrik. Setiap hari alat ini selalu digunakan. Penggunaan yang setiap hari digunakan tersebut tentunya akan mengalami kerusakan, jika saklar mengalami kerusakan maka lampu pun tak akan menyala ketika sakelar dihidupkan atau di “On” kan atau bisa pula lampu menyala namun redup serta berkedip. Lampu menyala namun redup serta berkedip bisa diakibatkan karena sejumlah faktor, yaitu Lampu putus, komponen pada Fitting lampu rusak, kabel instalasi putus, dan komponen pada sakelar terdapat kerusakan.

Baca: Tips Mencegah Korsleting Listrik Pada Rumah

Apabila komponen sakelar terdapat kerusakan, cara memperbaikinya sangat mudah. Nah, berikut ini cara memperbaiki saklar.

Peralatan yang perlukan:

Cara memperbaiki saklar listrik terpasang di tembok

  • Demi keselamatan ketika melakukan perbaikan supaya tak tersengat arus listrik, maka matikan listrik terlebih dahulu dengan cara meng “OFF” kan tuas MCB.
  • Lepaskan sakelar yang ada di tembok dengan cara mengendurkan baut yang menempel di sakelar dengan obeng plus.
  • Setelah baut terlepas, tariklah sakelar secara perlahan ke arah luar tembok, selanjutnya lepaskanlah kabel yang tersambung dengan terminal yang terdapat pada bagian belakang sakelar.
  • Perhatikanlah bentuk sakelar bagian belakang tersebut, perhatikan bagaimana sistem rekatnya, apakah menggunakan baut atau menggunakan pengunci, jika perekatan rumah sakelar menggunakan sistem sekrup maka untuk bisa membuka sistem mekanisnya ialah dengan cara melepaskan sekrup tersebut, sedangkan jika sistem rekatnya memakai sistem pengunci, bukalah dengan cara mencongkel penguncinya memakai obeng minus sehingga rumah sakelar bisa terbuka.
  • Apabila rumah sakelar berhasil dibuka maka akan terlihat sistem mekanis sakelarnya yang terdiri dari sejumlah plat logam serta per maupun pegas.
  • Penyebab tak terkoneksinya listrik ke lampu ialah dari sistem mekanis sakelar. Sistem mekanis sakelar tak akan berfungsi dengan baik jika tertutup oleh kotoran maupun benda asing yang menutupinya dan bisa pula karena kendur.
  • Apabila kendur maka kencangkan, sedangkan apabila kotor maka bersihkanlah kotoran yang menutupi sistem mekanis menggunakan kuas.
  • Apabila pembersihan sudah selesai, maka pasang kembali semua komponen sakelar dan pasang sakelar ke tembok.
  • Hidupkan listrik dengan cara meng “ON” kan tuas MCB, selanjutnya hidupkan lampu dengan menekan sakelar tembok yang sudah diperbaiki, jika lampu menyala dengan normal itu berarti perbaikan berhasil dilakukan. Namun jika lampu tak menyala, periksa kembali komponen mekanis sakelar, mungkin saja terdapat komponen yang tak terpasang ataupun bergeser posisi atau ganti dengan saklar baru.

Untuk melihat berbagai saklar, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual saklar dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dapatkan tambahan diskon 5% untuk semua produk.

Jual Saklar
Jual Saklar

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar