Lakukan Hal Ini Sebelum Memulai Proses Penggerindaan

0
Mesin Gerinda
Sumber Gambar : portailconstructo.com

Lakukan Hal Ini Sebelum Memulai Proses PenggerindaanKeselamatan dalam bekerja merupakan hal yang penting pada setiap pekerjaan, terlebih pada pekerjaan bidang menggerinda. Kepedulian akan keselamatan bekerja, paham terhadap material serta prosedur dalam bekerja sangat penting. Guna meningkatkan keselamatan dalam bekerja, harap untuk selalu mengenakan peralatan keselamatan dalam bekerja yang sesuai, serta ikutilah prosedur yang dibuat.

Berikut ini adalah prosedur keselamatan dalam bekerja pada pekerjaan bidang menggerinda :

  • Pakaian pelindung atau pakaian safety dalam bekerja diperlukan guna melindungi atau menjaga tubuh pekerja selama menjalankan pekerjaan menggerinda ataupun ketika berada di area kerja. Pekerjaan bidang menggerinda akan menimbulkan suhu panas serta percikan api yang bisa menyebabkan luka serta mata dan kulit akan terbakar. Kenakanlah pakaian kerja khusus menggerinda semisal apron maupun pakaian yang dibuat dari bahan yang tahan panas serta tahan terhadap percikan api semisal bahan kulit maupun Jeans tebal.
  • Ketika melakukan penggerindaan sering kali posisi jari serta tangan pekerja sangat berdekatan terhadap batu gerinda yang tengah berputar dalam kecepatan tinggi. Maka dari itu ketika menggerinda haruslah untuk selalu hati-hati supaya jari tidak menyentuh batu gerinda.
  • Menggunakan sarung tangan pelindung atau sarung tangan safety pun sangat dibutuhkan guna melindungi tangan pekerja ketika menggerinda. Perhatikanlah sarung tangan yang dipakai, pemakaian sarung tangan yang tidak sesuai baik itu dari segi bahan, jenis maupun segi ukuran bisa mengakibatkan sarung tangan tersangkut atau tertarik oleh putaran batu gerinda serta bisa mengakibatkan kecelakaan. Maka dari itu pakailah sarung tangan yang sesuai ketika menggerinda.
  • Hati-hatilah ketika menggerinda benda yang berukuran kecil, sebab benda yang berukuran kecil sangat mudah tertarik oleh putaran gerinda maupun benda tersebut bisa terlempar dan mengenai mata. Direkomendasikan untuk selalu memakai kacamata pelindung atau eye protection yang sesuai ketika melakukan penggerindaan.
  • Ketika menggerinda jangan menggunakan bagian samping batu gerinda. Gunakan hanya pada bagian depan batu gerinda. Hal itu bertujuan untuk mencegah batu gerinda agar tidak kendur ataupun agar tidak cepat rusak.
  • Jangan menggerinda ketika berada di dekat benda-benda yang mudah meledak ataupun terbakar.
  • Ketika dilakukan penggerindaan, benda yang di gerinda tersebut akan menimbulkan panas, maka dari itu dinginkan benda kerja atau benda yang di gerinda ke dalam larutan pendingin secara bertahap.
  • Lakukan pengecekan kelengkapan mesin gerinda, periksalah kondisi pada guna gerinda periksalah apakah batu tersebut longgar (oleng) atau tidak. Jangan menggunakan batu gerinda yang sudah tidak layak untuk digunakan. Pastikan mesin gerinda dalam keadaan mati (Off) ketika melakukan pemeriksaan maupun perbaikan .
  • Ketika hendak mengganti batu gerinda, pastikanlah bahwa batu penggantinya tersebut sesuai dengan tipe atau spesifikasi mesin gerinda yaitu dari ukuran, kecepatan atau rpm.

 Baca artikel lainnya : Pada Saat Mengelas, Inilah Yang Anda Butuhkan !

Jual Alat Keselamatan Kerja

 

Penulis  : Vei
Editor    : Metha

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar