Jenis Kompor Berdasarkan Penempatan

0
Jenis Kompor Berdasarkan Penempatan
Jenis Kompor Berdasarkan Penempatan

Kompor adalah peralatan rumah tangga yang paling di andalkan dalam urusan dapur. Baik itu kompor minyak, kompor listrik, serta kompor gas fungsinya. Dari segi penempatan, terdapat 3 jenis kompor yang bisa Anda pilih. Setiap pilihannya memiliki ukuran, berat serta harga yang berbeda-beda.

Baca: Kenali Jenis Kompor yang Tepat Untuk Dapur Anda

Jenis Kompor Berdasarkan Penempatan

Kompor Portable

Kompor ini mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Kompor ini bisa dipasang serta dibongkar dengan mudah. Pemasangannya cukup diletakkan di atas meja. Kompor portable memudahkan pengguna untuk membersihkannya secara rutin. Biasanya kompor portable ini bertungku dua buah yang terbuat dari bahan stainless steel atau enamel.

Kompor Tanam (Built in Cooker atau hob)

Kompor tanam (Built in Cooker atau Hob) pemasangannya dilakukan dengan cara di tanam pada permukaan table top. Kompor ini terpasang secara permanen sehingga penampilan dapur menjadi lebih rapi.

Kompor tanam ini tersedia di pasaran dengan jumlah tungku sebanyak 2 hingga 4 buah. Masing-masing tungku memiliki kapasitas api yang berbeda, sehingga memungkinkan kita memasak secara bersamaan dengan tingkat panas yang berbeda. Panjang kompor ini sekitar 60cm hingga 90cm.

Kompor Berdiri (Freestanding Cooker)

Kompor ini menjalankan fungsi untuk membakar, memasak, memanggang, menghangatkan serta mematangkan. kompor ini berbentuk seperti lemari dengan penutup pada bagian permukaannya yang bisa dibuka secara vertikal.

Ada tiga bagian utama pada kompor ini yaitu bagian atas dengan jumlah 4 hingga 5 buah tungku yang berbeda ukuran. Setelah itu pada bagian bawah terdapat 2 bidang kolom, satu berguna sebagai oven dan satu lagi untuk tempat penyimpanan gas.
Bagian kompor dilengkapi dengan empat sampai lima tungku dengan besaran api yang berbeda. Sedangkan oven dilengkapi dengan pemanasan tidak hanya dari bawah, tetapi juga atas.

Di pasaran, kompor ini juga menawarkan berbagai kelebihan, misalnya dari material penutup serta kaki kompor yang bisa diatur ketinggiannya. Ukurannya pun bervariasi, panjangnya dari 50cm hingga 90cm. Sedangkan ketinggian rata-rata ialah 85cm.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.