Kabel Roll Listrik Rusak ? Beginilah Cara Memperbaikinya

1

Kabel Roll Listrik Rusak ? Beginilah Cara Memperbaikinya

Kian banyak peralatan elektronik yang kita miliki menjadikan kebutuhan akan stop kontak kian bertambah, namun kebutuhan tersebut tak berimbang dengan jumlah stop kontak yang ada. Sedangkan untuk memasang jalur listrik baru permanen sudah tak memungkinkan lagi.

Maka dari itu banyak orang yang mencari alternatif  lain yang lebih praktis tanpa mesti memasang ataupun menyambung kabel, yaitu dengan cara memakai terminal roll kabel. Dengan terminal roll kabel kita hanya menghubungkan stekernya saja ke stopkontak yang ada di rumah, kemudian kabel roll tersebut tinggal ditarik sesuai dengan kebutuhan dan bisa langsung dipergunakan.

Baca: Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memasang Kabel Listrik

Kerusakan yang sering terjadi pada terminal roll listrik

#1 Mati total.

Listrik tak mengalir ke terminal stop kontak pada kabel roll walaupun stekernya sudah terpasang ke stop kontak, hal semacam ini bisa dilihat dengan tak menyalanya lampu indikator yang ada di dekat terminal kabel roll.

#2 Stop kontak di terminal Roll tak bisa dipergunakan, namun lampu indikator menyala.

Apabila listrik yang mengalir ke terminal roll listrik terkadang mati dan terkadang hidup, maka hal semacam ini akan ditandai mati serta hidupnya lampu indikator secara bergantian.

Berikut ini penjelasan mengenai bagaimana cara memperbaiki terminal kabel roll yang rusak.

  • Sebelum membahas mengenai bagaimana cara memperbaikinya, sebaiknya periksalah terlebih dahulu kabel roll tersebut, mungkin saja kerusakannya bukan pada kabel roll melainkan pada terminal steker dinding. Untuk mengetahuinya, periksalah kabel roll menggunakan tespen.
  • Bukalah sekrup yang terdapat pada terminal stop kontak kemudian pisahkan atau angkat penutup stop kontak tersebut
  • Lihatlah semua bagian yang ada di dalam kotak kabel roll, lihat apakah kedua kabel tersebut tersambung dengan baik dan benar ke terminal stop kontak ? Apabila ya maka kemungkinan besar jalur kabel dari terminal ke steker terdapat yang putus.
  • Masukkanlah steker ke stop kontak, kemudian tekan steker terminal roll ke posisi “ON”.
  • Masukkan bagian ujung tespen ke lubang terminal Roll listrik, lakukanlah pengujian seperti ini pada seluruh lubang.
  • Apabila semua lubang tak ada yang menyala satu pun, maka cobalah untuk mencabut steker selanjutnya masukkan kembali ke stop  kontak dengan posisi steker dibalik atau diputar 180 derajat.

Cara memperbaiki terminal kabel roll listrik

  • Bukalah sekrup bagian atas terminal selanjutnya angkat terminal. Setelah itu blikkan sehingga terlihat bagian bawahnya.
  • Periksalah sambungan kabel serta plat penjepit jari steker.
  • Biasanya Kabel roll tak berfungsi karena adanya karat yang menempel pada plat. Apabila pada plat terdapat karat, maka bersihkanlah karat yang ada pada plat tersebut memakai ampelas.
  • Periksa pula apakah plat ada yang longgar atau tidak, apabila plat terdapat yang longgar, maka kencangkanlah menggunakan tang atau menggunakan tangan.
  • Pasang kembali semua komponen, kemudian cobalah untuk menghubungkan kabel roll listrik ke stop kontak kemudian teslah satu stop kontak pada roll listrik dengan memasukan stekel peralatan elektronik ke stop kontak kabel roll, jika alat elektronik bisa menyala, itu berarti perbaikan berhasil dilakukan.

Jika anda ingin mengganti kabel yang baru, anda bisa kunjungi di ralali.com karena banyak varian harga kabel listrik dari yang murah – hingga terjangkau dan pastinya seller di ralali sangat ramah

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. Fariz berkata

    Mas saya mau bertanya. Di rumah saya ada colokan rol listrik yg seperti ini, tapi tidak ada tombol untuk on/offnya. Sebaiknya saat tidak dipakai apakah harus dicabut dari stop kontak permanen atau dibiarkan saja? Akankah membuang-buang listrik atau gimana? Terima kasih sebelumnya nas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar