Memulai Bisnis Bersama Ralali.com

IB BRI atau Internet Banking BRI untuk Transfer Antar Bank dan Belanja Online

0

ib bri

Layanan Internet Banking yang sering disingkat IBank atau IB, merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh bank seperti BRI untuk mempermudah para penggunanya dalam bertransaksi, kemudahan yang diberikan seperti mengecek saldo, melakukan pembayaran antar bank (saat belanja online), dan melihat arus masuk keluarnya uang.

Selain berbagai kemudahan di atas, ada berbagai kemudahan lainnya yang ditawarkan yaitu Anda juga bisa menggunakannya untuk melakukan pembelian pulsa telepon atau smartphone, bisa juga digunakan untuk top up saldo gojek. Namun sangat disayangkan ternyata internet banking BRI ini tidak seperti bank-bank lain pada umumnya, karena Anda akan dikenakan biaya sewaktu melakukan transaksi dengan internet banking BRI. Masalahnya jika Anda tidak memiliki saldo atau pulsa yang cukup pada smartphone, maka transaksi Anda tidak bisa dilanjutkan pada tahap berikutnya. Itu artinya proses transaksi Anda akan gagal kecuali Anda mengisi pulsa secepatnya. “Sedia payung sebelum hujan” adalah prinsip transaksi dengan internet banking BRI ini.

Oke langsung pada topik, ini dia beberapa langkah cara transfer antar bank dengan menggunakan internet banking BRI atau IB BRI .

Transfer Antar Bank dengan IB BRI di “IB BRI CO ID”

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk atau login terlebih dahulu di situs resmi Bank Rakyat Indonesia (BRI) di ib bri co id lebih lengkapnya -> https://ib.bri.co.id/ib-bri/id.

2. Selanjutnya isilah username, password, dan ketik kode captcha/kode validasi yang tertera pada halaman BRI tersebut. Klik “masuk”.

3. Pada halaman selanjutnya, klik menu “transfer sesama & antar bank”. Dikarenakan Anda akan mentransfer pada bank yang berbeda, maka kliklah menu “transfer antar bank” yang terdapat pada bagian sebelah kiri.

4. Isilah data-data penerima dengan benar. Pengisian datanya dimulai dari:
• Dari rekening: pilih rekening bank Anda.
• Bank tujuan: pilih bank apa yang digunakan oleh si penerima.
• Nomor rekening: masukkanlah nomor rekening si penerima dengan benar disertai dengan kode bank nya.
• Jumlah: isikan berapa jumlah yang akan ditransfer tanpa adanya penggunaan tanda titik atau koma.
• Nomor referensi nasabah: Anda bisa melewati tahap ini, namun jika Anda berbelanja dengan online isilah nomor invoicenya disini.
• Berita: bisa diisikan dengan nomor invoice saat melakukan pembelanjaan secara online.
• Email penerima: isikanlah dengan benar terkait email si penerima.

Setelah mengisi keseluruhan data, klik “kirim”.

5. Selanjutnya akan ditampilkan kolom pengisian data yang telah Anda isi sebelumnya. Periksalah apakah pengisiannya sudah benar atau masih terdapat kesalahan. Jika memang sudah benar, maka langsung login dan klik permintaan m-token.

6. Periksa pesan masuk di smartphone Anda karena kode m-token akan dikirimkan kesana melalui sms. Nomor telepon telepon yang digunakan adalah nomor telepon yang sudah terdaftar sebelumnya. Isilah kode m-token yang sudah diterima pada halaman transfer internet banking BRI. Lalu klik “kirim”.

7. Proses selesai!
Jika Anda belum pernah melakukan transfer dengan menggunakan internet banking memang akan timbul kekhawatiran dan rasa takut akan keberhasilan transaksi. Namun Anda dapat mengatasinya dengan menonton tutorial di youtube atau membaca artikel ini. Itulah beberapa cara menggunakan internet banking BRI untuk transfer antar bank.

Kalau sudah bisa melakukan transfer dengan menggunakan Ib BRI, lalu bagaimana caranya jika ingin belanja secara online dan melakukan proses pembayarannya dengan ib bri???

Baca juga : Cara Aman Transfer Dengan Internet Banking BNI Atau Ibank BNI

Bagi kamu para olshoppers (sebutan bagi orang yang hobi belanja online) mungkin transaksi dengan menggunakan internet banking sudah tak asing lagi bagimu. belanja secara online sudah semakin banyak dilakukan dewasa ini. Sistem belanja online tidak hanya digandrungi oleh kaum muda saja, namun kini orang tua dan anak remaja juga sudah mulai melakukannya. Belanja secara online dianggap menjadi solusi bagi orang-orang yang “malas” atau lebih tepatnya “tidak memiliki waktu” yang cukup untuk terjun langsung membeli kebutuhan yang diinginkan. Pembukaan toko online baru juga semakin banyak ditemukan, mulai dari toko online besar yang sudah berlisensi maupun toko kecil yang tidak berlisensi. Walaupun tidak berlisensi namun tetap dipercaya pastinya, dapat dilihat dari testimoni para pelanggan yang sudah pernah berbelanja sebelumnya. Uniknya dari belanja online ini adalah proses pengiriman yang sudah global, artinya tidak hanya dikirimkan pada wilayah lokal saja namun juga sudah dikirimkan ke beberapa wilayah di luar negara tempat toko online tersebut berada misalnya se-Asia.

Kemudahan yang ditawarkan tidak saja hanya pada tersedianya belanja online, namun juga diikuti dengan kemudahan proses pembayaran. Karena kini telah banyak metode pembayaran yang ditawarkan oleh beberapa toko online, seperti COD (Cash On Delivery), pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit, transfer ATM, Doku Wallet, pembayaran Finpay, internet banking dan lain sebagainya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Internet banking adalah Metode yang ditawarkan oleh banyak bank yang ada di Indonesia seperti BRI (Bank Rakyat Indonesia). Cara kerjanya adalah dengan mengakses rekening BRI yang dimiliki nasabah melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat lunak browser pada komputer.

e-Pay Layanan Internet Banking BRI Untuk Pembayaran Online.

Perkembangan yang semakin pesat membuat BRI mengeluarkan layanan internet banking baru yang disebut e-Pay. Dengan menggunakan e-Pay ini, Anda tidak perlu lagi repot mengingat kode booking pesanan online Anda dan melakukan pembayaran online ke ATM serta melakukan konfirmasi pembayaran. Mengapa? Karena transaksi belanja online Anda sudah otomatis terekam jika melakukan pembayaran dengan e-Pay. Ngomong-ngomong soal internet banking e-Pay, langkah apa yang harus Anda lakukan untuk menikmati layanan ini?

Langkah Langkah Menggunakan e-Pay BRI

  1. Pastikan bahwa Anda adalah benar nasabah bank BRI dan sudah melakukan registrasi untuk
    dapat melakukan layanan IB BRI. Registrasi dapat Anda lakukan melalui ATM BRI
    terdekat di kota Anda atau di Kantor Cabang BRI itu sendiri.
  2. Masuklah pada situs toko online yang Anda inginkan, lalu mulailah berbelanja disana. Pilihlah
    barang yang memang Anda butuhkan.
  3. Setelah siap berbelanja, klik keranjang belanja dan lakukanlah pengisian alamat pengiriman. Isi
    alamat dengan benar, karena kesalahan pengetikan bukan menjadi tanggung jawab toko online
    yang bersangkutan. Klik ‘Lanjutkan” jika sudah selesai.
  4. Pilihlah opsi pembayaran dengan menggunakan metode e-Pay.
  5. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman metode pembayaran dengan e-Pay. Isikanlah
    user ID IB BRI dan passwordya beserta nomor telepon yang Anda gunakan sewaktu
    mendaftar.
  6. Setelah itu, nomor paycode/kode pembayaran akan langsung dikirimkan ke nomor handphone
    yang Anda gunakan.
  7. Selanjutnya Anda akan menerima bukti transaksi pembayaran yang akan secepatnya dikirimkan
    melalui email/sms kepada para pengguna layanan e-Pay BRI.
  8. Pembayaran selesai!

Baca juga : BNI Mobile Banking Untuk Pembayaran Belanja Online

Setelah mengikuti langkah di atas, Anda tinggal menunggu barang orderan Anda sampai di rumah sesuai dengan estimasi waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Perlu Anda ketahui bahwa layanan e-Pay BRI ini bisa digunakan oleh seluruh user IB BRI yang notabene adalah nasabah asli dari BRI itu sendiri. Bagaimana prosesnya? Cukup mudah bukan? Itulah langkah menggunakan IB BRI atau Internet Banking BRI untuk Transfer Antar Bank dan Belanja Online.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.