Memulai Bisnis Bersama Ralali.com

Cara Penyajian Teh Poci yang Benar Ala Moci Tegal untuk Menambah Sensasi Baru Minum Teh di Rumahmu

0

Teh Poci Tong Tji

Bagi wong Tegal, minum teh sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka sehari-hari, sementara minum teh menggunakan poci tanah liat merupakan budaya yang terus dilestarikan di wilayah pesisir utara Jawa Tengah ini.

Di Tegal sendiri budaya minum teh poci biasa disebut dengan moci, untuk itu kalau kamu pernah ke kota Tegal kamu pasti disarankan untuk moci terlebih dahulu. Moci atau minum teh poci akan tersedia di setiap warung makan yang ada di Tegal, inilah mengapa minum teh poci menjadi budaya di kota ini.

Buat kamu yang berada di luar kota Tegal, kamu masih bisa menikmati teh poci dengan membuatnya sendiri di rumah. Agar teh poci yang kamu buat semakin nikmat, kamu harus melakukan 4 hal berikut.

1. Pastikan Kamu Memiliki Poci yang Terbuat dari Tanah Liat

Pada dasarnya teh poci merupakan teh yang diseduh dalam ceret terbuat dari tanah liat yang disebut dengan poci. Teh yang diseduh dalam poci ini  akan menghasilkan teh yang berwarna hitam lebih pekat dengan aroma wangi melati yang merupakan aroma teh yang biasa dipakai untuk teh poci itu sendiri.

Rasanya kurang nikmat kalau kamu membuat teh poci tanpa menggunakan poci dari tanah liat. Untuk itu, peralatan yang wajib kamu miliki untuk membuat teh poci adalah poci tanah liat itu sendiri.

Jika kamu memiliki poci yang baru, lakukan cara ini untuk membersihkan poci beserta gelas tanah liatnya untuk menghilangkan bau tanah :

  • Tuangkan 10 gram teh ke dalam poci
  • Seduh dengan menggunakan air mendidih
  • Diamkan selama kurang lebih 24 jam sampai tidak ada aroma tanah liat
  • Setelah itu cuci dengan air bersih tapi jangan menggunakan sabun atau sejenisnya karena akan menyisakan bau sabun pada poci
  • Keringkan terlebih dahulu lalu simpan pada tempat yang bersih.

2. Lakukan Penyajian Teh Poci dengan Benar

Cukup mudah untuk membuat teh poci dengan nikmat, untuk membuat teh poci ala moci Tegal kamu bisa ikuti cara berikut :

Bahan-bahan :

  • 10 Gram Teh Tong Tji Melati (1 bungkus kecil)
  • 300 ml air Mendidih
  • Gula batu secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Cuci terlebih dahulu poci yang akan digunakan dengan segelas air panas
  • Tuangkan 10 gram teh Tong Tji Melati ke dalam poci
  • Tuangkan air yang mendidih, aduk-aduk dan diamkan sekitar 3 menit
  • Sediakan gula batu secukupnya pada cangkir yang juga terbuat dari tanah liat
  • Tuangkan air teh kedalam cangkir
  • Moci Tegal siap kamu nikmati

3. Nikmati Teh Poci Sesuai Filosofinya dan Padukan dengan Cemilan yang Tepat

Ada sebuah filosofi yang unik di dalam menikmati teh poci, jika biasanya kita membuat teh langsung dicampur dengan gula pasir,  membuat teh poci kamu harus menggunakan gula batu.

Ketika kamu minum teh tersebut, awalnya teh akan terasa sepet dan sedikit pahit sementara setelah gula batu mencair dan teh dalam cangkir tinggal sedikit maka rasanya akan manis, orang jawa biasanya menyebut “Nasgitel” yang merupakan singkatan dari panas, legi (manis), dan kentel (kental). Filosofi minum teh poci ini diibaratkan hidup, yang mana awal-awal kita akan merasakan pahitnya menjalani hidup dan setelah lama berjuang dan mendapatkan kesuksesan kita akan merasakan manisnya.

Di Tegal sendiri menikmati teh poci biasanya dipadukan dengan tahu aci, kamu yang menikmati teh poci di rumah bisa memadukannya dengan tempe mendoan atau pisang bakar.

4. Buat Variasi untuk Membuat Sensasi Minum Teh Poci

Menikmati teh poci juga bisa kamu padukan dengan berbagai pilihan varian topping atau tambahan rasa seperti daun jeruk purut, jeruk nipis, dan jahe juga bisa kamu coba untuk menambah sensasi baru dalam minum teh poci di rumahmu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.