Closet Duduk atau Closet Jongkok, mana yang terbaik ?

0

closet duduk atau closet jongkok

Dalam kehidupan sehari-hari, Buang Air Besar atau BAB tidak akan terlewatkan dan pastinya pada setiap kamar mandi rumah wajib terdapatkan closet. Bayangkan jika didalam kamar mandi kita tidak terdapatkan closet, contohnya seperti masyarakat yang berada di desa kumuh yang didalam kamar mandi rumahnya tidak terdapatkan closet dan terpaksa ketika hendak buang air besar (BAB) harus melakukannya di sungai yang kemudian akan menimbulkan berbagai macam penyakit-penyakit menular seperti penyakit disentri dan penyakit cacingan dikarenakan meminum air yang telah tercemar bakteri atupun penyakit kulit yang disebabkan menggunakan air sungai yang kotor.

Seiring berjalannya waktu terdapat dua macam closet yakni closet duduk dan closet jongkok. Closet jongkok adalah closet jenis lama yang telah dipergunakan sejak puluhan tahun yang lalu dan hingga sampai saat ini masih banyak yang memakai closet jongkok dan sedangkan untuk closet duduk adalah closet modern, banyak perusahaan serta rumah yang sudah menggunakan closet duduk ini.

Dalam hal kenyamanan, ketika buang air besar para pembaca pun tentunya lebih nyaman menggunakan closet duduk ketimbang menggunakan closet jongkok. Menggunakan closet duduk lebih nyaman pada saat membuang hajat, serta menggunakan closet duduk tentunya sangat membantu bagi ibu hamil, dan mengurangi risiko terjatuh dikarenakan tidak susah payah dalam menjaga keseimbangan. Keuntungan lainnya terhadap pemakaian closet duduk dikarenakan closet ini begitu identik terhadap gaya hidup modern, sehingga memiliki closet duduk di dalam kamar mandi rumah setidaknya bisa menaikan status sosial pemilik rumah. Lebih lagi saat ini closet duduk telah ditambahkan fasilitas canggih semacam jet washer maupun eco washer selaku permbersih otomatis.

Baca Juga : Cara Membersihkan Bathtub Agar Bersih dan Terhindar Dari Kuman

Akan tetapi rupanya seluruh kenyamanan yang diberikan oleh closet duduk tidak sepenuhnya berguna bagi kita lho. Salah satu peneliti berasal dari negara Israel yaitu Dr. Dov Sikirov menerangkan dalam journal Digestive Diseases and Sciences bahwa posisi duduk ataupun posisi jongkok memberikan dampak besar akan kenyamanan ketika “buang hajat”.  Ia melakukan penelitian guna memperoleh perbandingan antara closet jongkok dengan closet duduk.

Ia menginstruksikan kepada sejumlah responden untuk BAB dengan tiga posisi yang berbeda. Ada yang buang air besar pada closet duduk dengan tinggi 16 inci, closet duduk dengan tinggi 12 inci, serta buang air besar pada closet jongkok. Setiap responden pun diminta untuk mencatat berapa lama waktu mereka dalam buang air besar serta kesulitan apa saja yang dialami.

posisi closet duduk dan jongkok

Hasil studi pun menunjukkan, bahwa pada saat responden tersebut buang air besar dengan posisi jongkok, ia memerlukan 51 detik guna mengeluarkannya. Sedangkan responden dengan posisi duduk di closet duduk, responden tersebut memerlukan 130 detik untuk dapat mengeluarkannya. Tak hanya itu saja, respoonden yang melakukan percobaan buang air besar dengan posisi jongkok ia merasa lebih nyaman serta lebih mudah.

Penelitian lainya yaitu dilakukan oleh para peneliti berasal dari negara sakura, yaitu jepang. Peneliti tersebut melakukan penelitian terhadap cairan yang dikeluarkan dari anus atau dubur entah itu berada dalam posisi jongkok ataupun dalam posisi duduk. Dalam rekaman video sinar X terkuak bahwa sudut anorektal yang terbentuk mulai dari dalam anus naik dari 100 menjadi 126 derajat sewaktu seseorang melakukan buang air besar menggunakan closet duduk.

Peneliti tersebut menyimpulkan yakni keinginan mengejen akan berkurang ketika melakukan buang air besar pada closet jongkok , mengejen yang lama akan berisiko penyakit ambeien , penyakit hernia, wasir, sembelit dan radang usus buntu . Dengan demikian bahwa menggunakan closet jongkok sebagai sarana buang air besar relatif lebih bermanfaat dari segi kesehatan dikarenakan bisa memudahkan dalam proses pembuangan.

Akan tetapi untuk memutuskan closet duduk atau closet jongkok mana yang paling baik bagi Anda, keseluruhan tentu saja tergantung kepada selera, kebiasaan dan kenyamanan masing-masing. Jika Anda merasa nyaman memakai closet jongkok, maka pilihlah tipe closet jongkok dan harus berkualitas tinggi, begitupun sebaliknya jika merasa nyaman menggunakan closet duduk maka pilihlah closet duduk dengan kualitas tinggi. Serta jangan lupa pula untuk memperhatikan segi kesehatan dari masing-masing tipe closet yang Anda pilih guna mejaga kesehatan anda serta anggota keluarga lainnya. Semoga bermanfaat.

Ralali.com Jual Closet Jongkok dan Duduk. Pusat Peralatan kamar mandi terbaik untuk kamar mandi modern, kamar mandi minimalis anda, temukan beragam produk terbaik, terbaru hanya di Ralali. Terdapat berbagai merk terkenal seperti Toto, American Standard dan lainnya. Nikmati kemudahan belanja online kebutuhan peralatan kamar mandi minimalis anda hanya di Ralali.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.