Industri Galangan Kapal Mulai Diperhatikan, Investor Bahagia!

0

industri-galangan-kapal-dapat-perhatian-pemerintah-investor-bahagia

Industri Galangan Kapal Mulai Diperhatikan, Investor Bahagia! Iperindo atau Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia merasa senang akan perhatian yang diberikan oleh pemerintah kepada industri galangan kapal nasional. Menurut Iperindo, Bahkan perhatian pemerintah tersebut membuat mood para investor jadi lebih baik.

Menurut Bapak Eddy Kurniawan, Selaku Ketua Umum Iperindo “Dengan diberikannya perhatian pemerintah terhadap industri tersebut membuat mood investor lebih baik dan ingin menambah investasi.

Sebelum adanya perhatian khusus dari pemerintah, kata Pak Eddy para pengusaha galangan kapal merasa sangat kurang diperhatikan. kini, menurut beliau, dengan dibebaskannya PPn serta bea masuk, sehingga nantinya kapal buatan Indonesia bisa bersaing dengan kapal buatan asing.

Sementara industri galangan kapal di Indonesia jika dibandingkan dengan di luar negeri, Belliau menilai Indonesia masih tertinggal cukup jauh. Karena di luar negeri industri galangan kapal banyak diguyur insentif sehingga membuat hasil produksinya sangat kompetitif.

“BIla dibandingkan pada industri galangan kapal di Malaysia, Vietnam serta Tiongkok mari kita lihat bunga di perbankannya. Sekarang ini bunganya sekitar 13 persen di Indonesia, sedangkan di Tiongkok dan Malaysia sekitar 6 sampai dengan 8 persen” ujar beliau.

“Jadi, Tiongkok tahun lalu mengirim kapal sebanyak 45 juta deadweight tons. No. 5 di asia ialah Filipina yang mengirim 4,6 juta deadwight tons. Ke8 ada Vietnam 1,6 juta deadweight tons. Sedangkan indonesia hanya menyelesaikan kapal sekitar 200.000 – 300.000 deadweight tons,” ujar beliau.

 

 

 

Sumber kutipan: bisniskeuangan.kompas.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.