Mengetahui Kabel Listrik yang Bagus untuk Rumah

0
Kabel Listrik yang Bagus untuk Rumah
Kabel Listrik yang Bagus untuk Rumah

Mengetahui Kabel Listrik yang Bagus untuk Rumah – Kabel merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting ketika akan memasang listrik. Pemasangan kabel yang salah akan mengakibatkan korsleting listrik dan menyebabkan kebakaran, maka dari itu kita mesti pintar memilih tipe kabel mana yang bagus untuk di pasang. Umumnya kabel yang dipasang untuk rumah tidak serumit kabel yang di pasang untuk perkantoran ataupun tempat usaha yang lainnya.

Baca: Jenis Kabel Listrik yang Biasa Digunakan

Terdapat banyak sekai jenis logam ataupun campuran yang umumnya digunakan dalam pembuatan kabel. Berikut ini sejumlah jenis logam serta campurannya.

Jenis Logam Dalam Pembuatan Kabel

Brons.

Brons merupakan jenis logam yang kerap digunakan dalam pembuatan kawat listrik, sebab brons sendiri memiliki sifat kekuatan mekanika yang lebih besar, namun mesti diingat bahwa daya hantarnya tergolong rendah. Biasanya kawat berbahan brons merupakan jenis kawat tanah. (Artikel terkait: Cara Aman Dan Benar Memasang Kabel Listrik Ke Steker)

Tembaga elektronik.

Jenis campuran atau logam yang lainnya ialah tembaga elektronik. Setiap tipe tembaga yang digunakan terlebih dahulu mesti melalui proses normalisasi, hal ini bertujuan untuk mengetahui tipe daya hantar serta sifat mekanika yang ada di dalam logam tersebut.

Aluminium.

Selanjutnya ialah alumunium, jenis logam ini mengandung material yang amat ringan. Kekurangan dari alumunium ini ialah daya listriknya masih rendah dan kawatnya pun agak kaku. Akan tetapi segi harganya lumayan kompetitif, karena harganya itulah kabel dengan logam alumunium banyak digunakan.

Aluminium berinti baja..

Jenis aluminium ini yang penghantarnya dilengkapi dengan beberapa kawat baja pada inti kabelnya dan biasanya dikenal dengan sebutan aluminium cable steel reinforced (ACSR). Kawat baja diperlukan karena untuk meningkatkan kekuatan dari tarikan kabel dan sering digunakan untuk jenis kawat dengan saluran hantar udara.

Aldrey

Kawat aldrey merupakan campuran dari silcilium dan alumunium dengan penghitungan konsentrasi sekitar 0,4 sampai 0,7 %, magnesium 0,3 hingga 0,35 % serta 0,2 hingga 0,3 %. Kawat jenis ini memiliki kekuatan mekanikal yang cukup besar namun daya hantar listrik kawat ini masih agak rendah. Untuk Menghemat Listrik Bisa Dari Penggunaan Setrika, Seperti Ini Caranya

Cooper weld .

Merupakan jenis kawat baja yang biasanya dikelilingi oleh lapisan tembaga.

Baja.

Jenis logam ini adalah jenis yang sering dipakai untuk kawat petir dan kawat pertanahan.

Cari Berbagai Varian Kabel

Untuk melihat berbagai kabel dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali.com karena kami jual kabel listrik dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar