Menghemat Listrik Bisa dari Penggunaan Setrika, Seperti Ini Caranya

0
Menghemat Listrik Bisa dari Penggunaan Setrika, Seperti Ini Caranya
Menghemat Listrik Bisa dari Penggunaan Setrika, Seperti Ini Caranya

Setrika adalah alat kebutuhan rumah tangga yang berfungsi untuk merapikan pakaian kusut. Dengan memakai pakaian yang sudah disetrika, tentunya akan memunculkan rasa percaya diri sebab penampilan menjadi rapi.

Tidak hanya merapikan pakaian saja, namun juga bisa membunuh bakteri dan kuman dikarenakan tingginya suhu yang diberikan setrika ke pakaian.

Menyetrika pakaian pun bisa membunuh jamur. Sebab suhu dari elemen setrika yang sangat tinggi, maka jamur pun tidak akan bisa berkembang biak dikarenakan sel-sel sporanya rusak.

Baca: Pentingnya Peduli Terhadap Kabel Setrika

Akan tetapi, setrika adalah adalah satu alat yang mengonsumsi daya listrik yang besar. Banyak yang tidak mengetahui jika setrika merupakan salah satu alat yang mengonsumsi daya listrik yang besar, sehingga penggunanya sering di anggap sepele. Namun jangan khawatir, ada berapa hal yang bisa dilakukan agar penggunaan setrika bisa lebih hemat listrik.

Lantas bagaimana caranya menghemat listrik melalui penggunaan setrika? Berikut ini sejumlah yang perlu diperhatikan.

Pertama, apabila menggunakan setrika yang tingkat panasnya bisa kita atur, maka sesuaikanlah suhu panas yang dibutuhkan. Semakin tinggi suhu panas setrika yang digunakan maka semakin banyak pula energi listrik yang digunakan. Akan tetapi, menggunakan setrika dengan suhu terlalu rendah pun sama borosnya, seman membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memanaskan peranti logam pada setrika tersebut.

Kedua, sebaiknya gunakanlah setrika otomatis sebab setrika jenis tersebut akan mati dengan sendirinya ketika panas yang ada sudah berlebihan. Hal tersebut akan membantu dalam penghematan listrik.

Terakhir periksa bagian bawah setrika sebelum menggunakannya. Apabila terdapat kerak-kerak pada bagian bawahnya, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu. Kerak-kerak tersebut bisa menghalangi panas sehingga setrika pun akan mengonsumsi daya listrik yang lebih besar.

Untuk melihat bermacam setrika dan aneka alat listrik, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual alat listrik dan setrika berkualitas dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.