Tips Mencegah Korsleting Listrik Pada Rumah

0

Tips Mencegah Korsleting Listrik Pada Rumah

Tips Mencegah Korsleting Listrik Pada Rumah – Korsleting listrik merupakan suatu hubungan dengan tahanan listrik yang amat kecil, menyebabkan aliran listrik yang sangat besar serta jika tak diatasi maka bisa menyebabkan ledakan serta kebakaran. Kebakaran yang terjadi banyak disebabkan karena korsleting listrik. Maka dari itu terdapat sejumlah hal yang mesti diperhatikan guna mencegah terjadinya kebakaran yang diakibatkan korsleting listrik.

Baca Juga : Cara memperbaiki switch yang rusak

Berikut ini tips mencegah korsleting listrik pada rumah :

 – Lebih baik serahkan pemasangan instalasi listrik pada orang yang ahli yang terdaftar sebagai anggota Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia atau AKLI serta terdaftar di PLN.

– Usahakanlah untuk menghindari menumpuk steker ataupun colokan listrik terlalu banyak pada satu stop kontak sebab sambungan seperti itu akan kian menumpuk panas yang pada akhirnya bisa menyebabkan korsleting listrik.

– Gunakan peralatan listrik berstandar SNI serta ukuran yang tepat.

– Gunakan sekring yang masih bagus serta ganti sekering putus dengan sekering yang baru, jangan sesekali menyambung sekering menggunakan kawat serabut.

– Rawat instalasi listrik secara teratur guna mengetahui jika terdapat kerusakan pada kabel ataupun peralatan listrik semisal isolasi yang terbuka pada sambungan. Jika memungkinkan, gantilah semua jalur instalasi setiap lima tahun sekali.

– Gunakanlah jenis serta ukuran kabel sesuai dengan peruntukan serta kapasitas hantar arusnya.

– Jika terjadi kebakaran disebabkan konsleting listrik akibat pengaman Mini Circuit breaker atau MCB tak bisa berfungsi dengan baik, maka segera matikan listrik dari KWH meter. Jangan sesekali menyiram sumber kebakaran menggunakan air bila masih ada arus listrik.

– Jika memerlukan sambungan listrik baru maka daftarlah secara legal ke PLN, jangan mengambil dari sumber yang ilegal.

– Waspadai jika terdapat bau gosong yang tak seperti biasanya. Baunya biasanya tak terlalu menyengat, namun tak kunjung hilang.

– Biasakanlah untuk bersikap hati-hati, waspada serta tidak ceroboh dalam menggunakan listrik.

– Pangkaslah pepohonan di halaman rumah apabila sudah mendekati ataupun menyentuh jaringan listrik.

– Kabel-kabel listrik yang terpasang di rumah jangan sesekali dibiarkan ada yang terkelupas ataupun dibiarkan terbuka.

Itulah berapa tips yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya korsleting listrik di rumah, semoga bermanfaat untuk anda agar lebih hati-hati dalam memakai stop kontak di rumah. Dan untuk beragam produk alat listrik berkualitas dari merk ternama, dapat anda cek di website Ralali.

Ralali

Editor : Metha

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar