Beragam Cara Menggunakan Jangka Sorong

0
cara menggunakan jangka sorong jual jangka sorong
Image: http://checkprice.net/

Beragam Cara Menggunakan Jangka Sorong – Jangka sorong adalah alat ukur yang tergolong ke dalam besaran pokok panjang. Jangka sorong sendiri berbentuk seperti kunci Inggris, pada bagian rahang jangka sorong bisa digeser seperti kunci Inggris. Untuk ketelitiannya bisa hingga 0,1 mm. Bagi yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan jangka sorong, berikut ulasannya.

Baca: Macam – Macam Alat Ukur dan Fungsinya

Cara Menggunakan Jangka Sorong.

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan ialah mengendurkan terlebih dahulu baut yang berperan sebagai pengunci setelah itu geserlah bagian rahang gesernya. Mesti diketahui, ketika bagian rahang dalam keadaan tertutup, maka harus menunjukkan angka nol, hal ini bertujuan supaya keakuratan dari jangka sorong tetap terajaga.

Setelah itu, bersihkanlah bagian permukaan benda dan bersihkan pula bagian permukaan rahang, supaya tidak terdapat benda yang menempel yang bisa mengakibatkan kesalahan dalam melakukan pengukuran.

Apabila kedua langkah di atas sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya tutuplah rahang hingga rahang tersebut mengapit benda yang hendak diukur. Pastikan posisi benda yang diukur dengan benar.

Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk mengukur diameter.

Untuk cara mengukur diameter sama seperi pengukuran sebelumnya, yang membedakannya ialah penggunaan rahangnya saja, untuk cara sebelumnya menggunakan rahang bawah sedangkan untuk mengukur diameter menggunakan rahang atas.

Cara menggunakannya sangat mudah, pertama rapatkanlah rahang atas jangka sorong setelah itu letakkan benda yang diameternya hendak diukur. Tarik rahang geser hingga kedua bagan rahangnya menyentuh dan menekan bagian dalam benda yang diukur. Pastikan pula pada bagian dalam benda berada tegak lurus dengan bagian skala dalam jangka sorong, dalam artisan benda yang diukur posisinya tidak miring.

Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk Mengukur Kedalaman.

Untuk mengukur kedalaman sama seperti mengukur panjang serta mengukur diameter. Untuk caranya, cukup dengan menempatkan benda yang kedalamannya akan diukur ke jangka sorong. Setelah itu tariklah bagian rahang geser dari jangka sorong hingga menempel ke permukaan dalam atau bagian dasar lubang. Usahakan keadaan benda yang diukur kedalamannya dalam keadaan tak bergeser.

Untuk melihat berbagai jangka sorong dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual jangka sorong dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar