Jenis Kabel Listrik yang Biasa Digunakan

0
Jenis Kabel Listrik
Image: www.snapexport.com

Jenis Kabel Listrik yang Biasa Digunakan – Apabila ingin memasang kabel listrik untuk rumah, maka perhatikan dulu jenis kabelnya. Terdapat 3 jenis kabel listrik yang bisa digunakan yaitu kabel NYA, kabel NYY, serta kabel NYM. Pembagian ketiga istilah tersebut didasarkan tata nama atau nomenklatur yang ada pada kabel. Dalam Persyaratan Umum Instalasi Listrik  (PUIL) tahun 2000 dalam lampiran C pernah dijelaskan terkait tata nama kabel tersebut.

Baca: Arti dan Fungsi Warna Kabel Instalasi Listrik

Penyebutan istilah dengan nama NYA, NYY dan NYM  juga memiliki arti yakni standar dari kabel penghantar yang memakai tembaga menggunakan huruf N dan jenis kabel isolasi yang berselubung dari PVC menggunakan kode huruf Y. Berikut akan dijelaskan mengenai tiga jenis pemasangan kabel listrik untuk rumah yang bagus.

Jenis Kabel NYA

Kabel jenis ini ialah kabel berisolasi PVC serta berinti kawat tunggal. Warna isolasinya pun bermacam-macam yaitu merah, hitam serta biru. Jenis kabel NYA ini ialah jenis kabel udara serta bukan kabel yang digunakan untuk di dalam tanah sebab kabel NYA ini isolasinya hanya satu lapis serta mudah terkelupas apabila terkena gigitan hewan semisal tikus ataupun karena tergencet benda keras. Cara pemasangannya, kabel NYA harus dimasukkan terlebih dahulu dalam suatu konduit kabel. Konduit sendiri adalah sebuah selubung pelindung yang berupa pipa besi.

Namun secara umum, yang dipakai biasanya ialah pipa PVC. Pipa di sini harus dibedakan dengan pipa air. Konduit ini juga berfungsi untuk melindungi kabel berbagai gangguan luar dan memudahkan jika hendak mengganti atau sekadar menambah kabel. Sebab jenis kabel ini tinggal ditarik atau didorong saja. Selain itu, penggunaan konduit sebenarnya tidak terbatas pada jenis kabel NYA saja namun dapat dipakai untuk kabel NYM dab NYY.

Jual Kabel
Jual Kabel

Jenis Kabel NYY

Ciri kabel jenis NYY ialah memiliki warna hitam dan berisolasi PVC ganda sehingga kabel ini lebih kuat. Kabel ini akan tahan tekanan ataupun gencetan dari air ataupun benda keras lainnya. Sedangkan untuk pemasangannya pun bisa outdoor dan ditanam dalam tanah.

Disarankan jika hendak memasang kabel untuk daerah di luar rumah atau taman sebaiknya menggunakan kabel ini, karena hasilnya akan lebih baik. Jenis kabel listrik yang cukup bagus memang kadang sedikit lebih mahal, begitu juga dengan jenis kabel NYY yang lebih mahal dari jenis kabel NYA dan NYM.

Jenis Kabel NYM

Jenis kabel NYM mempunyai isolasi berwarna putih yang berguna untuk mengenali kabel tersebut. Tidak hanya itu saja, di dalam kabel NYM ini pun di  lengkapi selubung karet serta mempunyai ini kawat tunggal berjumlah sekitar 2 sampai 4 inti. Tiap inti mempunyai isolasi PVC dengan warna yang beda-beda jadi bisa diasumsikan bahwa kabel ini hampir mirip dengan kabel NYA yang dijadikan satu dan ditambahkan isolasi putih serta selubung karet.

Kabel ini relatif kuat karena terdapat isolasi PVC serta selubung karet. Sedangkan pemasangannya untuk instalasi rumah tak mesti memakai konduite, terkecuali apabila hendak dipasang di dalam tembok atau dinding. Kabel ini sebenarnya sudah dirancang untuk penggunaan di bagian luar. Namun konduit juga bisa dipasang sebagai pelindung jika memang ingin dipasang di luar ruangan. Sementara itu, untuk harganya memang lebih mahal dari tipe NYY dan NYA.

Untuk melihat berbagai kabel dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual kebel dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar