Pencegahan Terjadinya Korban Akibat Kebisingan

0

Pencegahan Terjadinya Korban Akibat Kebisingan

Pencegahan Terjadinya Korban Akibat Kebisingan – Pemaparan bunyi secara teratur dengan tingkat yang tinggi bisa menyebabkan maslah pada pendengaran atau menyebabkan ketulian. Semakin lama pemaparan serta semakin tinggi level bunyinya maka semakin parah pula tingkat ketuliannya.

Pemaparan bunyi terhadap seorang yang berasal dari aktivitas kerja mesti diukur serta dikontrol. Jika resiko pada pendengaran tak bisa dikurangi maka mesti menggunakan alat pelindung, yaitu menggunakan alat pelindung telinga atau Hearing Protection.  Gunakanlah Ear Muff atau Ear Plug.

Baca: Pentingnya Alat Pelindung Pendengaran

Tingkat seberapa besar bunyi terhadap pekerjaan tersebut akan berpengaruh pada orang yang bekerja di area kerja serta penduduk di sekitarnya. Pemilik perusahaan mempunyai kewajiban untuk memberi informasi mengenai peralatan yang digunakan untuk proses produksinya., termasuk bagaimana cara yang baik untuk mengatasi permasalahan kebisingan.

Berikut ini merupakan sejumlah cara pencegahan guna meminimalkan korban akibat kerja yang bising.

Lihat bagaimana pemakaian peralatan yang sebenarnya di lapangan. Apakah seorang yang berada di sekitar peralatan bisa berbicara serta mengerti terhadap pembicaraan lawan bicaranya dengan jarak dua meter tanpa berteriak ? Jika dia mesti berteriak maka kemungkinan besar bunyi yang dihasilkan oleh peralatan terbut bisa merusak pendengaran. Maka pihak perusahaan mesti melakukan tindakan.

Lakukanlah pengukuran serta penilaian terhadap bunyi atau suara oleh seseorang yang mengerti serta menentukan apa tindakan yang mesti dilakukan. Bisanya ialah memakai penutup telinga atau alat pelindung pendengaran. Bisa menggunakan Ear Muff atau Ear Plug.

Beritahu kepada orang-orang yang terpapar bunyi bahwa mereka tengah berada di tingkat risiko yang tinggi terhadap pendengarannya dan berilah penjelasan kepada mereka kutuk mengatasinya ke tingkat yang aman.

Apakah pekerjaan bisa dikerjakan dengan cara lain yaitu dengan tidak memakai peralatan yang bising ? Apabila bisa, maka pilih atau gunakanlah peralatan yang tak terlalu menimbulkan suara biang.

Pindahkanlah orang-orang yang tak begitu penting dari lokasi atau area kerja yang  bising. Pasanglah tanda guna memberi tahu kepada orang bahwa lokasi tersebut tingkat kebisingannya tinggi.

Jangan melakukan pekerjaan yang menimbulkan suara bising tinggi di dekat warga sekitar.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar