Pada Saat Mengelas, Inilah Yang Anda Butuhkan !

1
Alat Keselamatan Kerja Ralali
Sumber Gambar : solidaritas.net

Pada Saat Mengelas, Inilah Yang Anda Butuhkan ! – Ketika sedang berada di bengkel las sering kali kita melihat para pekerja atau pengelas memakai pelindung tebal guna menutupi wajah ketika melakukan pengelasan. Hal tersebut dipakai bukan karena hanya untuk penampilan semata saja melainkan memang digunakan untuk keselamatan pekerja las.

Mengelas merupakan pekerjaan yang mesti dikerjakan dengan hati-hati serta konsentrasi. Dalam melakukan pekerjaan di bidang pengelasan maka ada beberapa alat yang mesti digunakan. Sebagaimana pada umumnya alat kerja lainnya, sebelum serta sudah digunakan alat ini mesti dalam keadaan yang baik. Banyak sekali kecelakaan kerja yang terjadi karena mengabaikannya kondisi terhadap alat kerja ataupun alat keselamatan kerja tersebut. Para pengguna sering kali tidak memedulikan akan keadaan atau kondisi pada alat-alatnya sehingga ketika dipakai menyebabkan kecelakaan. Tidak hanya itu saja para pekerja pun mesti mengetahui serta memahami cara kerja atau cara pakai dari alat kerja serta alat keselamatan kerja tersebut.

Baca artikel lainnya : Gunakan GPS Seperti Ini Agar Terhindar Dari Begal

Alat Keselamatan Kerja

Maka dari itu kita harus mengetahui alat keselamatan kerja las yang sangat penting untuk digunakan supaya tidak mencederai ataupun mencelakai diri kita ketika bekerja. Alat-alat tersebut yaitu:

Helm Las

Helm ini mempunyai bentuk yang sama seperti bentuk helm pada umumnya. Akan tetapi perlindungan helium ini memfokuskan pada bagian depan. Dengan menggunakan helm las para pekerja bisa melindungi mata serta melindungi wajah dari percikan api, sinar ultra violet maupun infra merah ketika las tersebut dihidupkan. Sinar yang dipancarkan oleh alat las ini sangat terang, oleh sebab itu komponen yang ada pada helm las setidaknya 3 lapisan kaca guna menyaring sinar maupun cahaya yang dapat merusak mata. Lapisan kaca tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda yang dibedakan atas besarnya arus listrik yang digunakan. Semisal kaca las nomor 6 dan 8 digunakan untuk mengelas dengan arus 30 sampai 75 ampere. Semakin tebal atau besar ukuran kaca las yang digunakan, maka akan semakin besar juga arus listrik yang dibutuhkan.

Pakaian pelindung atau pakaian Safety

Pakaian Safety memiliki kegunaan untuk melindungi badan terhadap percikan bunga api. Bahan pembuatannya dibuat dari bahan yang tahan terhadap api ataupun percikan logam panas. Pakaian pelindung ini pada umumnya diciptakan dengan desain lengan panjang serta celana panjang yang bertujuan guna melindungi seluruh tubuh dari percikan api maupun logam panas.

Sarung tangan pelindung atau sarung tangan Safety

Sarung tangan pelindung ini dibuat menggunakan bahan kulit maupun bahan asbes lunak, supaya ketika digunakan tidak akan mengganggu jari ketika memegang penjepit bahan las tersebut yang terbuat dari elektrode maupun perlengkapan lain yang berhubungan. Sarung tangan Safety ini digunakan untuk melindungi tangan pengelas dari panasnya benda yang dilas.

Sepatu pelindung atau sepatu Safety

Karakteristik dari sepatu Safety ini sangat berbeda dengan sepatu biasanya. Sepatu pelindung ini dibuat menggunakan bahan kulit dan pada ujung sepatu tersebut terdapatkan plat besi pelindung. Hal tersebut sangatlah penting guna melindungi kaki dari kejatuhan benda-benda keras serta tajam. Tidak hanya itu saja, pada bagian alas sepatu ini berbahan karet yang tidak licin sehingga ketika digunakan ataupun ketika kita mengangkat benda berat maupun tajam kita tidak akan terpeleset.

Masker gas atau gas mask

Alat keselamatan kerja las yang ini digunakan guna melindungi saluran pernafasan kita. Ketika proses pengelasan maka akan menimbulkan asap karena terjadinya pencairan fluks pada elektroda.

Kaca mata pelindung atau eye protection

Kacamata pelindung merupakan alat guna melindungi mata terhadap pancaran bara las. Eye protection ini amat krusial sebab apabila tidak digunakan dapat terjadi kebutaan.

 

 

Penulis : Vei
Editor   : Metha

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. bengkel las semarang berkata

    safety fist itu adalah prinsip yang harus dipegang oleh seorang welder dalam menjalankan aktivitasnya. karena tiada pekerjaan dari seorang welder tanpa potensi bahaya di dalamnya. jadi perlengkapan dan peralatan harus safety dan berkualitas bagus. terimakasih

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.