Jenis-jenis Mesin Gerinda dengan Fungsi yang Berbeda

0
Jenis-jenis Mesin Gerinda
Jenis-jenis Mesin Gerinda

Jenis-jenis Mesin Gerinda – Pada pekerjaan teknik, mesin gerinda mempunyai peran yang sangat vital. Tanpa adanya mesin ini, maka pekerjaan teknik akan terhambat. Proses menggerinda memiliki tujuan untuk mengasah benda, membentuk benda kerja, merapihkan hasil pemotongan serta merapikan hasil las, membentuk lengkungan bersudut serta menyiapkan permukaan benda untuk di las.

Baca: Lakukan Hal Ini Sebelum Memulai Proses Penggerindaan

Mesin gerinda sendiri terbagi menjadi bermacam jenis, antara lain gerinda tangan, gerinda duduk, gerinda silindris, serta gerinda datar. Harga gerinda setiap jenisnya berbeda-beda, begitupula dengan fingsinya.

Jenis-jenis Mesin Gerinda

Gerinda Tangan

Mesin gerinda tangan adalah jenis mesin gerinda yang mana gaya penggeraknya diteruskan dari engkol menuju roda gerinda melalui transmisi roda gigi. Jenis mesin gerinda tangan ini adalah jenis mesin yang serba guna sebab bisa dipergunakan untuk menggerinda ataupun memotong benda logam, kayu, bahan bangunan, kaca dan bisa pula dipergunakan untuk memoles mobil. Mesin gerinda tangan biasanya dipakai pada bengkel kecil ataupun keperluan rumah tangga yang berfungsi sebagai alat pemotong.

Gerinda Duduk

Mesin gerinda duduk dipakai untuk mengasah benda yang berukuran kecil, misalnya seperti mata bor, pahat tangan, kapak, pahat bubut pisau, golok dan lainnya. Pada mesin gerinda duduk, jenis batu gerinda kasar di pasang pada bagian sebelah kiri, sedangkan jenis batu gerinda halus dipasang pada bagian sebelah kanan.

Pemasangan dua jenis batu gerinda tersebut bertujuan agar mesin gerinda ini mempunyai dua fungsi sekaligus, yakni sebagai pemotong dan pengasah. Fungsi pemotong menggunakan batu gerinda kasar sedangkan fungsi pengasah menggunakan batu gerinda halus.

Mesin Gerinda Silinder

Mesin gerinda silindris adalah sebuah mesin yang mampu mengerjakan benda berbentuk silindris. Hasil benda yang bisa dikerjakan dari mesin gerinda jenis ini yaitu Spindle Mesin, Bearing, Test Bar, Poros atau As, Sleeve dan lainnya. Jenis mesin gerinda silinder terbagi menjadi 4 jenis yaitu:

Mesin Gerinda Silindris Dalam

Jenis mesin gerinda ini mempunyai fungsi untuk menggerinda benda dengan diameter dalamnya berbentuk silindris serta turis.

Mesin Gerinda Silindris Luar

Jenis mesin gerinda ini mempunyai fungsi untuk menggerinda diameter luar pada benda berbentuk silindris serta turis.

Mesin Gerinda Silindris Luar Tanpa Senter

Jenis mesin gerinda ini dipakai untuk menggerinda diameter luar dalam jumlah yang massal atau banyak, baik itu berukuran panjang atau pendek.

Mesin Gerinda Silindris Universal.

Jenis mesin ini mampu menggerinda benda dengan diameter luar dan dalam berbentuk silindris ataupun turis. Di antara jenis lainnya, mesin gerinda ini yang paling sempurna.

Mesin Gerinda Datar

Jenis mesin gerinda ini dipergunakan untuk memperoleh hasil permukaan yang halus, datar dan rata. Mesin gerinda datar biasanya dipergunakan untuk menggerinda permukaan, meja mesin gerinda ini bergerak secara horizontal bolak-balik, pengoperasiannya bisa dilakukan secara manual ataupun otomatis.

Untuk melihat bermacam mesin gerinda, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual gerinda duduk, tangan dan aneka macam gerinda dengan harga terjangkau, lengkap, dan berkualitas dengan varian merk dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.