promo hari ini

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memasang Kabel Listrik

0

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memasang Kabel Listrik

Memasang kabel listrik – Kesalahan memasang kabel listrik yang kurang memperhatikan standar dalam pemasangan listrik akan berisiko terhadap bahaya, semisal yang paing umum terjadi ialah terjadinya kebakaran. Untuk mencegah terjadinya bahaya yang tak dinginkan, maka mesti memperhatikan persiapan sebelum melakukan pemasangan serta memperhatikan sesudah pemasangan, dalam hal ini kita mesti memeriksa ulang apakah pemasangan sudah benar dilakukan atau belum sebelum listrik tersebut dialirkan.

Baca: Tips Mencegah Korsleting Listrik Pada Rumah

Berikut ini  merupakan apa saja persiapan dan pemeriksaan ulang dalam memasang kabel listrik.

Persiapan Pemasangan.

Bahan-bahan: Sebaiknya pergunakanlah bahan maupun peralatan listrik sesuai dengan kebutuhan, gunakanlah peralatan dan tata cara pemasangan sesuai SNI. Contohnya ukuran kabel jalur utama memakai ukuran 2,5mm ataupun di atasnya serta gunakan kabel tunggak buka kabel serabut.

Peralatan atau alat kerja: Lengkapilah alat untuk pemasangan listrik sesuai kebutuhan contohnya obeng plus maupun obeng minus, tang kombinasi, isolasi, serta yang lainnya. Dengan begitu kita tak akan kesulitan dalam melakukan semua jenis pekerjaan.

Lengkapi peralatan pendukung degan alat yang akan dipasang. Contohnya pergunakanlah klem untuk pemasangan kabel pada plafon atau kayu, atau gunakan isolasi khusus untuk kabel listrik.

Persiapan diri

Pastikanlah bahwa Anda mempelajari dengan cermat mengenai teknik pemasangan listrik, lebih bagus lagi jika Anda menggambar jalur atau skema listrik yang hendak dipasang, sehingga nantinya Anda tak akan kesulitan ketika melakukan pemasangan.

Gunakan asisten: Jika memungkinkan, mintalah bantuan Ong lain guna menemani Anda ketika pemasangan, hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda jika memerlukan bantuan yang tak bisa Anda kerjakan sendiri.

Pemeriksaan ulang.

Jika pemasangan sudah selesai dilakukan, sebelum menghidukan aliran listrik alangkah baiknya periksalah kembali apa yang sudah dikerjakan. Periksalah pada setiap sambungan kabel apakah sudah terpasang kuat serta benar, apakah bagian kabel positif dan kabel negatif sudah sesuai dengan tempatnya, dan yang lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memasang kabel listrik. Dengan memperhatikan persiapan sebelum melakukan pemasangan dan sesudah pemasangan yaitu memeriksa ulang apakah pemasangan sudah benar dilakukan atau belum, maka risiko terjadinya korsleting listrik pun bisa diminimalkan, dan potensi terjadinya kebakaran pun akan berkurang.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.