Jangan Salah Pilih Kabel, Beda Jenis Beda Pula Fungsinya

0

 

Jenis-jenis Kabel
Jenis-jenis Kabel – Image: kreativnenavody.sk

Di dalam keseharian yang berkaitan dengan instalasi listrik tentunya menggunakan kabel. Kebanyakan orang mengetahui kabel hanya digunakan untuk penghantar listrik saja. Banyak sekali jenis-jenis kabel yang tersedia dan fungsinya pun berbeda-beda.

Baca juga : Hati-Hati, Salah Memilih Kabel Roll Bisa Menyebabkan Kebakaran

Di dalam kabel listrik terdiri dari konduktor serta isolator. Isolator dalam kabel merupakan bahan pembungkus kabel yang umumnya terbuat dari bahan thermosetting atau termoplastik, sedangkan untuk konduktornya terbuat dari tembaga maupun alumunium.

Jenis kabel sangat beragam, dan berikut ini jenis-jenis kabel.

Jenis-jenis Kabel

Kabel NYA

Kabel NYA berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC dan digunakan untuk instalasi luar atau kabel udara. Warna pada isolasi kabel NYA ada yang berwarna merah, kuning, biru serta hitam. Kabel NYA tidak tahan air, serta mudah digigit tikus. Supaya kabel NYA aman, dalam menggunakannya harus dipasang dalam pipa ataupun conduit jenis PVC. Dengan demikian kabel NYA tidak mudah rusak karena gigitan tikus serta apabila terdapat isolasi kabel yang terkelupas maka tidak akan tersentuh langsung.

Terkait : Mengetahui Kabel Listrik Yang Bagus Untuk Rumah

Kabel NYM

Kabel NYM mempunyai lapisan isolasi PVC, warna isolasi kabel NYM biasanya berwarna putih serta abu-abu. Kabel NYM berinti 2 hingga 4. Isolasi kabel ini sebanyak dua lapis, dengan isolasi sebanyak dua lapis tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA. Kabel NYM bisa digunakan di area yang kering serta basah, akan tetapi penggunaannya tidak boleh ditanam. Ukuran kabel NYM dari 1,5 mm2 hingga 6 mm2.

Kabel NYY

Kabel NYY dirancang untuk instalasi tetap di dalam tanah, namun mesti tetap diberi pelindung khusus seperti duct, pipa PVC ataupun pipa besi. Bisa digunakan untuk area lembab ataupun kering. Kabel NYY berisolasi PVC berwarna hitam yang terbuat dari bahan yang tak disukai tikus. Kabel NYY lebih kuat dibandingkan kabel NYM. Inti pada kabel NYY terdiri dari 2 hingga 4. (Artikel Lainnya: Pentingnya Peduli Terhadap Kabel Setrika)

Kabel NYAF

Kabel NYAF adalah kabel jenis fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC. Kabel NYAF ini dipakai untuk instalasi panel yang membutuhkan fleksibilitas tinggi.  Seperti instalasi tempat yang memiliki belokan-belokan tajam. Kabel NYAF dapat digunakan di area kering. Jangan digunakan untuk area dalam kondisi lembab, basah serta terkena pengaruh cuaca langsung.

Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Kabel jenis ini digunakan untuk instalasi tetap dalam tanah yang ditanam secara langsung tanpa membutuhkan perlindungan tambahan. Kedalaman yang disarankan dalam pemasangan kabel ini ialah 0,8 meter.

Kabel NYCY

Kabel NYCY digunakan untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris di dalam tanah, ruangan, serta alam terbuka. Bisa digunakan untuk area dengan kondisi lembab ataupun kering.

Kabel BC

Kabel BC dipilin dan disatukan. Ukuran ataupun tegangan maksimal pada kabel BC ialah 6 hingga 500 mm2 / 500 V. Kabel BC ini digunakan untuk saluran di atas tanah serta penghantar pentanahan.

Kabel AAAC

Kabel AAAC berisi keterhantaran elektris tinggi yang berisi magnesium silicide guna memberikan sifat yang lebih baik. Kebal AAAC ini umumnya terbuat dari paduan aluminium 6201. Kabel AAAC tahan karat, kekuatannya dan daya hantarnya sangat bagus.

Kabel ACSR

Kabel ACSR terdiri dari kawat penghantar berbahan alumunium. Inti dari kabel ACSR berbahan kawat baja. Kabel ACSR ini dipakai untuk saluran-saluran transmisi tegangan tinggi.

Kabel ACAR

Kabel ACAR sama seperti kabel ACSR hanya saja kawat penghantarnya diperkuat dengan logam campuran sehingga kabel ACAR lebih kuat dari kabel ACSR.

Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO biasanya digunakan untuk soundsystem, loudspeaker serta virtual video. Kabel NYMHYO adalah kabel jenis serabut. Kabel NYMHYO terdiri dari 2 inti serabut.

Kabel NYMHY/NYYHY

Kabel NYMHY/NYYHY umumnya dipakai untuk instalasi di dalam rumah yang tidak permanen. Sifat dari kabel Kabel NYMHY/NYYHY ini fleksible, serta tidak mudah patah. Kabel Kabel NYMHY/NYYHY direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat elektronik rumah tangga yang kerap dipindah-pindah serta digunakan untuk area kering. Isolasi Kabel NYMHY/NYYHY berbahan plastik tahan panas namun temperaturnya tidak boleh melebihi 85 derajat celcius.

Mencari Kabel Listrik Di Ralali

Untuk melihat berbagai kabel, kunjungi Ralali.com. Hanya Di Ralali yang jual kabel listrik dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dapatkan tambahan diskon menarik untuk semua produk.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.