promo hari ini

Jenis Jenis Sambungan Kabel Listrik dan Cara Penyambungannya

0

jenis - jenis kabel listrik

Untuk melakukan instalasi listrik seperti cara menyambung kabel listrik di rumah memang tidak mudah. Anda harus memiliki sejumlah keterampilan terlebih dahulu sebelum melakukannya. Namun Anda tidak usah khawatir karena keterampilan tersebut bisa dipelajari. Untuk mempelajarinya sendiri tidak membutuhkan waktu lama, yang Anda butuhkan hanya ketelitian dan kehati-hatian. Lalu, bagaimana cara menyambung kabel listrik dengan baik? Simak ulasannya di bawah ini:

Jenis – Jenis Sambungan Kabel Listrik

Sebelum Anda mempelajari cara penyambungan kabel listrik, Anda harus tahu dulu jenis – jenis kabel yang akan digunakan. Setelah mengetahui hal tersebut, ada beberapa teknik yang bisa Anda pelajari.

Sambungan Ekor Babi (Pig Tail)

Sambungan yang satu ini merupakan salah satu jenis sambungan kabel paling sederhana. Tidak berlebihan jika dibilang jika sambungan ekor babi ini merupakan metode yang paling mudah dan cepat.

Caranya, Anda tinggal menyiapkan kedua ujung kabel yang ingin disambung. Kemudian, Kupas lapisan isolasinya pada ujung kedua kabel tersebut sekitar 2-3 cm sampai tampak bagian inti kabelnya. Setelah itu, pertemukan kedua inti kabel tersebut dengan cara menyilang.

Lilitkan kedua ujung inti kabel tersebut beberapa kali hingga kedua kabel yang tadinya terpisah tersebut menyatu dan sulit untuk dilepaskan. Inilah yang membuat namanya disebut ekor babi karena memang hasil dari pelintiran kabel tersebut seperti ekor babi. Sambungan yang satu ini paling mudah, sehingga paling sering digunakan.

Sambungan Bell Hangers

Cara menyambung kabel listrik selanjutnya adalah dengan cara dipuntir. Cara kedua ini, Anda harus mengupas lapisan isolasi kabel lebih panjang dibanding cara pertama. Usai kupas, bagian inti dari kedua kabel yang akan disambung, sedikit dibengkokkan, kira-kira 1.5 cm seperti huruf L. Setelah masing-masing kabel yang akan disambungkan tersebut membentuk huruf L, kaitkan keduanya secara berlawanan. Kemudian, ujung kedua kabel yang disambung itu dipuntir sampai selesai.

Sambungan yang satu ini pun termasuk sambungan yang masih sederhana. Namun sambungan ini jarang digunakan dibanding metode sambungan yang pertama. Tapi tetap masih ada yang menggunakan metode sambungan ini. Metode ini pun cukup memakan waktu lebih lama dibanding dengan penyambungan ekor babi. Namun ketahanannya sama saja seperti metode penyambungan ekor babi.

Artikel Terkait

Sambungan Western Union

Untuk melakukan cara menyambung kabel listrik yang lainnya adalah dengan menggunakan sambungan western union. Pertama, Anda harus mengupas lapisan isolasi sampai tampak bagian inti kabel yang agak panjang. Setelah itu, kupaslah kabel 5-7 cm. Setelah terlihat inti kabelnya, tempelkan keduanya secara menyilang seperti simbol “tambah”. Yang mana, ujung salah satu kabel terletak sekitar 2 cm dari ujungnya (titik persilangannya tidak sama panjang).

Ujung kabel dengan panjang 2 cm tersebut dipuntir sendiri melingkari kabel yang satunya sampai selesai dan membentuk seperti huruf Y. Sisanya kabel dari keduanya yang berbentuk huruf Y itu, dipuntir secara bersamaan.

Sambungan yang satu ini masih termasuk sederhana dan bisa dipelajari. Akan tetapi, pengerjaannya akan sedikit memakan waktu dibandingkan menggunakan dua metode sebelumnya. Tidak heran jika metode yang satu ini kurang diminati karena kebanyakan orang lebih memilih metode kesatu atau kedua.

Sambungan Bolak Balik

Cara menyambung kabel listrik selanjutnya yang bisa Anda pelajari adalah sambungan bolak balik. Sambungan ini dapat dilakukan dengan mengupas kedua inti kabel dari lapisan isolasinya. Setelah itu, pilih salah satu dari dua kabel tersebut yang dikupas 3 cm. Kemudian kabel yang lainnya dikupas lebih panjang, 5-7 cm. Kedua belah kabel yang telah dikupas dengan panjang tidak sama tersebut siap disambungkan.

Untuk menyambungkannya, posisikan kabel dengan cara menyilang seperti huruf X, dengan kedua ujung kabel yang dibuat secara sejajar sama panjang. Posisi ini membuat kabel yang dikupas panjang akan lebih panjang di daerah pangkalnya yang dikupas. Setelah disilangkan, kedua ujungnya dipuntir secara bersamaan.

Jika kedua ujung inti kabel tersebut sudah dipuntir sampai habis, maka tersisalah bagian inti dari kabel yang sengaja dikupas lebih panjang. Kabel sisa tersebut dibengkokkan sampai 180 derajat sampai sejajar dengan kabel inti yang sudah dipuntir tadi, kemudian dipuntirkan kebagian kabel yang sudah dipuntir tersebut sampai habis.

Sambungan Britania

Cara menyambung kabel listrik lainnya adalah dengan penyambungan kabel Britania. Umumnya sambungan yang satu ini dilakukan pada kabel yang memiliki ukuran lebih besar. Di mana, biasanya agak sulit memuntir inti kabelnya karena diameter kabel tersebut terlalu besar. Untuk itu, seperti biasa kabel tersebut harus dikupas terlebih dahulu dari bagian isolasinya hingga tampak bagian inti. Di sisi lain, Anda harus menyiapkan potongan kabel yang sudah dikupas sekitar beberapa sentimeter hingga hanya menyisakan intinya saja. Inti dari kabel ini digunakan sebagai lilitan pengikat.

Kedua kabel yang akan disambungkan tersebut diposisikan agak bengkok pada kedua ujungnya. Bagian bengkok tersebut disambungkan satu sama lain secara berlawanan, hingga bagian bengkoknya menghadap keluar. Kemudian, tempatkan inti kabel yang sudah disiapkan sebelumnya sebagai lilitan pengikat. Puntirkan kabel inti pengikat tersebut dengan cara melilitkannya berkeliling di kedua kabel yang akan disambungkan tersebut.

Itulah beberapa cara menyambung kabel listrik yang bisa Anda pelajari. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda. Selamat mencoba.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.