Jenis-jenis Alat Laboratorium

0
jual alat laboratorium
Image: www.automationworld.com

Jenis-jenis Alat Laboratorium -Jika membahas mengenai alat alat laboratorium tentu terdapat begitu banyak sekali macam-macamnya. Bahkan jika dijelaskan secara satu persatu malah bisa menjadi satu buku. Akan tetapi berikut ini merupakan rangkuman mengenai beberapa contoh alat laboratorium dan fungsinya.

Baca: Perlengkapan Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia

Contents

Jenis-jenis Alat Laboratorium

Buret.

Alat laboratorium kimia ini merupakan alat seperti gelas yang terbuat dari bahan kaca serta plastik, ada yang berwarna bening dan ada pula yang berwarna gelap ataupun biasa disebut dengan amber. Buret ini biasanya dipakai untuk tirasi. Ketika melakukan tirasi, maka posisi tertinggi buret jangan melebihi kepala. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya tumpahan yang akan mengenai muka.

Beaker.

Beaker merupakan alat yang digunakan untuk menampung cairan kimia. Bukan digunakan untuk mengukur, sehingga tidak mengherankan jika skala yang ada di dalam beaker sangatlah lebar. Ukuran beaker bermacam-macam dari 25 ml sampai 3 liter, ada yang terbuat dari bahan plastik ada pula yang terbuat dari bahan kaca.

Erlenmeyer.

Erlenmeyer dipergunakan sebagai media membuat larutan, sama halnya seperti seperti beaker, erlenmeyer pun bukan alat pengukur sehingga skala terdapat di dalam Erlenmeyer pun sangat lebar. Alat ini digunakan ketika titrasi menggunakan buret.

Funnel .

Funnel atau disebut sebagai corong. Fungsi alat ini sama seperti corong pada umumnya, alat ini dipakai sebagai alat bantu untuk memindahkan larutan dari satu tempat menuju tempat yang lainnya untuk menghindari terjadinya tumpahan.

Labu Ukur.

Untuk mengukur volume larutan, Anda bisa menggunakan labu ukur. Tersedia dalam bermacam ukuran dari 5 ml hingga 5 liter degan warna bening maupun amber atau gelap. Karena labu ukur merupakan alat ukur dan bukan sebagai alat tampung, maka labu ukur pun tersedia dalam kelas A maupun kelas B.

Gelas Ukur.

Gelas ukur hampir serupa seperti labu ukur. Perbedaannya ialah labu ukur sendiri mempunyai fungsi untuk mengencerkan larutan hingga tanda batas yang ada di dalam leher labu tersebut, sedangkan gelas ukur bisa berbagai macam skala ukuran, sehingga proses pengukurannya lebih feksible di volume yang dikehendaki.

Pipet Volume.

Umumnya pipet volume selalu berpasangan dengan filter atau karet penghisap, digunakan untuk mengambil bahan kimia. Namun semakin berkembangnya zaman, penggunaannya sudah tergantikan dengan model otomatis.

Untuk melihat berbagai alat laboratorium yang digunakan lainnya, dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual alat laboratorium dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.