Jenis Stabilizer Listrik? Yuk Kita Kenalan!

0

Jenis stabilizer listrik, mungkin Anda kenal secara menyeluruh yakni sebuah alat sebagai penstabil arus agar alat listrik di rumah tak mudah rusak. Tapi sedikitnya terdapat 4 jenis dan masing-masing memiliki kinerja dan peruntukan yang boleh dibilang tak sama.

Dalam ulasan ini Anda akan news.ralali.com bawa sedikit menelaah ‘jeroan’ yang terdapat pada sebuah stabilizer. Karena jika pada umumnya banyak orang mengetahui fungsi stabilizer listrik dan sistem kerja stabilizer listrik, maka pembahasan ini beda.

Cukup pada tahap berkenalan dengan jenis stabilizer listrik, selebihnya, Kami akan mengetengahkan pembahasan lain. Berikut 4 jenis penstabilan yang dimiliki oleh stabilizer listrik;

Servo Motor

Jenis Stabilizer Listrik? Yuk Kita Kenalan!
Stabilizer-Servo-Motor

Jenis penstabilan yang memakai motor servo didalam stabilizer ini adalah dimana motor akan berputar untuk mendapatkan tegangan yang stabil. Akibatnya, diperlukan waktu 2 hingga 5 detik sehingga mencapai kestabilan, dan tidak ada penyaring (filter) terhadap gangguan listrik (spikes, surge, sag, petir).

Relay

Jenis Stabilizer Listrik? Yuk Kita Kenalan!
Relay-Stabilizer

Penstabilan listrik yang menggunakan beberapa relay bekerja bila tegangan listrik naik atau turun. Akibatnya reaksinya amat cepat, tapi rentang kestabilan kurang baik dengan ilustrasi kurang lebih 5%. Jenis ini umumnya tidak dilengkapi dengan filter.

Digital Control

Jenis Stabilizer Listrik? Yuk Kita Kenalan!
Digital-Control-Stabilizer

Sistem ini menggabungkan penggunaan relay dan triac (sejenis transistor) untuk menstabilkan listrik. Sistem ini lebih canggih dibandingkan dengan sistem relay, dan juga dilengkapi dengan filter.

Ferro-Resonant/ Line Conditioner

Jenis Stabilizer Listrik? Yuk Kita Kenalan!
Ferro-Resonant

Sistim ferro resonant inilah yang paling handal. Untuk memberikan kestabilan pada beban, reaksi/ responsenya sangat cepat, hanya perlu 0,04 detik saja. Lebih stabil dibanding jenis lainnya, dapat juga menyaring listrik lebih bagus dari model digital control stabilizer, mengunakan trafo isolasi, dan kapasitor (untuk meredam spikes, surge, sag, noise, dan spike dari petir). Oleh karena itu sering disebut juga sebagai Line Conditioner atau Power Conditioner.

Itulah 4 jenis stabilizer listrik yang telah Anda kenal. Sebagai rekomendasi untuk jenis yang bisa Anda gunakan tentu pada urutan terakhir, selain memiliki ketahanan material, fitur komponen yang dimiliki jenis stabilizer ini juga cukup referensial dibanding jenis lain. Konsekuensinya, harga yang dipatok tentu lebih mahal dibanding dengan harga stabilizer lain dengan fitur yang juga berbeda.

Baca juga : Amankan Perangkat Elektronik Anda Dengan Stabilizer Listrik

Beberapa tipe tentu memiliki harga yang berbeda, tak menutup kemungkinan penjual yang memberikan harga relatif lebih mahal atau murah. Nah, Untuk mendapatkan rujukan harga tentang stabilizer terbaik Anda bisa mendapatkan di alamat berikut ini https://www.ralali.com/c/stabilizer-hl0676 . Semoga bermanfaat.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar