Memulai Bisnis Bersama Ralali.com

Hard disk Internal vs Eksternal, Mana yang Terbaik ?

0
Harddisk Internal vs Eksternal, Mana yang Terbaik ?
Hard disk Internal vs Eksternal, Mana yang Terbaik ?

Hard disk merupakan salah satu komponen penting dalam komputer. Tentunya tanpa hard disk data tidak dapat disimpan. Di dalam dunia komputer terdapat dua jenis hard disk, pertama hard disk internal dan yang kedua yaitu harddisk eksternal.

Lantas apa perbedaan hard disk internal dengan hard disk eksternal ? Mana yang terbaik ? Apa saja kekurangan dan kelebihannya ?

Hard disk Internal vs Eksternal, Mana yang Terbaik ?

Hard disk internal adalah perangkat yang tertanam pada komputer untuk menyimpan serta mengambil data digital menggunakan cakram berputar dengan cepat. Perangkat ini akan menyimpan data secara permanen walaupun komputer dimatikan sekalipun. Pada hard disk internal terdapat komponen berupa cakram yang berputar dengan cepat, komponen ini berguna untuk menulis sekaligus membaca data. Kelebihan hard disk internal daripada hard disk eksternal ialah harganya lebih murah, tidak mudah rusak dan tahan terhadap virus. Untuk kekurangannya, hard disk internal ini tertanam pada komputer sehingga tidak bisa di bawa ke mana-mana serta kapasitasnya lebih kecil dibandingkan hard disk eksternal. Dari segi kecepatan transfer data, hard disk internal lebih cepat dibandingkan hard disk eksternal.

Sedangkan untuk hard disk eksternal, dari segi fungsinya sama seperti hard disk internal yaitu untuk menyimpan data. Perbedaanya, hard disk eksternal berbentuk portable sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Dapat digunakan kapan saja, kita hanya menghubungkan hard disk ini menggunakan kabel USB pada komputer atau laptop serta kapasitasnya lebih besar daripada hard disk internal. Sementara itu untuk kelemahan hard disk eksternal ini ialah harganya relatif lebih mahal, mudah terserang virus, mudah rusak serta cepat panas.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.