Flush Closet Duduk Anda Rusak? Kenali 4 Cara Perbaikannya Disini

17

Flush closet duduk – Perubahan tren untuk jenis closet saat ini boleh dibilang mulai terlihat, beberapa pemilik rumah kerap mengaplikasikan jenis closet duduk sebagai alat sanitasi yang tersedia dalam kamar mandi. Tak hanya itu, pengembang perumahan saat ini juga mengaplikasikannya guna memiliki nilai jual kepada konsumen. Terlepas dari itu, apakah sudah lazim diketahui bagaimana cara melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan?

Hal ini tentu belum banyak diketahui oleh pemilik rumah sekalipun, nah, melalui pembahasan ini Kami akan mengutarakan kerusakan yang kerap terjadi pada closet jenis ini.

Flush Closet Duduk Anda Rusak? Kenali 4 Cara Perbaikannya Disini
Cara-Perbaikan-Closet

Perbaikan Flush Closet Duduk

Mengapa flush? Alasannya tentu adalah karena komponen ini merupakan hal paling sering terjadi kerusakan. Ditambah lagi, bagian ini merupakan paling sering digunakan dan bersentuhan langsung dengan pengguna.

Adapun beberapa penyebab kerusakan pada bagian flush adalah, pada karet rangkaian sistem flush seperti karet penyumbat, ring handle serta pengatur tingi rendahnya air meskipun merk closet duduk Toto sekalipun yang memiliki nama cukup terkenal, kerusakanpun tak terhindar jika memang telah termakan usia.

Jika Anda mengetahui cara memperbaiki komponen tersebut maka silahkan gunakan cara yang Anda ketahui, namun jika tidak maka beberapa cara ini bisa Anda lakukan sebagai langkah mudah dalam melakukan perbaikan. Penasaran seperti apa, berikut adalah cara perbaikan flush closet duduk sederhana dan bisa Anda lakukan;

1. Analisa Kerusakan

Flush Closet Duduk Anda Rusak? Kenali 4 Cara Perbaikannya Disini
Analisa-Kerusakan

Beberapa kerusakan mungkin saja bukan disebabkan dari flush, seperti telah disinggung sebelumnya, bisa saja disebabkan karena sistem mekanis yang terdapat pada flush tersebut, bisa jadi tali atau rantai pengait jika jenis flush adalah tuas, kemudian beberapa bagian karet, atau tombol macet jika jenis flush adalah tombol.

2. Buka Tutup Penyimpanan Air

Flush Closet Duduk Anda Rusak? Kenali 4 Cara Perbaikannya Disini
Buka-Tutup-Penyimpan-Air

Jika telah teranalisa bagian yang mengalami kerusakan maka buka tutup penyimpan air tersebut, kemudian langsung menuju tempat kerusakan. Untuk melakukan perbaikan jenis komponen flush maka ikuti langkah selanjutnya di urutan ke-3.

3. Ganti atau perbaiki

Flush Closet Duduk Anda Rusak? Kenali 4 Cara Perbaikannya Disini
Ganti-dan-Perbaiki-Komponen-yang-Rusak

– Flapper

Ini merupakan bagian mekanis flush dari sebuah wc (water closet), komponen ini terletak di bagian tengah sisi bawah persis penyimpanan air, katup flapper ini berfungsi membuka bejana penyimpan air untuk di salurkan ke area pembuangan kotoran. Kerusakan biasanya disebabkan karena sangat sering digunakan sehingga menjadi lemah hingga akhirnya longgar, aus hingga akhirnya bocor. Sebagai solusi perbaikan, lepaskan karet flapper dan ganti dengan yang baru.

– Katup Pengisi Air

Flush Closet Duduk Anda Rusak? Kenali 4 Cara Perbaikannya Disini
Katup-Pengisi-Air

Umumnya komponen ini terletak di sisi kiri penyimpan air, sebagai pengatur masuknya air ke penampungan maka kinerjanya pun bisa menjadi lemah karena sering digunakan, selain intensitas penggunaan, karat karena kadar air yang terlalu banyak kandungan besi dan tidak terlampau jernis maka bisa dijadikan sebagai penyebab kerusakan flush. Solusinya cukup mudah, cari segel karet yang terletak di bagian dalam karena ini merupakan penyebab utamanya, gunakan obeng untuk bantuan dan gantilah dengan yang baru. Mudah bukan? Atau penyebab kerusakan juga bisa terjadi pada valve sumber air yang biasa berada di bagian bawah, jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar menggantinya dengan komponen baru.

– Tuas atau tombol dan Tali

Flush Closet Duduk Anda Rusak? Kenali 4 Cara Perbaikannya Disini
Tuas-Tombol-dan-Tali-Closet-Duduk

Seperti yang telah Kami utarakan sebelumnya bahwa kerusakan flush closet duduk bisa disebabkan oleh tombol macet, tali rantai putus atau tersangkut, tuas patah. Solusinya, jika tali maka lakukan penyambungan dengan alat yang sekiranya bisa memperbaiki, penjepit, peniti atau alat lain. Jika permasalahan masih saja terjadi maka ganti dengan yang baru atau kanibal dengan sistem mekanis yang sama.

Mengapa hal seperti ini dalam melakukan perbaikan selalu saja diakhiri dengan mengganti yang baru, hal ini semata-mata karena faktor usia dari penggunaan alat tersebut seberapa kuat bertahan, dan dalam waktu tertentu komponen serta beberapa komponen memang laik untuk diganti dengan yang baru mengingat penggantian komponen amat jarang dijual eceran atau satuan.

4. Uji Coba

Flush Closet Duduk Anda Rusak? Kenali 4 Cara Perbaikannya Disini
Uji-Coba

Nah, inilah proses terpenting dalam melakukan perbaikan. Setelah melakukan perbaikan atau penggantian dengan komponen baru maka amat sangat dianjurkan untuk melakukan uji coba, pasalnya sifat air dan sistem mekanis sederhana namun memungkinkan terdapat ketidaktelitian sehingga mengakibatkan kebocoran atau disfungsi mekanis. Jika semua telah bekerja dengan baik dan tak terdapat kerusakan lain maka Anda berhasil melakukan perbaikan atau penggantian.

Demikian ulasan dari ralali.com mengenai proses perbaikan sederhana pada closet duduk yang bisa Anda lakukan. Mungkin terdapat cara lain yang bisa Anda gunakan untuk melakukan perbaikan dan itu sah-sah saja, karena tujuan akhir adalah menormalkan kembali fungsi kerja komponen yang bermasalah. Alhasil pertanyaan tentang kerusakan flush closet duduk bukanlah masalah besar. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

17 Komen

  1. Darren berkata

    Kak, itu kalau flappernya kira” beli dimana yah yg american standard tipe S38. Bingung nih kegnya gaada dealer officialnya di IDN

    1. angga ralali
      angga ralali berkata

      Halo kak, Terima kasih sudah berkunjung.
      Untuk melakukan pemesanan flapper Anda bisa mengunjungi website kami > Ralali.com , dan request dengan menghubungi nomor telp Costumer Service kami.

  2. wina berkata

    kalau mau service flush closet bisa tidak datang ke rumah.. merk toto..
    tlg confirmasi nya..
    mkasi

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂

      Mohon maaf bapak, kami tidak melayani service. RALALI.com adalah Online B2B Marketplace satu-satunya di Indonesia yang menyediakan berbagai barang-barang yang berhubungan dengan MRO (Maintenance, Repair dan Operation) dan kebutuhan bisnis lainnya.

  3. koko berkata

    Halo kak,kloset saya merk toto.airnya kok susah ngisi lagi (agak lama gitu) biasanya cepet.kira2 apanya yg rusak ya …makasih

  4. Tri berkata

    mohon bantuan… dimana saya bisa dapat katup pengisi air kloset duduk merk lexus, apa di depo bangunan ada.. kalau ada di depo mana? trims.

    1. Ahmad Vei
      Ahmad Vei berkata

      Haloo,,
      Bisa minta nomor telepon Bapak/Ibu yang dapat dihubungi? Selanjutnya tim kami akan menghubungi Bapak/Ibu.

      Terima kasih.

  5. Panji berkata

    Untuk pengisi air rembes terus airnya apa krn dari karetnya? Didalemnya byk pasir untuk membersihkan bagaimana

  6. Khaerin berkata

    Selamat sore Pak Ahmad, saya ada problem pada kloset duduk merek toto model lama, dimana katup otomatisnya untuk mengatur masuk dan keluarnya air (bocor) tidak berfungsi dengan baik, sehingga airnya tidak bisa berhenti. sudah saya bongkar, kelep karet sudah saya bersihkan, tapi belum dapat solusinya. mohon bantuannya agar kloset saya tidak bocor lagi. terima kasih banyak seblm dan sesudahnya.

  7. Eva berkata

    Artikelnya bagus.
    Mau tanya dong.. Kalo pas ngeflush air keluar dari baut2 yg bawah kenapa ya?
    Trima kasih sebelumnya

  8. Budi Santoso berkata

    Saya butuh kawat + tombol flashing closet kodok atau type one piece merk tidy. Bisa bantu?

  9. Budi berkata

    Sy baru beli closet duduk yang baru, kemudian baru dipasang dan belum lama dipakai.
    Dan di pipa air pembuangan kotoran pada colset tidak mampet.
    Namun kenapa flash airnya tidak lancar dan lama sehingga airnya tidak cepat turunnya dan kotorannya tidak tersedot kedalam.
    Mohon saran dan petunjuknya.
    Tks

  10. Robi berkata

    antara penampung air dan clozet,sambungan ada air merembes, apa ada teknisi utk perbaharui lapisan nyambung nya?brp ongkosnya? rmh di lebak bulus jkt slt.Mohon tlp ke 0217501511, robimerk american style

  11. Janri Damanik berkata

    closet saya merk toto (eco-flash) ada masalah dimana air terus- menerus keluar dari lubang penyiraman. Mohon bantuan bagaimana memperbaikinya. terima kasih

  12. irwan ario c wibowo berkata

    Mohon bantuan utkvrepair cliset merk toto air isinya utk menyiram rusak. Tukang sevice cliset duduk merk toto disurabaya alamatnya dimana dan. Spare part belinya diman

  13. irwan ario c wibowo berkata

    Closet duduk merk toto utkvtekan air pompa rusak. Alamat tukang service toto di surabaya no telp brp

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.