Cara Mudah Merawat Termometer Setelah Digunakan

0

Cara Mudah Merawat Termometer Setelah Digunakan

Cara Mudah Merawat Termometer Setelah Digunakan – Termometer dikenal sebagai alat untuk mengukur suhu tubuh terlebih ketika seseorang angah mengalami lemah tubuh semisal demam serta flu. Umumnya termometer dipergunakan dengan cara menempelkan langsung ke bagian tubuh tertentu semisal termometer oral, termometer telinga serta termometer dubur. Karena penggunaannya yang amat personal inilah, bahwa termometer memerlukan langkah perawatan secara khusus supaya kondisinya tetap steril serta tak menyimpan kuman sewaktu digunakan kembali.

Baca: Cara Tepat Menggunakan Termometer Pada Anak

Termometer juga diciptakan dengan menggunakan bahan baku yang berbeda-beda, seperti plastik dan kaca, oleh karena itu juga benda ini tidak bisa diperlakukan sembarangan. Meskipun merupakan alat bantu kesehatan yang memiliki fungsi sebagai pengukur suhu, tapi tidak berarti bahwa termometer pasti bisa bertahan di suhu tinggi untuk membunuh kuman yang menempel.

Merawat termometer sama sensitifnya seperti merawat bayi sebab sewaktu dibersihkan memakai air panas, akan terjadi ketidakstabilan suhu pada termometer yang kemudian membuat termometer kehilangan fungsinya. Ketika hendak melakukan perawatan pada termometer, sebaiknya Anda mengetahui bagian mana yang disebut pengukur suhu (ujung) serta bagian yang disebut pegangan. Termometer dapat dibersihkan dengan cara mencelupkannya pada air hangat. Namun ingat, yang dicelupkan ialah pegangan termometernya saja.

Baca: Infrared Thermometer Mengukur Suhu Tanpa Menyentuh Obyek

Apabila proses pencelupan sudah selesai, setelah itu cucilah termometer dengan menggunakan air bersabun serta bersihkanlah dengan telapak tangan. Apabila termometer yang Anda miliki termasuk ke dalam termometer digital, maka berhati-hatilah untuk tak merusak bagian elektroniknya. Kemudian usapkanlah cairan antibakteri semisal alkohol ataupun jenis larutan yang lainnya. Usapkanlah secara perlahan supaya kuman yang menempel pada termometer benar-benar mati dan tak menempel kembali. Larutan yang menempel mesti dicuci ulang dengan menggunakan air hangat, sehingga takkan ada bahan-bahan kimia alkohol yang mungkin saja bisa masuk ke tubuh pemakai termometer yang selanjutnya. Langkah pembilasan sebaiknya dilakukan dua kali.

Apabila termometer sudah dibersihkan seluruhnya, maka pakailah plastik baru guna menyimpan termometer serta tempatkanlah termometer di kotak yang bersih dan kering. Termometer yang bersih pun sebelum dipergunakan mesti dicuci kembali sebab proses penyimpanan pun bisa memungkinkan debu untuk menempel.

Cara membersihkah seperti di atas hanyalah untuk membersihkan termometer standar saja. Bagaimana, merawat termometer tidak sulit bukan ? Termometer yang kerap dipergunakan untuk mengukur suhu tubuh tak dapat diabaikan perawatannya. Semakin steril termometer, maka akan semakin berkurang pula kemungkinan kuman akan menular.

Untuk melihat berbagai Thermometer dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat anda cek di website Ralali. Ralali jual thermometer dengan varian merk dan tipe yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar