Apa Itu Hygrometer ?

0
jual-hygrometer
Image:

Apa Itu Hygrometer ? – Higrometer (hygrometer) merupakan alat untuk menentukan kelembaban atmosfer yang bisa menunjukkan kelembaban relatif, yang disebut relatif ini ialah persentase kelembaban yang ada di udara, kelembaban mutlak (jumlah kelembaban) maupun keduanya. Sejumlah higrometer standar hanya bisa menginformasikan dua kondisi semisal pada kondisi udara kering ataupun basah. Sedangkan untuk jenis higrometer yang lainnya adalah bagian dari perangkat yang disebut sebagai humidistats.

Umumnya higrometer dipakai untuk meramal cuaca, memantau kelembaban laboratorium, lokasi penyimpanan serta pembuatan tanaman di mana lokasi tersebut tingkat kelembabannya mesti dijaga. Namun alat ini pun kerap digunakan di dalam Box penyimpanan barang yang membutuhkan tahap kelembaban yang terjaga semisal dry box untuk menyimpan kamera. Kelembaban yang rendah akan mencegah bertumbuhnya jamur yang akan menjadi musuh untuk peralatan tersebut.

Terdapat 2 skala pada alat ini, yang satu menunjukkan kelembaban dan satunya menunjukkan temperatur. Untuk cara menggunakannya yaitu dengan cara meletakkannya di area yang akan diukur kelembabannya, setelah itu tunggu serta baca skalanya. Biasanya skala kelembaban ditandai dengan huruf H.

Ada pula bentuk yang lama dari hygrometer ialah berbentuk bundar atau seperti termometer yang di pasang di dinding. Untuk cara membacanya tetap sama, yaitu dilihat pada air raksa pada termometer yang satu untuk mengukur kelembaban serta satunya untuk mengukur suhu. Ketika melakukan pengukuran menggunakan hygrometer dan selama pembacaan mesti diberi aliran udara yang berhembus ke arah alat tersebut, untuk memberi aliran udara bisa dilakukan dengan cara mengipaskan alat tersebut menggunakan kertas ataupun kipas.

Prinsip kerja hygrometer yaitu menggunakan dua termometer. Termometer yang pertama dipakai untuk mengukur suhu udara yang biasa, dan termometer kedua digunakan untuk mengukur suhu udara jenuh atau lembab. Untuk termometer bola kering, air raksa akan dibiarkan kering begitu saja sehingga akan mengukur suhu udara yang sebenarnya. Sedangkan untuk termometer bola basah, maka akan membuat tabung air raksa dibasahi supaya  suhu yang terukur ialah suhu saturasi atau titik jenuh ialah suhu yang diperlukan supaya uap air bisa berkondensasi.

Untuk melihat berbagai hygrometer dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual hygrometer dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.