Cara Menghilangkan Rasa Haus Saat Puasa & Tetap Fit Saat Beraktivitas

0

Hai para sobat ini dia tips menghilangkan rasa haus saat puasa yang bisa mempermudah kamu menjalaninya

Saat menjalani ibadah puasa, tubuh biasanya akan merasa lelah juga mengantuk akibat dehidrasi. Nah untuk meminimalisir efek negative ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, agar kamu tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan baik selama bulan baik ini. Namun sebelum lebih jauh lagi, ada baiknya cek dulu yuk seperti apa sih ciri-ciri dehidrasi itu

Tanda-tanda dari gejala dehidrasi

Ciri -ciri dehidrasi
Source: ultimareplenisher
  • Merasa haus dan pusing
  • Mulut dan kulit kering
  • Tubuh merasa lelah
  • Mudah merasa ngantuk
  • Sakit kepala

Jika kamu merasakan gejala di atas berarti tubuh kamu sedang merasakan dehidrasi, lalu apa sih cara menanggulanginya

Baca Juga: Jangan Asal Ikut Tren Jus Seledri, Sebelum Tahu Manfaatnya

Pengobatan Dehidrasi

Air Putih / Jus Buah

Resep jus seledri
Source: idn times

Saat mengalami dehidrasi kamu perlu mengganti cairan dan mineral dengan cara minum air putih atau jus buah encer. Tidak ada salahnya untuk Mengonsumsi minuman manis selama itu tidak berlebihan. Gula yang terkandung di dalam buah bisa membantu meningkatkan glukosa dalam tubuh yang hilang, sedangkan jika kamu memilih snack asin ini dapat berfungsi untuk menggantikan garam yang hilang. Namun ini semua harus disesuaikan dengan usia dan penyebabnya ya.

Oralit

Cara menghilangkan rasa haus saat puasa

Saat terjadi dehidrasi oralit bisa membantu kam mengembalikan keseimbangan kadar zat dalam tubuh seperti gula, garam. Untuk itu pilihlah produk oralit yang terpercaya dan konsultasikan jika kamu masih ragu.

Fakta menunjukan kalau apa yang kamu makan saat sahur, mempengaruhi tingkat rasa haus di siang hari

Berpuasa berarti menahan haus dan lapar, dan sangat wajar jika kamu bisa merasa kering di mulut dan tenggorokan. Nah jika sudah tahu hal seperti ini ada baiknya kamu melakukan pencegahan terlebih dahulu seperti yang berikut ini

Kurangi Kegiatan yang menguras cairan tubuh

Pekerjaan sampingan
Pekerjaan sampingan jaman now

Jika kamu seorang yang aktif dan suka melakukan banyak kegiatan, ada baiknya jika di bulan puasa ini kamu mengurangi aktivitas kamu agar tidak kelelahan dan menguras cairan tubuh terlalu berlebihan.

Faktor makanan

Sehat saat berpuasa

Saat berbuka puasa cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat, agar tidak merasa haus dan lapar yang berlebihan. Ingat loh pola makan yang tepat, sehat, dan seimbang bukan hanya menutrisi tubuh, tapi juga membantu kamu bertahan seharian mengatasi rasa haus dan lapar.

Cara mengatasi haus saat puasa

Cara menghilangkan rasa haus saat puasa

Tahukah salah satu penyebab kamu mengalami dehidrasi adalah ketika suhu tubuh terlalu panas, dan jika ini terjadi kamu bisa menurunkan suhu tubuh dengan mandi di air yang sejuk.

Di samping itu salah satu cara lainnya untuk menurunkan suhu tubuh lainnya adalah dengan menaruh es batu di dalam handuk tipis, dan letakan selama 2 menit di urat nadi leher maupun pergelangan tangan.

Hal sederhana ini bisa membuat tubuh lebih dingin, karena titik nadi sendiri adalah area dimana pembuluh darah dekat dengan permukaan kulit, yang nantinya akan ditransfer ke tubuh.

Letakan juga handuk dingin di sekitar pangkal kepala dan leher selama 5-10 menit, karena di spot inilah banyak pembuluh darah yang ada di permukaan kulit.

Tips lancar ibadah puasa ramadhan

Tentunya kamu ingin ibadah puasa bisa berjalan baik bukan? Cobalah beberapa tips untuk mengatasinya seperti yang berikut ini

Tingkatkan minum air putih saat sahur

Berapa air yang harus dimunum dalam sehari

Sebisa mungkin minumlah air putih yang cukup saat berbuka puasa, dan hal ini nantinya akan membuat kamu bisa terhidrasi dengan baik. Untuk mempermudah kamu gunakanlah wadah botol ukuran 1-2 liter yang bisa menjadi target yang harus diminum dalam sehari.

Perbanyak makan buah-buahan

Manfaat masker strawberry

Dengan mengonsumsi buah-buahan, kamu bisa mendapatkan asupan cairan dalam tubuh sekaligus glukosa yang akan membantu kamu mengatasi rasa haus saat berpuasa seharian.

Beberapa buah yang banyak mengandung air seperti Semangka, Melon, rapsberry, blueberry, nanas dan anggur. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi secara langsung, di jus, atau dibuat menjadi salad.

Konsumsi yogurt

Manfaat Yogurt

Fakta menunjukan kalau yogurt mengandung 85% air, dan memiliki kandungan nutrisi, kalsium, dan protein yang bisa melengkapi nutrisi kamu saat berpuasa. Jika suka kamu bisa menambahkan buah-buahan ke dalam yogurt agar lebih segar.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.